Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, March 20, 2018

Yuk Cari Tahu 3 Manfaat Belajar Public Speaking yang Penting Untukmu!



Motivator Muda Indonesia | Workshop Public Speaking di Jakarta | "If you want to be a leader, you had better be able to communicate." (Paul A. Argenti)

Pernah nggak sih kamu kepikiran, "Kenapa ya sejak zaman sekolah hingga perguruan tinggi, kita dilatih dan diminta untuk berani bicara di depan publik dan melakukan presentasi?"

Lalu kamu mungkin bertanya-tanya, "Mmm.. Apa sih sebenarnya manfaat public speaking?", "Kenapa sih saya harus belajar public speaking?", atau "Apa iya saya perlu mempelajari public speaking?". Jika kamu memiliki pertanyaan-pertanyaan itu, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat!

Di artikel ini kamu akan tahu 3 Manfaat Belajar public Speaking yang paling utama!

Tapi sebelum membahas secara khusus tentang manfaat belajar public speaking, saya ingin memaparkan satu hal yang mendasar: Pada hakikatnya, semua orang harus bicara di depan publik. 

Kenapa saya bilang seperti itu?

Karena semua orang ingin menjadi orang yang sukses! Dan setiap orang yang sukses, pasti - mau nggak mau - HARUS, WAJIB, MUSTI bicara di depan publik. Coba perhatikan, orang-orang sukses seperti Steve Jobs, Nelson Mandela, Ir. Soekarno, Oprah Winfrey, Bill Gates, Cristiano Ronaldo, Chairul Tanjung pasti pernah bicara di depan banyak orang. 

Mereka adalah sosok panutan yang inspiratif bagi banyak orang. Alhasil, banyak orang yang mau belajar dari mereka. Banyak orang yang meminta mereka membagikan kisah hidupnya, membagikan pengalaman, sekaligus tips-tips meraih kesuksesan. Maka, sekali lagi, mau nggak mau mereka harus berbicara di depan umum. 

"Apakah harus sukses dulu baru bicara di depan publik?"

Tidak. Sebaliknya. Kamu harus belajar public speaking dari sekarang agar kamu bisa menjadi orang yang jauh lebih hebat, jauh lebih sukses. Penjelasan ini akan saya bahas di poin pertama tentang 3 Manfaat Belajar Public Speaking yang utama:


1. MENAIKKAN KUALITAS DIRI

Dalam buku LESSON FROM THE TOP, Thomas J. Neff dan James M. Citrin, menuliskan satu pembelajaran yang sangat menarik. Mereka mewawancarai 50 orang paling sukses di Amerika. Beberapa diantaranya adalah Bill Gates (Microsoft), Howard Schultz (Strabucks), Ralph Larsen (Johnson & Johnson), dan Jack Welch (General Electric).

Neff dan Citrin menanyakan rahasia kesuksesan ke-50 tokoh tersebut. Dari hasil wawancara, ditemukan satu benang merah yang sangat jelas. Secara umum, ke-50 orang paling sukses di Amerika itu sepakat kalau SOFT SKILLS, seperti misalnya inovasi, daya pikir kritis, semangat, manajemen diri, dll., adalah KUNCI KESUKSESAN mereka. Kemampuan komunikasi yang baik adalah satu diantaranya. 

Bahkan, dalam "10 Common Traits of the Best Business Leaders" yang dirangkum di buku "Lesson from the Top", GREAT COMMUNICATION SKILLS ada di urutan ke-3 sebagai faktor paling penting, setelah Passion dan Intelligence di urutan ke-1 dan ke-2. 

Jadi, kalau kamu ingin menjadi orang yang sukses, pelajarilah ilmu public speaking dari sekarang!


2.  MENGUBAH ORANG. 

Steve Jobs, Nelson Mandela, Barrack Obama, dan Bung Tomo. Apa kesamaan dari keempat orang yang baru saja saya sebutkan? Terkenal? Pasti. Berjasa? Iya. Tentu selain kedua hal itu, satu persamaan lainnya adalah mereka memiliki kemampuan Public Speaking di atas rata-rata, yang mampu mengubah, yang mampu menggugah, dan menggerakkan orang. 

Dengan kemampuan preentasinya yang baik, Steve Jobs membuat orang berbondong-bondong antri produk keluaran Apple terbaru. Nelson Mandela dan Barrack Obama adalah sosok pemimpin negara yang sangat berpengaruh. 

Bung Tomo, seperti yang kita tahu, menggelorakan semangat rakyat Surabaya pada tanggal 10 November 1945 dalam peperangan yang tercatat sebagai salah satu momen penting di Indonesia. 

Dengan kemampuan public speaking, kita bisa mengubah orang, membawa kebaikan ke banyak orang. 


3. MEMBANGUN JARINGAN PERTEMANAN

Saya yakin kamu sadar akan pentingnya NETWORK dalam proses menuju kesuksesan. Kita nggak akan bisa menuju puncak kesuksesan sendirian. Kita membutuhkan dukungan dan bantuan orang lain. 

Banyak orang hadir ke seminar, workshop, gathering, dan acara-acara publik lainnya untuk membangun network yang mereka miliki. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik membuat kita mampu membangun network dengan lebih efektif. Kita akan lebih mudah dikenal oleh orang lain. 

Kalau kemampuan public speaking-mu baik, akan banyak orang yang mengenalmu. Dan seperti pepatah lama tentang kesuksesan dan networking: "Bukan tentang siapa yang kamu kenal, tetapi siapa yang mengenalmu."

* * * 

Itulah 3 Manfaat Belajar Public Speaking utama yang penting untuk kamu ketahui. Kalau kamu mau belajar Public Speaking dengan lebih jauh lagi, belajarlah dari ahlinya dengan membaca artikel "Ingin Jadi Pembicara Publik yang Sukses? Simak 5 Nasihat Juara Dunia Toastmasters Ini!"

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com