Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, September 27, 2017

#BookReview: PERSISTEN, Perjuangan di Balik Sejarah Tur Dunia


Hallo, sahabat pembaca! Dimanapun kamu berada, semoga kamu dalam keadaan sehat ya! Aamiin...

Dilihat dari judulnya, tentu kamu tahu bahwa tulisan saya kali ini akan membahas tentang buku terbaru, sekaligus buku ke-8, Pandji Pragiwaksono yang berjudul "PERSISTEN"

Setelah mendapatkan bukunya secara PRE-ORDER dari WSYDNshop, membacanya sampai habis, dan mengikuti launching bukunya pada tanggal 23 September 2017 di lalu di Le Seminyak Cafe Jakarta, akhirnya saya memutuskan untuk menulis review tentang "PERSISTEN".

Langsung aja kuy simak review-nya! 

Oiya, hampir lupa. Saya ingin kasih tahu dulu bahwa saya dan Pandji nggak punya hubungan keluarga atau bisnis. Maunya sih punya.. Hehehe... Tapi, hubungan kami berdua adalah hubungan antara pekarya dan penikmat karyanya. So, saya mencoba menuliskan review buku ini se-objective mungkin ^^

Bagi kamu yang sudah memiliki karya-karya buku Pandji sebelumnya, tampilan cover buku PERSISTEN ini mungkin akan terlihat cukup unik, terutama dari segi warna. Berbeda dengan 6 buku Pandji sebelumnya (nggak termasuk 'Degalings') yang didominasi warna yang cenderung gelap seperti biru atau merah, cover buku PERSISTEN ini cenderung tampak terang. 

Cover yang didominasi dengan kombinasi warna putih dan oranye ini juga menampilkan foto Pandji di halaman depan. Uniknya, alih-alih menampilkan pose Pandji yang menghadap depan, Bentang Pustaka memilih menampilkan foto Pandji yang sedang menghadap ke belakang. 

Dalam cover itu, Pandji menggunakan jaket Juru Bicara World Tour, dimana pada bagian belakang jaketnya, tertulis daftar 24 kota dalam 5 benua yang menjadi saksi perjalanan tur dunianya kali ini. 

Pemilihan pose dalam cover ini nampak sangat sejalan dengan sub-judul yang ada dalam buku PERSISTEN: 

"Kisah Nyata di Balik Perjuangan Orang Indonesia Pertama yang Menjalankan Tur Dunia"

Melalui cover ini, saya kira hal yang akan disampaikan melalui buku setebal 172 halaman ini adalah memang segala hal yang ada di balik Juru Bicara World Tour. 



Satu tema dengan warna cover, bagian dalam buku PERSISTEN juga didominasi warna putih dan oranye. Ah, ada yang menarik! Selain menunjukkan beberapa foto hasil dokumentasi perjalanan Juru Bicara World Tour, buku ini juga menampilkan ilustrasi kartun yang memperjelas pesan yang ditulis melalui media visual. 

Ada juga bagian dimana ilustrasi kartun tersebut disajikan dalam bentuk Comic Strip, tepatnya pada hal. 25, dimana Pandji menjelaskan tentang penggunaan bahasa Indonesia pada pertujukannya di luar negeri. Seru!

Seperti yang mungkin kamu sudah tahu, buku ke-8 Pandji ini menjadi sedikit berbeda karena peran Pandji sendiri bukanlah menjadi penulis satu-satunya. Ia menggandeng Muhammad Husnil, orang yang sudah dikenalnya sejak lama, untuk mengambil bagian besar kepenulisan buku. 

Kenapa hal ini dilakukan? 

Dalam buku PERSISTEN, juga dalam proses launching di Le Seminyak Sabtu (23/09/2017) lalu, Pandji mengatakan bahwa ia ingin mendapatkan kejujuran yang utuh dari keseluruhan proses Juru Bicara Stand-Up Comedy World Tour. Ia ingin pembaca mendapatkan hasil pengamatan dan opini dari orang lain yang mendengarkan cerita Pandji dan juga team manajemennya. 

Bagi pembaca setia buku-buku Pandji, kamu mungkin akan merasakan sedikit perbedaan gaya kepenulisan yang ada di dalam buku ini. Karena sekali lagi, Pandji bukanlah penulis utamanya. Tapiiii... Walau begitu, hal inilah yang justru membuat pembacanya merasakan sensasi yang berbeda. 


Pembaca seolah mendengarkan kisah cerita yang diambil dari sudut pandang jurnalis dan dibalut dalam kata-kata khas novelis ala M. Husnil. 

