Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, June 3, 2018

5 Pelajaran Hidup dari Merry Riana Train the Trainer



Motivator Muda Indonesia | Merry Riana | SAYA SALAH BESAR! Saya kira ini hanya sebatas pelatihan Public Speaking saja. Ternyata, saya juga mendapatkan 5 Pelajaran Hidup dari Merry Riana Trainer the Trainer!

Hallo, sobat pembaca aditriasmara.com! Wah, setelah sekian lama absen dari blog, akhirnya saya kembali lagi! 

Maaf ya nggak banyak update konten di blog selama dua bulan terakhir ini karena jadwal saya sedang cukup padat. Jadwal ngisi seminar, bikin workshop bareng Generasi Berdaya, dan syuting sinetron. Mmm yang terakhir boong banget sih! Hehehe.. 

Anyway, bulan lalu, tepatnya tanggal 20, 21, 22, 28, dan 29 April 2018, saya mengikuti sebuah workshop yang amazing, awesome, keren, asyik, seru, dan pastinya GOKS dari Merry Riana Indonesia. Yup, apalagi kalau bukan Workshop Merry Riana TRAIN THE TRAINER

Yup, sesuai dengan namanya, workshop ini bertujuan untuk membuat pesertanya menjadi seorang pembicara dengan skill yang lengkap! Menariknya, sebagai peserta, kami nggak cuma dapat pengetahuan, skill public speaking, kesempatan praktik dan mendapat feedback, kami juga mendapatkan LIFE VALUES yang banyak banget dari Miss Merry Riana dan tim!  

Nah, di artikel ini, saya nggak akan banyak memberi review tentang acaranya. Well, I'll do it in another blog post or in my YouTube channel. Tapi... Di artikel ini saya akan berbagi tentang 5 Pelajaran Hidup dari Merry Riana Train the Trainer! Langsung aja yuk kita bahas satu per satu! 


1. Trust the Process

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar nama "Merry Riana"? Seseorang yang sukses? Pasti! Seorang pembicara hebat? Bener banget! Mmm.. Inspirator wanita nomor 1 di Asia? Exactly! 

Semua jawaban di atas itu benar adanya. Tapi, dalam workshop ini, Miss Merry menceritakan PROSES PERJALANAN HIDUPNYA hingga sampai ke titik kehidupannya sekarang. Saya yakin kita sama-sama tahu perjalanan hidupnya untuk meraih 1 Juta Dollar melalui film Merry Riana, betul? 




Nah, jika kamu sadar bahwa itu adalah perjalanan yang panjang, maka perjalanan Miss Merry untuk menjadi inspirator wanita nomor 1 di Asia pun tak kalah panjangnya. Mulai berbicara di depan forum kecil, Miss Merry secara tekun dan konsisten terus berusaha dan berbagi di forum-forum, komunitas-komunitas lainnya. Dari level sekolah, kampus, perusahaan, hingga ke level nasional, bahkan Asia. 

Kalau kamu mau tahu lebih lanjut, kamu bisa hadir ke seminar akbar Miss Merry Riana: Inspire Indonesia Conference pada tanggal 11 Agustus 2018 nanti. 

Anyway, dari ceritanya itu, Miss Merry mengajak peserta untuk selalu TRUST THE PROCESS. Dalam hidup, tidak ada kesuksesan yang diraih secara instan. Semua membutuhkan perjalanan, semua membutuhkan proses yang suka nggak suka, mau nggak mau, HARUS dilalui. 

So, apapun yang sedang kamu impikan dan perjuangkan saat ini, teruslah berusaha dan teruslah berproses karena pasti proses ini akan membuat kamu BERTUMBUH dan akhirnya mencapai hasil yang TERBAIK!


2. Expand Your Comfort Zone

Dalam Merry Riana Train the Trainer, banyak banget bentuk latihan yang "sangat nggak biasa." Yes, I'm being very serious about that! 




