Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, March 14, 2018

"Yuk Pilih Pandji di 2019!" Ternyata Ini yang Dimaksud GR8 MARKETING di Buku Indipreneur!



Rabu, 13 Maret 2018 | PILIH PANDJI DI 2019! | Pandji Pragiwaksono akhirnya beri kepastian kemana dan bersama siapa ia akan maju di 2019! 

"Sudah kuduga...!", "Oh, ternyata ini ya!", "Niat banget, asli!", "The best marketing strategy", "Keren bang cara lu!" adalah beberapa respon warganet a.k.a netizen di platform media sosial twitter dan Instagram milik Mr. World Tour, Pandji Pragiwaksono.

Apa yang mereka tanggapi? 

Tentu saja tentang pengumuman di website pilihpandji.com tentang Stand Up Comedy World-Tour Pandji yang bertajuk #PRAGIWAKSONO. Kenapa pengumuman ini memicu reaksi beragam? Reaksi yang (mungkin saja) membuat begitu banyak orang, termasuk saya, kesal-kesal gemas pada Pandji.

Jawabannya adalah karena selama beberapa waktu belakangan,Pandji memunculkan sebuah trigger yang GOKS! Memunculkan #trigger yang membuat banyak orang memiliki #asumsi nya masing-masing. Mulai dari penikmat karyanya (termasuk saya), orang-orang yang berselisih paham darinya, media nasional, hingga parpol dan juga politisinya.

Sederhananya, mungkin kamu sudah tahu, selama beberapa minggu terakhir ini Pandji gencar nge-post, nge-tweet, dan upload video ke YouTube yang seolah menunjukkan bahwa dia bakal terjun ke dunia politik dan menjadi bagian dari Pemilu 2019. 

Ada poster, ada jargon atau slogan #SalamPersatuan, ada handsign, ada baliho, ada website dengan sistem countdown, ada foto-fotonya saat bertemu beberapa tokoh partai, bahkan ada ajakan untuk bergabung menjadi RELAWAN PILIH PANDJI 2019! 




Memang Pandji nggak pernah bilang kalau doi bakal nyaleg. Tapi, apa yang dia unggah, apa yang dia katakan, apa yang dia lakukan (seperti 'menyapa warga' di CFD), secara nggak langsung menggiring opini publik bahwa Mr. World Tour akan segera maju ke ranah politik tanah air. 

Sebagai penikmat karyanya, jujur saya meyayangkan langkah itu. Kenapa? Karena saya akan saaaaangat merindukan karya-karyanya di dunia hiburan (StandUp Comedy) dan di dunia pendidikan (buku-bukunya). Walaupun pada akhirnya saya mencoba mengerti pilihannya dan mendukungnya karena saya yakin bahwa orang-orang yang cerdas dan baik perlu maju ke panggung politik. 




Anyway...

Hari yang ditunggu pun akhirnya tiba! Sesuai dengan countdown yang ada di website pilihpandji.com, pengumuman kemana dan bersama siapa Pandji "merapat" di 2019 akan diumumkan pada pukul 06.00 WIB. 

Dan pada hari ini, di jam 6 pagi, website pilihpandji.com sempat down karena (menurut saya pribadi) ada banyak orang yang sudah menunggu-nunggu, yang kepo, dan yang coba masuk ke websitenya dan mencari tahu "pilihan" Ayah Shira dan Dipo ini. 

Nggak kehabisan akal, saya langsung main ke twitter dan mencoba mencari tweet-tweet terbaru yang berkaitan dengan Pandji. Dan apa yang saya temukan? Tadaaaaa! 



"KENA DEH!" Mungkin ini yang diucapkan Pandji pagi tadi saat melihat tab mention di twitternya. 

Yes, lewat pilihpandji.com, doi mengumumkan bahwa ia memilih untuk kembali melakukan World-Tour untuk StandUp Comedy-nya! Jagat netizen pun ramai seketika, saudara-saudara! BOOM! Pandji sukses "ngerjain" banyak orang. 

Bagi saya, meskipun saya merasa sedikit kesal karena jadi "korban" #KenaDeh nya Pandji, tapi saya merasa bahagia! Akhirnya saya bisa kembali menyaksikan pertunjukan komedia kelas dunia ala Mr. World Tour karena sebelumnya saya juga menjadi satu dari 3500 orang yang menyaksikan #JuruBicara Stand Up Comedy World Tour di Jakarta

Nggak cuma sukses "ngerjain" orang, tapi menurut saya, Pandji sukses membuat konsep MARKETING GENDENG untuk tur nya itu! 

"Hanya" bermodalkan media sosial, ia sukses membuat begitu banyak orang AWARE bahwa ia akan kembali melaksanakan World-Tour. What an out-of-the-box, brilliant, and courageous strategy! It's amazing!

Sadar kalau ini adalah strategi marketing yang luar biasa, saya coba kembali membuka buku #Indipreneur yang ditulis Pandji dan secara khusus membuka Chapter GR8 STRATEGY. Saya kutip satu bagian di halaman 122 yang menjadi kunci penting: 

"Itulah mengapa semboyan promosi produk itu sepertinya sama: SEBANYAK-BANYAKNYA, SECEPAT-CEPATNYA."

Saya coba (sok-sokan) menganalisa. 

Pandji sengaja membuat konten-konten yang memancing asumsi banyak orang, yang bagi sebagian orang rancu, yang membuat Pandji "hangat" dalam perbincangan. Semakin hangat, semakin banyak orang yang mencari tahu. 

Website pilihpandji.com juga sepertinya dengan sengaja dedesain dengan sebuah countdown agar ia bisa mengumpulkan masa yang banyak tadi pada satu waktu yang sama. 

Dengan dua hal ini, ia memberikan CONTOH SUPER REAL dari apa yang ia tulis di buku #Indiepreneur-nya. Ia "mengumpulkan" sebanyak-banyaknya orang dan menyebar informasi world-tour nya dengan secepat-cepatnya dalam satu waktu yang sama. GOKS! 




Masih di buku dan chapter yang sama, #Indiepreneur - GR8 MARKETING (tepatnya di halaman 127), Pandji juga menekankan kalau untuk menarik perhatian, memancing antusiasme dan menimbulkan hasrat untuk membeli karya kita, kita harus memanfaatkan JEJARING SOSIAL untuk berpromosi. 

Ada dua alasan yang mendasari hal itu: Pertama, karena jejaring sosial adalah media gratis yang bisa digunakan untuk menerbitkan apapun demi kepentingan kita dan kedua, karena kita bisa membangun keintiman dengan penikmat karya kita. 

Again, lewat promo #PRAGIWAKSONO StandUp Comedy World-Tour ini, Pandji memberikan CONTOH SUPER REAL dari apa yang ia tulis. 

Wah, kalau mau diulas lebih jauh lagi sih kayaknya semua yang doi lakukan untuk promo ini memang jadi contoh yang sangat nyata tentang semua hal yang ia tulis di #Indipreneur. Saran saya, beli aja deh bukunya! Bukan promosi, tapi rekomendasi. 

So, to sum everything up, saya berbahagia atas pilihan bang Pandji dan salut atas strategi marketing dahsyat yang dia jalanin! Nampaknya ini bisa dijadikan pembelajaran yang sangat berharga buat banyak orang terutama yang bergerak di dunia entrepreneurship. 

Tahun 2018 memang baru sampai di bulan Maret, tapi saya tahu bahwa ada satu tanggal di tahun 2019 yang akan saya tandai mulai dari sekarang: 26 JANUARI 2019 - #PRAGIWAKSONO World-Tour Jakarta.




0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com