Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, October 10, 2017

Nggak Banyak yang Tahu, Inilah Hubungan Romantis Bahasa Inggris dan Kue Lapis!

hubungan-bahasa-inggris-kue-lapis

Tips Belajar Bahasa Inggris | Apa kamu suka kue lapis? Jika iya, maka kita punya kesamaan! Yay!

Saya suka sekali dengan kue yang satu ini. Membayangkan tekstur lembut serta rasanya yang khas saja cukup membuat lidah saya bergoyang, ingin segera menikmati kue dengan yang memiliki beberapa lapis - sama seperti namanya. 

Tapi apa hubungannya kue lapis dengan bahasa Inggris? Well, izinkan saya menjelaskannya!


Konon kabarnya, saat kita makan kue lapis, kita nggak disarankan untuk memakannya secara langsung. Kita nggak disarankan memasukkan satu potongan kue secara utuh ke dalam mulut. Tapi, akan lebih baik jika kita memakannya secara perlahan. 

Kenapa? 

Mmm.. bisa jadi karena  ukuran potongan kue yang cukup besar untuk ditelan langsung. Selain itu, dengan memakannya secara perlahan, kita juga bisa menikmati cita rasa kue secara maksimal. Dan, ada satu alasan lain yang nggak kalah penting:

Kita diminta memakan kue lapis secara perlahan, menikmati setiap gigitannya, karena kita diminta menghargai pembuat kue lapis. PROSES membuat kue lapis emang nggak mudah. Seseorang harus memiliki kesabaran dan kesungguhan hati untuk membuat kue tersebut, lapis demi lapis. 

Sang pembuat kue harus meletakkan adonan pertamanya dan menunggunya dengan sabar hingga adonannya dingin. Setelah itu, ia harus menumpangkan lapisan adonan berikutnya, menunggunya hingga dingin, menumpangkan lapisan adonan berikutnya, menunggunya hingga dingin, dan seterusnya hingga lapisan kue paling atas. 

Kesabaran dan kesungguhan hati itu akhirnya menghasilkan kue yang lezat, yang sangat digemari oleh banyak orang. PROSES pembuatan yang nggak sederhana menghasilkan HASIL yang memuaskan. 

Dalam belajar bahasa Inggris, MENGHARGAI PROSES sangatlah penting. 

Proses apa itu? Ya keseluruhan proses belajar. Proses menemukan dan menghapal kosakata baru, proses mencoba membuat kalimat-kalimat sederhana, proses memahami teks berbahasa Inggris, proses memperkuat kemampuan listening, proses meningkatkan kefasihan kita berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, dan masih banyak yang lainnya. 

Sayangnya, saat ini kita hidup di dunia yang serba instan. Betul? 

Bayangkan... Mau pesan makan, nggak perlu keluar rumah, tinggal ambil HP, buka aplikasi, pilih menu, masukkan alamat, dan makanan akan segera datang. Mau mencari informasi, mau membeli kendaraan, hingga memilih teman kencan pun bisa kita lakukan secara instan melalui bantuan teknologi. 

Kehidupan serba instan ini kalau nggak disikapi dengan bijak, bisa menjadi sangat berbahaya. Karena terbiasa serba cepat, orang bisa jadi melupakan pentingnya berproses dalam belajar. Yup, belajar apapun itu termasuk belajar bahasa Inggris. 

*) Banyak pembelajar bahasa Inggris yang maunya BISA lancar cas-cis-cus ngomong sama bule SECARA CEPAT. 
*) Banyak pembelajar bahasa Inggris yang maunya PAHAM Grammar DENGAN CEPAT. 
*) Banyak pembelajar bahasa Inggris yang maunya DAPAT nilai TOEFL yang gilang-gemilang TANPA REPOT. 

Apa ini salah? 

Nggak juga. Tapi... Ketahuilah, pahamilah dengan baik:

Kesuksesan menguasai bahasa Inggris membutuhkan sebuah PROSES yang nggak mudah. Layaknya membuat kue lapis, kita juga butuh KESABARAN dan KESUNGGUHAN HATI untuk benar-benar belajar, sedikit demi sedikit, secara rutin. 

Nggak semua proses yang kita lalui pun akan mudah. Ada proses salah, ada proses malu, ada proses mendapatkan nilai yang kurang maksimal, dan ada proses-proses lain yang kadang nggak menyenangkan. Tapi, itulah PROSES. Selagi kita mau melakukan evaluasi, belajar dari kesalahan, dan terus berusaha memperbaiki diri, maka kelak hasil belajar kita akan membahagiakan. 

Perhatikan...

JK Rowling adalah salah satu penulis paling terkenal dan tersukses di dunia. 
Steven Spielberg adalah sutradara dan produser kelas wahid di dunia perfilman. 
Arnold Schwarzenegger adalah aktor jempolan dengan berbagai penghargaan. 

Apa persamaan ke-tiga tokoh di atas?

Sama-sama terkenal? Betul. Sama-sama kaya? Yup. Sama-sama orang yang sukses? Tepat! Sama-sama sosok inspiratif? Benar. Sama-sama memiliki karya yang fenomenal? Tentu saja. 

Diantara begitu banyak kesamaan yang bisa terus kita sebutkan, ada satu persamaan yang rasanya patut kita renungkan: 

PROSES yang harus mereka lalui untuk akhirnya mencapai kesuksesan tidaklah mudah. 

Banyak halangan yang harus mereka lalui. Banyak ujian hidup yang dengan tabah harus mereka taklukkan. Banyak proses jatuh bangun yang menghiasi karir mereka. Tapi akhirnya KESABARAN dan KESUNGGUHAN HATI dalam BERPROSES lah yang mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan. 

Kalau kamu saat ini sedang belajar bahasa Inggris dan memiliki kemauan yang begitu besar untuk akhirnya bisa menguasai bahasa Inggris, jagalah api semangat yang kamu miliki. Laluilah proses demi proses belajar yang mungkin kadang terasa menyaktikan.

Tapi percayalah...

Kelak suatu saat nanti, kamu akan "menoleh ke belakang" dan tersenyum. Kamu akan sampai di titik dimana kamu berhasil menggapai impianmu, untuk menguasai bahasa Inggris, dan mengetahui bahwa proses yang kamu lalui selama ini telah mengantarkanmu pada sebuah kesuksesan. Hasil nggak akan mengkhianati usaha, sobat. 



Layaknya kue lapis yang lezat setelah melalui proses yang nggak mudah, bahasa Inggrismu juga bisa menjadi semakin baik jika kamu menikmati setiap PROSES yang kamu lalui. 

Good luck! ^^

Biar kemampuan belajar bahasa Inggrismu makin meningkat, silahkan JOIN DISINI. Di group itu kamu akan mendapatkan update informasi serta tips dan tricks terbaru seputar bahasa Inggris. Saya tunggu kamu di group ya! 
Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfat!

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com