Sesi ROCKSTAR, dimana peserta harus tampil sebagai seorang Rockstar di atas panggung selama 3-5 menit, adalah salah satu contoh bentuk latihan yang nggak biasa itu. 

Meski pada dasarnya kami tahu bahwa bentuk latihan itu dipilih dengan tujuan yang baik, dan saya akui bahwa efek latihan itu sangat baik pula, tapi terus terang ada beberapa momen ketidaknyamanan bagi sebagian dari kami saat sebelum tampil. Kebanyakan alasannya adalah karena "nggak biasa" atau bahkan NGGAK PERNAH melakukan itu sebelumnya! 

Saya yakin kita sepakat bahwa kadang, dalam hidup, kita terperangkap di zona nyaman dimana kita hanya mau melakukan hal-hal yang sudah biasa atau lazim kita lakukan. Bertindak sesuai dengan koridor logis yang sifatnya "aman" bagi kita. Betul atau betul?

Padahal, kadang saat kita berani sedikit saja keluar dari zona nyaman kita dan melakukan sesuatu di luar standard "biasa" kita, maka kita akan mendapatkan kesempatan untuk BERTUMBUH. Pertumbuhan itulah yang akhirnya bisa meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri kita. 

Nah, buat kamu yang sedang membaca artikel ini, yuk jangan ragu untuk mencoba hal-hal yang baru dan PERLUAS ZONA NYAMANMU!


3. Celebrate All Success

One of my favorites! Merry Riana Train the Trainer adalah sebuah workshop yang menggabungkan konsep pendidikan (pengetahuan dan praktik) sekaligus konsep kompetisi di dalamnya. Banyak bentuk kompetisi yang dipertandingkan, baik secara group atau individu, dimana saya termasuk menjadi salah satu peserta yang terpilih untuk ikut dalam kompetisi individu. 

Alhamdulillah, rezeki anak sholeh ^^

Inilah momen dimana saya naik ke atas panggung FINAL BATTLE, membawakan materi saya, dan akhirnyaaa... Mmm, liat hasil akhirnya di akhir video ini aja ya: 



Oiya, saya - bersama dengan group saya (Musketeers 3) juga tampil sebagai BEST GROUP di hari akhir workshop. Goks moment banget nih sob! <3





Anyway, dengan adanya berbagai bentuk kompetisi ini, Miss Merry mengajak peserta untuk MERAYAKAN SETIAP KEMENANGAN yang kita dapatkan. Kenapa penting? Sederhananya adalah untuk memberi diri kita REWARD atas usaha yang sudah kita lakukan dan juga menambah rasa PEDE di dalam diri kita.  

Dalam hidup, tentu kita mengerjakan satu dan lain hal yang kaitannya dengan proses perjuangan dalam mencapai impian. Nah, di dalam proses itu, pasti ada kesuksesan-kesuksesan (mulai dari yang skalanya kecil hingga yang besar) yang kita dapatkan, betul? 

Banyak dari kita yang kadang tidak menghargai kesuksesan itu, terutama yang skalanya kecil. Banyak dari kita menganggap bahwa itu adalah yang biasa saja. Dan jika kita melakukannya, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk memberi REWARD dan mendambah PEDE untuk diri kita. So, mulai sekarang yuk CELEBRATE EVERY SUCCESS yang kita miliki! 


4. Flexibility Creates Success

"Life is movement. The more life there is, the more FLEXIBILITY there is. The more fluid you are, the more you are alive." (Arnaud Desjardins)

Dalam workshop Merry Riana Train the Trainer, saya dan peserta lain belajar bagaimana menjadi seorang trainer yang FLEKSIBEL, yang mampu menyesuaikan diri dengan suasana dan kondisi training. Fleksibilitas ini sangatlah penting karena sederhananya, setiap kelompok audiens memiliki karakteristiknya masing-masing. 




