Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, January 14, 2018

Menurut Merry Riana, Inilah Dua Hal yang Membuatmu Gagal Mencapai Resolusi!


Motivator Muda Indonesia | Nggak terasa bulan Januari 2018 sudah memasuki minggu ketiga. Gimana nih? Masih terasa 'kan semangat tahun barunya? Masih dong ya pastinya! 

Kalau ngomongin tahun baru, erat banget kaitannya sama kata RESOLUSI atau harapan dan keinginan baru yang mau dicapai. Iya apa iya? ^^

Nah, ketika tahun yang baru datang, biasanya kita juga punya semangat dan keyakinan baru untuk mencapai banyak hal. Ini seolah jadi tradisi. Bahkan, nggak cuma jadi tradisi orang Indonesia, loh. Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia pun memiliki tradisi yang sama dalam menuliskan RESOLUSI nya di tahun baru. 

Menuliskan RESOLUSI bagi saya pribadi adalah hal yang penting. Kenapa? Karena, resolusi bisa menjadi sebuah pengingat sekaligus penjaga komitmen saya dalam melakukan hal-hal baru yang baik. Mungkin kamu juga merasakan hal yang sama. Tapi, permasalahannya, kadang resolusi itu menguap begitu saja sehingga target-target yang sudah kita buat tidak tercapai. Duh, sayang bet, sob!

Di akhir tahun 2017 lalu, saya pernah mengadakan sebuah polling di Instagram saya @aditriasmara dengan pertanyaan sederhana: "Dari semua resolusi yang kamu buat di awal tahun, berapa persen kah yang saat ini tercapai?" dengan pilihan jawaban (A) Di atas 50% dan (B) Di bawah 50%. 

Tebak hasilnya!

Ternyata, lebih dari 70% orang yang mengikuti polling mengaku bahwa resolusi yang mereka capai KURANG DARI 50%! Kamu gimana? Apa kamu juga punya pencapaian yang sama? Kalau saya sih Alhadulillah 80% tercapai ^^

Anyway, Sabtu (13 Januari 2018) lalu, saya berkesempatan untuk belajar dengan Miss Merry Riana - Asia's No. 1 female motivational speaker dalam acara MASTER CLASS di Merry Riana Learning Center. 




Dalam event itu, Miss Merry berbagi tentang bagaimana merencanakan impian dan mencapainya dalam kurun waktu satu tahun. Pembahasan yang sungguh menarik! Saya akan membagikannya di tulisan saya berikutnya ya. Di tulisan ini saya akan membagikan hal lain yang juga disampaikan Miss Merry di event itu: Dua Hal yang Membuatmu Gagal Mencapai Resolusi

Hmm... Kira-kira apa ya? Ada yang bisa nebak? ^^

PERTAMA, penyebab gagalnya seseorang dalam mencapai resolusi adalah karena ia hanya IKUT-IKUTAN. Saat teman-temannya membuat resolusi dan mengunggahnya ke media sosial, ia pun nggak mau ketinggalan. Ia membuat resolusi yang menurut dia keren, lalu ia juga upload ke akun Instagramnya. Ia cuma mau dapat banyak LIKE dan COMMENT dari orang lain. 

Orang yang membuat resolusi karena sekedar ikut-ikutan jelas tidak memiliki komitmen yang kuat dalam mencapainya. Bisa jadi apa yang ia tuliskan adalah hal yang nggak penting bagi dirinya. Dan... 
"Saat suatu hal itu nggak penting bagi kita, maka kita akan terus mencari ALASAN. Sebaliknya, kalau sesuatu itu penting bagi kita, maka kita akan terus mencari JALAN." (Merry Riana)
So, cek lagi ya! Apakah resolusimu di awal tahun ini memang penting bagi dirimu atau hanya sekedar ikut-ikutan biar dibilang hits kece badai cetar membahana mempesona? :D

KEDUA, kenapa seseorang gagal dalam mencapai resolusinya, adalah karena ia TIDAK FOKUS. Ada terlalu banyak hal yang ingin ia capai dan ia ingin melakukannya dalam satu waktu. Misal, resolusinya adalah ingin turun berat badan, ingin mendapatkan income yang lebih besar, ingin travelling ke luar negeri, ingin menjadi menjadi selebgram, ingin rajin baca buku, ingin menghilangkan kebiasaan merokok, ingin ini, itu, ini, itu... Banyak bet! 

Memangnya nggak boleh? 

Well, sah-sah aja kok. Tapi... terlalu banyak hal yang ingin dicapai bisa membuat kita kehilangan fokus. Jika fokus kita hilang, maka tenaga, waktu, dan pikiran yang kita keluarkan menjadi tidak efektif. Dan saat semua itu menjadi tidak efektif, hasilnya tentu saja tidak optimal. Gagal deh resolusinya! :(
"You can have everything in life, but NOT at the same time. Just one moment at a time." (Merry Riana)
Coba deh cek lagi daftar resolusimu. Dari daftar itu, saran saya, tentukan satu sampai dua hal besar saja yang memang menjadi prioritasmu tahun ini. Then, FOCUS!

So, itulah Dua Hal yang Membuatmu Gagal Mencapai Resolusi menurut Merry Riana. Kamu boleh loh share pengalaman dan pendapat kamu juga di kolom KOMENTAR. Feel free!

Semoga dengan membaca tulisan ini, pikiran kamu bisa jadi lebih terbuka dan kamu makin semangat dalam menyusun strategi meraih mimpimu ya! Aamiin... Nah, setelah susun strategi, langsung deh TAKE ACTION! Karena mimpi tanpa aksi akan tetap menjadi mimpi ;) 

Oiya, buat kamu yang tahun ini mau jadi penulis atau pembicara publik yang profesional, ada kesempatan emas buat langsung take action nih!

Saya dan tim Generasi Berdaya Training Center, akan membuka Public Class dengan tema "How to Turn Your Communication Skills into Practice". Kelasnya FREE, tapi kuota kelas sangat terbatas. So, daftar langsung aja ke nomor yang ada di poster ya. Siapa cepat, dia dapat. I'll see you there! ^^



0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com