Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, October 22, 2017

Bosan Belajar Vocabulary dengan Cara yang Gitu-Gitu Aja? Coba Permainan Ini Yuk!

Adi-Triasmara-Permainan-Vocabulary-Bahasa-Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris | WHAT DOES IT MEAN? Permainan adalah salah satu media belajar efektif yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris. 

Ada jenis permainan yang fokus dalam pengembangan 4 skills utama pada bahasa Inggris: listening, speaking, reading, ataupun writing. Di sisi lain, ada juga permainan yang bertujuan untuk pengembangan aspek kebahasaan yang lebih spesifik seperti grammar atau vocabulary

Nah, dalam artikel ini, saya ingin membagikan sebuah game sederhana dalam belajar bahasa Inggris. Game ini bisa kamu mainkan secara berkelompok untuk meningkatkan penguasaan vocabulary. Mmm.. Tentu saja dengan cara yang FUN a.k.a. ME-NYE-NANG-KAN! ^^

Yup, seperti yang bisa kamu baca lewat judul artikel ini, game yang saya maksud bernama "WHAT DOES IT MEAN?" Berikut adalah penjelasannya! 

Dibutuhkan setidaknya 3 orang, dengan peran yang berbeda, untuk melakukan permainan ini. Ketiga orang itu masing-masing memegang peran sebagai: LEADER, SHOOTER, & JUDGE. Bagaimana jika ada lebih dari 3 orang? Tentu saja bisa. Namun, saat bermain, pastikan bahwa hanya ada satu LEADER dan satu JUDGE, sisa pemainnya akan menjadi SHOOTERS.  

Setelah pembagian perannya jelas, siapkan sebuah kamus. Anyway, saya sarankan agar kamu pakai kamus Inggris-Inggris, bukan kamus Inggris-Indonesia ya. Kamus ini akan dipegang oleh LEADER dan JUDGE. Sedangkan bagi SHOOTERS, mereka harus menyiapkan alat tulis seperti kertas dan pena.  

Setelah semua siap, kita masuk ke alur permainannya!

LEADER bertugas untuk mencari sebuah kata dalam kamus. Ya, hanya satu kata saja. Jika kamu menjadi LEADER, carilah sebuah kata yang menurut kamu asing bagi SHOOTERS. Jika sudah, beritahulah secara diam-diam kepada JUDGE apa definisi dari kata yang kamu pilih tadi. 

Kemudian, LEADER harus menyebutkan kata yang ia pilih tadi kepada SHOOTERS. Beritahu juga bagaimana menulisnya dengan benar (spelling).

Sampai sini jelas? Kalau belum jelas, coba baca ulang lagi paragraf di atas ^^

Sekarang, mari bicara tentang SHOOTERS. Setelah mendengar kata yang dipilih oleh LEADER, para SHOOTERS menuliskan kata tersebut di buku catatan, kertas, atau sticky notes yang mereka miliki. Setelah itu, TUGAS UTAMA mereka adalah menebak arti dari kata (definisi) yang dipilih oleh LEADER. Yup, menebaknya tanpa bantuan kamus. 

SHOOTERS pun harus menuliskan arti kata tersebut di dalam buku mereka. SHOOTERS memiliki waktu 1 menit untuk mencoba menjawab. 

Jika sudah, SHOOTERS akan "menembakkan" jawaban mereka, mengatakannya keras-keras di depan SHOOTERS lain dan juga LEADER dan JUDGE. Nah, disinilah JUDGE berperan. 

JUDGE akan mencari SHOOTERS mana yang mempunyai definisi kata yang paling tepat terkait pilihan kata yang diberikan oleh LEADER. SHOOTERS yang "tembakan"nya tepat mengenai, atau setidaknya paling dekat dengan sasaran akan mendapatkan poin dari JUDGE. 

SHOOTERS dengan poin terbanyak pada akhir permainan akan mendapatkan hadiah. Untuk meratakan peran, kamu bisa saling bertukar posisi sebagai LEADER - SHOOTERS - JUDGE setelah beberapa rounds. 

Bagaimana? Mudah dan menyenangkan, bukan? ^^

Untuk meningkatkan level pemahamanmu, saya akan berikan contoh konkrit bagaimana permainan ini dilakukan. Berikut pembagian perannya: DINDA sebagai LEADER; KEISHA, SHAKIRA, dan TIARA sebagai SHOOTERS; dan ARISTA sebagai JUDGE.

1. Dinda membuka kamus dan memilih kata DEFAME. 
2. Dinda menunjukkan definisi kata DEFAME kepada Arista sebagai Judge. Catatan: Arti kata DEFAME adalah "To harm or diminish the reputation of somebody"
3. Dinda menyembut kata DEFAME dan memberitahu cara penulisannya dengan benar kepada para SHOOTERS. 
4. SHOOTERS mendapat waktu 1 menit untuk menuliskan arti kata tersebut. Misal, Keisha menulis: "DEFAME is to decrease". Shakira menulis: "DEFAME is not becoming popular". Sedangkan Tiara, yang nampak kebingungan, menjawab dengan seadanya dengan menulis: "DEFAME is to skip schools".
5. Setelah satu menit, para SHOOTERS menyampaikan jawabannya secara bergantian satu per satu. Jawaban-jawaban aneh yang muncul kadang akan menimbulkan tawa peserta permainan. 
6. Arista, sebagai JUDGE, menyampaikan makna asli dari kata DEFAME. Akhirnya, ia memutuskan untuk memberikan poin kepada Shakira sebagai SHOOTER yang jawabannya paling mendekati benar. 
7. Permaianan berlanjut.

Paham yah? Sip, Alhamdulillah! Selamat mencoba!

Buat kamu yang ingin tahu jenis-jenis permainan dalam kelas bahasa Inggris lainnya, silahkan baca artikel-artikel pilihan berikut ini: 

1. #TipsForTeacher: Hanya dengan 'Post-It Notes', Kamu Bisa Memainkan 5 Ice Breaking Ini!
2. Sudah Pernah Coba 5 Permainan Ini Untuk Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggrismu? (PART 1)
3. Sudah Pernah Coba 5 Permainan Ini Untuk Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggrismu? (PART 2)

Secara lengkap, saya juga menuliskan daftar permainan asyik dalam belajar bahasa Inggris di buku saya SIMPLE & EASY ENGLISH yang bisa kamu dapatkan di Gramedia. Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfaat ^^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com