Tentu materi yang kita bawakan dan gaya bicara yang kita gunakan harus disesuaikan dengan audiens yang kita hadapi. Menariknya, urusan FLEKSIBILITAS ini nggak hanya aplikatif untuk urusan training, loh! Ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan nyata!

Banyak dari kita yang kadang hidupnya penuh dengan tekanan karena kita tidak bersiap untuk menjadi seseorang yang fleksibel a.k.a nggak mau berubah. Kita selalu menggunakan cara-cara lama, metode-metode lama untuk misalnya mencapai target yang kita buat. 

Apakah hal itu salah? Pastinya sih nggak sepenuhnya yaa. Tapi sadarlah bahwa dunia terus berubah sehingga mau nggak mau, kita pun harus menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Semakin fleksibel kita dalam menghadapi perubahan, maka semakin asyik juga hidup kita!



5. Be Your-Best Self

Inilah life value terakhir dalam 5 Pelajaran Hidup dari Merry Riana Train the Trainer

Life Value yang satu ini sangat erat kaitannya dengan poin nomor 2, yaitu Expand Your Comfort Zone, dan poin nomor 4 yang baru saja kita bahas: Flexibility Creates Success. BE YOUR-BEST SELF


Tentu kita sama-sama sering mendengar istilah "Be Yourself!", betul apa betul? Apakah hal ini benar? 

Mmm.. Menurut saya pribadi, hal ini benar hanya pada beberapa porsi tertentu saja. Misalnya, dalam berkarya; baik itu saat menjadi penulis, pembicara, content creator, atau apapun itu, ya kita nggak perlu mengikuti gaya orang lain. Just be yourself. Bangga lah dengan identitas dan karakteristik diri yang kita miliki. 

Namun dalam porsi situasi tertentu, konsep "Be Yourself!" agaknya nggak bisa kita jadikan pegangan utama dalam menjalani hidup. 

Misal, kita memiliki kekurangan, yaitu masih suka takut saat harus tampil dan bicara di depan banyak orang, lalu saat penampilan kita nggak maksimal, kita berdalih: "Ya, aku mah emang gini orangnya...", "Duh, aku tuh emang gitu orangnya. Selalu takut kalo harus ngomong di depan banyak orang..", dan lain-lain. 

Konsep "Be Yourself!" ini pun kemudian dijadikan dalih, tameng, atau alasan karena performa kita yang buruk. 

Maka dari itu, Miss Merry Riana membagikan satu value yang sangat menarik, yaitu BE YOUR-BEST SELF! Miss Merry menjelaskan bahwa kita harus terus mencoba mengeluarkan semua potensi diri kita untuk akhirnya menemukan versi terbaik dari diri kita. Beberapa cara yang bisa kita coba ya dengan Expand Your Comfort Zone dan Menjadi Fleksibel.

Dengan mencoba hal-hal baru untuk memperluas zona nyaman kita dan berusaha untuk menjadi orang yang fleksibel, maka akhirnya kelak kamu akan menemukan versi terbaikmu dan benar-benar menjadi BE YOUR-BEST SELF!  

By the way...

Kalau kamu termasuk orang yang masih suka takut kalau harus bicara di depan banyak orang, simak yuk video 3 Penyebab Ketakutan Public Speaking di bawah ini: 



Itulah 5 Pelajaran Hidup dari Merry Riana Train the Trainer yang bisa saya bagikan di artikel ini. Follow Instagram saya @aditriasmara untuk ngobrol lebih jauh seputar dunia Pengembangan Diri & Public Speaking ya. Oiya! Silahkan SHARE jika artikel ini bermanfaat biar lebih banyak lagi orang yang mendapatkan manfaatnya ^^


3 comments:

  1. Mantap kak Dimas. Thanks udah sharing.
    Public Speaking emg bener bener butuh proses. Dari gugup, sampe pede banget. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikelnya. Sukses selalu bro Dika! ^^

      Delete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com