Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, November 9, 2017

Inilah Kenapa Indonesia Butuh Generasi yang Berdaya



"If you can't make Indonesia BETTER, don't make it worse!" ("Kalau kamu nggak bisa bikin Indonesia jadi lebih baik, jangan membuatnya menjadi lebih buruk.")

Ini adalah sebuah kutipan dari salah satu dosen saya semasa kuliah dulu. Kalimat ini menancap dalam di benak dan pikiran saya. Kenapa? Let me explain...

Kadang saya cukup gelisah lihat situasi dimana anak-anak muda Indonesia merasa pesimis dan skeptis sama masa depan bangsa ini. Yang bilang Indonesia nggak akan maju lah, Indonesia isinya orang-orang korupsi lah, pemerintah Indonesia nggak ada yang beres lah, dan masih banyak yang lainnya.

Alhasil, they don't wanna do things for this country. Mereka menyerahkan semuanya ke pemerintah. Kalau ada yang nggak beres, tinggal nyalahin pemerintah, ngomel di sosmed, atau bilang, "Indonesia gini amat sih. Coba tuh lihat, Jepang, Amerika, Finlandia, Jerman,..." :)

Faktanya, anak muda memiliki kekuatan dan potensi yang luar biasa besar buat memajukan Indonesia, loh. Tapi mungkin karena selama ini berita-berita yang ditayangkan di TV atau media lainnya lebih banyak mengekspos kabar negatif tentang Indonesia, maka pesimisme akan masa depan bangsa mulai mencuat. 

Survei GNFI (Good News From Indonesia) bahkan mengungkapkan bahwa ada 8 dari 10 pemuda di Indonesia yang pesimis pada masa depan Sang Ibu Pertiwi. 

Padahal banyak juga hal-hal positif tentang Indonesia. Misalnya, sejauh ini, dalam periode 2017-2019, Indonesia ada di urutan ke-5 dari daftar negara kontributor terbesar pada pertumbuhan ekonomi global. Banyak juga orang-orang Indonesia, lebih tepatnya PEMUDA, yang karyanya di akui dunia.

Saya percaya bahwa negeri ini butuh para "penggerak". Tentunya, anak-anak muda dengan antusiasme dan potensinya bisa menjadi motor penggerak yang sangat kuat.

Nah, untuk menjadi motor penggerak yang kuat, dibutuhkan juga mental dan karakter yang kuat untuk ...

menjadi pemuda TANGGUH yang nggak gampang galau.
menjadi pemuda PERCAYA DIRI yang nggak takut dicaci. 
menjadi pemuda TAHAN BANTING yang nggak gampang nyerah.
menjadi pemuda INOVATIF yang selalu mencari solusi. 
menjadi pemuda PRODUKTIF yang selalu berusaha berkarya.   

... dan masih banyak yang lainnya. 

I really want to see this kind of generation. Generasi Indonesia dimana para pemudanya nggak takut untuk bermimpi besar. Generasi Indonesia dimana para pemudanya selalu mau berusaha melakukan yang terbaik. Generasi dimana para pemudanya berani menunjukkan karyanya, berkontribusi untuk tanah air Indonesia, bahkan dunia. 

Keinginan inilah yang akhirnya membuat saya menginisiasi "GENERASI BERDAYA", sebuah lembaga training dan pengembangan diri yang fokus pada pengembangan soft-skill untuk para pemuda Indonesia. Dengan slogan "Memantapkan Cita . Mewujudkan Daya . Menghasilkan Karya", GENERASI BERDAYA membawahi 3 institusi dengan bidang yang berbeda-beda. Ketiga institusi itu adalah: 

1. TIME TO SPEAK - A Public Speaking Class for Youth
2. TIME TO BE A LEADER - A Leadership Class for Youth
3. TIME TO WRITE - A Writing Class for Youth




Orang mungkin akan berkomentar, "Ah, sok-sokan lu!" Well... Bagi saya, itu adalah hak mereka untuk berpendapat. Saya nggak bisa melarang orang lain untuk berpandangan sama dengan saya. Satu hal yang jelas: Saya memilih untuk menjadi bagian dalam proses perjuangan memajukan Indonesia. 

Negeri ini nggak merdeka dengan proses yang mudah. Butuh perjuangan besar, pengorbanan dahsyat dari para pahlawan. Bukan hal yang berlebihan rasanya kalau kita terus bersemangat memajukan negeri ini. 

Jika kamu merasa bahwa selama ini Indonesia sedang mengarah ke tujuan yang "nggak banget" karena adanya praktik korupsi dimana-mana, kriminalitas, dan hal-hal negatif lainnya, sadarilah satu hal: Indonesia adalah negara yang besar. Tentu butuh proses dan pastinya waktu untuk mengubah arah menuju jalan ideal yang kita harapkan. 

Proses dan waktu yang Indonesia tempuh bergantung pada banyak hal, salah satunya adalah jumlah orang yang mau ambil bagian, turun tangan, dan bersama-sama berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. Indonesia butuh pemuda-pemuda hebat yang terus berjuang, melangkah bersama-sama & saling menguatkan. So, let's make Indonesia BETTER. Mari menjadi generasi yang... BERDAYA :) 


0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com