Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, November 13, 2017

Keuntungan ini Bisa Kamu Memiliki Kalau Kamu Punya Partner yang Progressive



Motivator Muda Indonesia | 'MULAI MELAKUKAN SESUATU' dan 'MENERUSKAN DENGAN KONSISTEN' adalah dua hal yang berbeda, meski keduanya memiliki keterkaitan. 

MOTIVASI biasanya bikin seseorang mau untuk memulai sesuatu. Misal, Daffa bercita-cita menjadi seorang pelari maraton. Motivasinya itu bikin dia mau buat mulai latihan lari. Lalu ada Dini yang pengen banget punya butik. Keinginannya itu bikin dia mau untuk mulai mendesain baju-bajunya sendiri, membuatnya, dan memperlihatkan hasilnya pada orang lain. 

Masalahnya, bagi sebagian orang, MEMULAI bukanlah hal yang susah. "Gue janji mulai besok, gue bakal ini, itu, ini, itu ..." Dan BOOM! Jadi deh dia mulai projeknya. Tapiiii, untuk terus istiqomah atau konsisten nge'jalanin projeknya, bukanlah hal yang gampang. 

Ada aja alasan yang kadang bikin kita berhenti di tengah jalan. Ya ngerasa capek lah, sibuk lah, bosen lah, atau apapun itu. Padahal, Zig Ziglar - seorang penulis kenamaan dari Amerika, punya kutipan yang menurut saya unik: "It's not where you start, but where you FINISH that counts."
   
Banyak banget cara yang bisa kamu lakuin untuk tetap on track sama projekmu dengan konsisten. Tapi di artikel ini, saya hanya akan share satu diantaranya, which is very powerful, yaitu: 

MILIKILAH PARTNER YANG PROGRESSIVE

Ada dua kata kunci disini: PARTNER dan PROGRESSIVE. Kita bahas satu per satu ya! 

Dalam kasus ini, PARTNER adalah seseorang yang memiliki sebuah project, sama sepertimu. Well... Project, keinginan, atau cita-cita nya nggak harus sama kok sama kamu, yang penting dia juga punya sesuatu yang lagi dikerjakan. PARTNER bisa siapa aja. Bisa teman, saudara, atau bahkan pasangan kamu. 

Adanya partner bikin kamu makin semangat karena paling nggak, kamu nggak ngerasa jadi seorang single fighter. Lo nggak sendirian, sob! 

Nah, kata kunci yang kedua adalah PROGRESSIVE. Maksud dari kata 'Progressive' disini adalah pastikan partner kamu benar-benar terus membuat kemajuan dari waktu ke waktu. Kata kunci ini penting banget loh! Kenapa? Karena kalau partner kamu malas-malasan, nggak semangat, nggak pernah bikin progress, partner kamu itu nantinya malah bisa jadi pengaruh yang buruk buatmu. 

Bayangin deh... Nggak enak banget 'kan?

Sebaliknya, kalau partner kamu itu punya semangat yang hebat, punya konsistensi yang jempolan dan terus-terusan bikin progress, maka semangat dan konsistensinya bakal nular ke kamu. Percaya deh! It's so fun! 

Tapi, garis bawahi juga satu hal, sob. Milikilah mindset atau pola pikir yang benar akan hal ini. Jangan sampai kamu merasa bahwa kamu kalah jauh dari partnermu itu. Kalau kamu mikir gitu, kamu justru malah akan demotivasi. Katakanlah terus dalam hati, "Wah kalau partner gue aja dah bikin progress, gue juga rasanya perlu bikin progress nih. Nggak mau ketinggalan. Gue pasti bisa!"

Untuk saat ini sendiri, saya sedang memiliki sebuah projek. Saya sedang merintis lembaga pendidikan non-formal yang fokus di dunia pengembangan soft-skill pemuda Indonesia yang saya beri nama GENERASI BERDAYA. Alhamdulillah, saya punya partner yang progressive banget, Mba Al namanya. Doi adalah inisiator INVESTASHE - sebuah platform digital yang membantu wanita Indonesia melek secara finansial, terutama di bidang investasi. 

Di tengah kesibukannya, Mba Al terus bikin progress yang GOKS banget di investashe. Jujur inilah yang bikin saya juga terus bersemangat untuk meneruskan project saya dengan maksimal. Kami juga pernah janji untuk bikin minimal satu konten dalam satu minggu di platform masing-masing. 

Nah, buat kamu yang punya keinginan, cita-cita, atau project, coba deh cari PROGRESSIVE PARTNER! Share tujuan yang pengen kamu raih dan bikin komitmen bareng sama partner-mu itu. Then... Rasain bedanya! ^^

Kalau kamu punya kisah atau cerita yang serupa tentang memiliki partner yang progressive, share di kolom komentar ya! Saya pasti akan tertarik membacanya. 

Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfaat. Oiya, follow juga akun Instagram @generasiberdaya dan @investashe_ ya! Thanks!  

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com