Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, November 11, 2017

3 Alasan Penting inilah yang Membuatmu Belajar Public Speaking

alasan-belajar-public-speaking

"Now that you can improve your value by 50% just by learning communication skills - public speaking." (Warren Buffet)

Motivator Muda Indonesia | Itulah sepenggal kalimat yang diungkapkan oleh Warren Buffet, seorang pengusaha dan investor kenamaan asal Amerika Serikat. 

Kutipan tersebut cukup unik karena pada dasarnya, ia baru masuk ke dunia public speaking setelah ia merampungkan proses belajarnya di kampus. Saat kuliah, ia terus menghindari kelas-kelas yang mengharuskan mahasiswanya untuk presentasi atau melakukan kegiatan public speaking lainnya. Dia seseorang yang sangat takut dengan 'panggung'! 

Namun setelah Warren Buffet lulus, ia mengaku sadar bahwa ketakutannya akan public speaking justru membuat karirnya nggak berkembang. Ia kemudian memutuskan untuk belajar public speaking dan akhirnya hal ini membuatnya mampu melesatkan karirnya. Itulah kenapa, dalam kutipannya, ia berani mengatakan bahwa public speaking bisa meningkatkan nilai seseorang sebanyak 50%! Wow!

Bahkan ia menambahkan, "Investasi yang saya keluarkan untuk kelas (workshop) public speaking yang saya ikuti, adalah investasi terbaik yang pernah saya buat dalam hidup saya."

Tapi kenapa ya, kok penting bagi kita untuk belajar public speaking? Kita simak yuk alasannya!

PERTAMA, public speaking membuat kita tumbuh secara profesional. Kemampuan untuk berbicara di depan publik membuat seorang profesional menjadi leader yang mampu menyuarakan perubahan, melakukan persuasi dalam pengambilan keputusan, dan juga untuk membangun koneksi.

Bayangkan... Kalau kamu memiliki kemampuan public speaking yang memukau, kamu juga secara nggak langsung bisa menguasai dua soft skill baru: kepemimpinan dan persuasi. Dua hal yang vital dalam dunia karir dan profesionalisme!

KEDUA, public speaking membantu kita mendapatkan kepercayaan.
 Masih berkaitan dengan leadership, seorang LEADER atau pemimpin yang mampu memberikan INSPIRASI dan MOTIVASI pada rekan kerja atau bawahannya, adalah seorang leader yang DIPERCAYA. 


Percayalah, para pemimpin dengan kecakapan komunikasi dan public speaking yang baik, akan mampu memberikan pengaruh dengan lebih mudah serta efektif. Asyik, 'kan?

KETIGA, public speaking membuat kita tumbuh secara personal. Nggak hanya bermanfaat untuk kehidupan profesional saja, kepiawaianmu dalam menyampaikan ide di depan umum juga membuatmu bertumbuh secara individu. Satu hal yang jelas: Public speaking mampu meningkatkan level kepercayaan dirimu. 

Ryan Laverty, founder & CEO SpeakOut, mengatakan "kepercayaan diri membuatmu bertemu dengan orang-orang baru, mampu menghilangkan stres, dan tetap tangguh saat kamu menghadapi kritik yang bahkan sangat pedas."

* * * 

Tentu masih banyak hal lain yang mampu menjabarkan pentingnya kemampuan public speaking untuk kamu. Namun, cobalah pahami dan resapi terlebih dulu tiga alasan di atas. Jika kamu merasa ingin belajar public speaking tapi selama ini selalu takut untuk berbicara di depan publik, kamu bisa baca artikel saya tentang 3 Ritual Sederhana untuk Kurangi Ketakutan Public Speaking

Silahkan share pengalaman kamu tentang public speaking di kolom komentar ya. Kamu juga boleh SHARE artikel ini jika bermanfaat. 

Salam sukses! 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com