Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, January 4, 2018

Ikuti Trik Jitu Ini untuk Menemukan Bakatmu!


"Hard work beats talents when talents do not work hard." 

Motivator Muda Indonesia | 31 Desember 2017. Yup! Itulah hari Minggu, sekaligus hari terakhir di tahun 2017. Mungkin sebagian dari kamu memanfaatkan hari itu untuk berkumpul dengan keluarga, sahabat, atau saudara-saudaramu dan menyiapkan acara perayaan malam pergantian tahun. Pasti seru ya! Saya sendiri, Alhamdulillah, justru mendapatkan kesempatan untuk pergi ke luar kota, tepatnya ke Purwokerto. 

Saat itu saya mendapatkan amanah untuk mewakili tim Generasi Berdaya Training Center, sebuah lembaga pelatihan profesional yang saya inisiasi, untuk datang ke Panti Asuhan Dharmo Yuwono. Saya diminta berbagi ke adik-adik panti asuhan tentang dunia kewirausahaan. Jadilah saya mengisi kelas "Entrepreneurship for Youth."

Awalnya saya mengira bahwa peserta kelas hanyalah anak-anak Panti Asuhan Dharmo Yuwono saja. Tapi ternyata, pimpinan panti mengundang anak-anak dari panti asuhan lain yang berada di karisidenan Banyumas. Akhirnya, berkumpullah sekitar 60an anak dengan semangat belajar yang tinggi di panti tersebut. 

Kelas pun berjalan lancar dan sangat menyenangkan ^^



Setelah kelas usai dan ditutup dengan sesi foto bersama, ada sekitar 11 anak yang mendatangi saya. Ke-11 anak ini adalah anak-anak dari salah satu panti asuhan di Ajibarang. Ada beberapa hal yang mereka tanyakan. Satu diantara beberapa pertanyaan mereka yang menarik adalah: 

"Mas, gimana ya caranya nemuin bakat? Rasanya kok saya nggak punya bakat yang besar..."

Mmm.. Pertanyaan yang menarik buat untuk dijawab! Kenapa? Karena saya yakin, nggak cuma satu atau dua orang di hidup ini yang punya pertanyaan seperti ini. Bisa jadi kamu pun saat ini memiliki pertanyaan yang sama. Nah, saya akan share jawaban saya atas pertanyaan itu di artikel ini. 




Kurang lebih, inilah jawaban saya. 

Pertama, sadarilah bahwa setiap orang lahir dengan bakat dan potensinya masing-masing. Setiap orang. Saya dan kamu. Titik. Kamu boleh aja mikir kalau kamu nggak punya bakat atau talent apa-apa. Tapi sesungguhnya, kamu hanya BELUM MENEMUKANNYA. 

"Nah, kalau saya belum bisa nemuin talent saya. Gimana dong cara nemuinnya?"

Ada banyak banget hal yang bisa kamu coba. Tapi saya hanya akan share 3 diantaranya. Kalau kamu mau nyoba 3 cara ini dengan maksimal, InshaaAllah bakal ketemu deh talent-mu :)

Pertama: CARI TAHU KEGIATAN APA YANG KAMU SUKA. Apa nih kira-kira? Olahraga, menulis, fotografi, desain, atau apa? Ada beragam alasan kenapa kita menyukai satu aktivitas tertentu. Salah satu alasannya adalah karena kita BISA melakukan hal itu. 

Kalau kamu suka berenang, ya bisa jadi kesukaanmu itu berangkat dari kemampuanmu untuk berenang. Kamu suka masak, bisa jadi kamu memang mampu untuk membuat masakan yang yummy bin enak bin lezat. Meski SUKA dan BISA memang dua hal yang berbeda, tapi keduanya bisa saling mempengaruhi. 

Kalau kamu bisa melakukan sesuatu, bisa jadi disitulah letak bakat atau talent-mu. So, apa nih kegiatan yang kamu SUKA? ^^

Kedua: TANYA ORANG-ORANG DISEKITARMU. Permasalahan yang kadang muncul adalah bukannya kita tidak punya talent, melainkan kita TIDAK SADAR akan talent yang kita miliki. Kita menganggap apa yang kita lakukan atau kerjakan bukanlah sebuah hal yang istimewa. Padahal, bisa jadi itulah talent kita!

Bagaimana agar muncul kesadaran akan talenta yang kita punya? Kita bisa tanya orang lain. Tanya pada keluarga, sahabat, rekan kerja, atau orang-orang yang memang dekat dengan kalian. Biasanya, mereka bisa dengan mudah melihat kelebihan yang ada dalam diri kita. Misal, sahabatmu selalu memberikan pujian pada setiap cerita pendek yang kamu buat. Nah, bisa jadi bakatmu adalah menulis!

Ingat, tanyakan pada orang-orang yang tepat ya! Tanyakan pada mereka yang benar-benar mengenalmu dengan baik. Mulai cari orang-orang itu, yuk!

Ketiga: BERANILAH UNTUK MENJADI BEDA. Sangat mudah melihat seseorang yang berbakat di bidang musik, olahraga, kuliner, teknologi, atau bidang-bidang umum lainnya. Bisa jadi kita merasa tidak mempunyai bakat karena kita menjadikan bidang-bidang tersebut sebagai referensi utama. Padahal, bakat kita ada di luar bidang-bidang yang umum itu. 

Misalnya, mungkin kamu tidak berbakat di bidang olahraga atau musik, tapi kamu adalah orang yang bisa dengan mudah membuat orang lain tertawa. Setiap hal yang kamu utarakan bisa menjadi lelucon segar yang memecah suasana dan mendatangkan kebahagiaan. Nah, siapa tau memang bakatmu adalah di bidang entertainment atau komedi?

Jadilah peka terhadap hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan baik meskipun hal itu terkesan berbeda dengan orang lain. It's okay, dude. Everyone is unique!

* * * 

Itulah jawaban saya untuk pertanyaan tentang gimana sih caranya menemukan bakat di dalam diri kita. Semoga membantu ya! Eh, tapi ada satu hal yang perlu digarisbawahi. Satu hal yang harus kamu ingat. 

Saya memulai tulisan ini dengan sebuah kutipan: "Hard work beats talent when talents do not work hard." Ingatlah bahwa sebesar apapun bakat yang kamu punya, kalau kamu tidak mengoptimalkannya dengan baik, maka bakatmu itu tidak akan berarti apa-apa. Sedangkan, meski bakatmu tidak istimewa, namun jika kamu bekerja dengan giat dan kamu memiliki kegigihan, maka kamu bisa mengalahkan orang-orang dengan talenta super. 

Mau ngobrol lebih lanjut? Follow aja Instagram saya di @aditriasmara atau tinggalkan pertanyaan di kolom KOMENTAR ya. Saya tunggu! ^^



2 comments:

  1. Makasih kak sangat bermanfaat buat saya dan teman teman saya
    ini kami dari Ajibarang yang waktu itu tanya lho.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, ketemu lagi disini kita! Siap, Alhamdulillah... Pokoknya semangat terussss! Salam buat teman-teman. InshaaAllah kalau ada kesempatan, tahun ini pengen main ke Ajibarang :)

      Delete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com