Dalam PERSISTEN, ada 7 BAB yang dibahas, diantaranya: 

1. BERIKAN YANG TERBAIK
2. BERKAT OBROLAN SANTAI
3. DARI TAHU BASI SAMPAI KADAL BUNTUNG
4. MELUCU DI BAWAH TEKANAN
5. YAH, GIMANA DONG?
6. PERSISTEN
7. PEMBUKTIAN MENJADI WONGSOYUDAN

Setiap bab dibahas secara lengkap dan menarik, diselipkan juga kutipan-kutipan penting yang beberapa diantaranya diambil dari "MBWT - Mesakke Bangsaku World Tour" dan "#JBWT - Juru Bicara World Tour"

Rasanya PERSISTEN ini wajib dimiliki buat kamu yang penasaran sama: 

MANTRA (prinsip) Pandji dalam hidup dan berkarya,
- Seluk beluk proses pelaksanaan tur dunia, 
- Bagaimana lika-liku serta tantangan mendapatkan sponsorship,
- Siapa aja orang-orang yang ada di manajemen Pandji dan apa perannya masing-masing dalam tim,
- Strategi promo yang pernah dilakukan dan berhasil, serta 
- Ujian apa aja yang Pandji dan tim dapatkan di tengah proses perjalanan tur dunia. 
- Dan masih banyak hal lainnya seputar tur dunia. 

Oh, buku ini juga menjawab salah satu dari beberapa tanda tanya terbesar yang sering saya punya terkait #JBWT. Hal apa itu? Yup, bener banget! 


"Kenapa Vidio.com mundur di tengah jalan sebagai sponsor utama dan bagaimana Pandji manajemen mencari solusi dari permasalahan ini?"

Secara keseluruhan, saya suka buku PERSISTEN! Dari angka 1 (terburuk) sampai 10 (terbaik), saya memberikan angka 9 untuk buku ini. Jika buku ini memiliki halaman yang sedikit lebih tebal, mungkin saya akan memberikan nilai 10. Hehehe.. Oh, come on! Saya sungguh menikmati semua hal yang disajikan di buku ini. It's really good! I just want to read more, to know more :D

Anyway, ada tiga alasan yang merangkum berbagai alasan saya dalam menyukai buku ke-8 Pandji Pragiwaksono ini.  

Pertama, karena buku ini menjawab rasa penasaran saya tentang hal-hal apa aja yang ada di balik kesuksesan tur dunia orang pertama di Indonesia. It's historical! Kedua, konten buku ini bagus dan dibalut dengan bahasa yang sangat ringan, lugas, serta mudah dipahami. Saya bahkan bisa menyelesaikan buku ini dalam "sekali duduk" saja. Credit for M. Husnil! 

Alasan ketiga dan paling utama adalah...

Well, mungkin terdengar cliche, tapi PERSISTEN membuka wawasan baru dan menanamkan kepercayaan di dalam diri saya akan kunci keberhasilan menggapai mimpi: PERSISTENSI. Saya belajar dari proses yang dilalui oleh Pandji Pragiwaksono yang diungkap dalam buku ini. Buku ini bisa rasanya selalu bisa saya jadikan referensi atau pegangan saat saya ingin menggapai impian. 

Kisah di balik tur dunia Pandji yang tertuang dalam buku ini bisa dengan jelas menggambarkan bahwa tantangan atau cobaan akan selalu hadir dalam berbagai bentuk saat kita ingin menggapai apa yang kita inginkan. Namun jika kita PERSISTEN, kita akan menemukan jalan keluar dan akhirnya bisa saja mendapatkan apa yang kita impikan. 

Mungkin itu aja yang bisa saya bagikan untuk kamu. Buat yang penasaran sama bukunya, PERSISTEN hadir besok - 28 September 2017 di toko-toko buku terdekat. Kamu bisa langsung sikat, atau bisa juga beli di WSYDNshop.com

* * *

Selain PERSISTEN, saya sih nyaranin kamu buat beli karya-karya Pandji yang lainnya. Well, sekali lagi saya bilang kalau saya nggak ada hubungan keluarga atau bisnis dengan Pandji yaa. Hehehe.. This is purely my personal recommendation. 


Jujur, karya-karya Pandji menginspirasi saya untuk BERKARYA. 

Dan Alhamdulillah, 31 Juli 2017 lalu saya berhasil menelurkan karya pertama saya - buku SIMPLE & EASY ENGLISH yang diterbitkan secara nasional. Pada saat launching buku PERSISTEN lalu, dengan senang hati saya menghadiahkan karya saya untuk orang yang selama ini menginspirasi saya untuk berkarya - Mr. World Tour Pandji Pragiwaksono :)



4 comments:

  1. Wah keren ya. Makasih lho review lo bener bener narik gue buat beli buku pandji. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bro. Thanks udah baca review nya ^^

      Delete
  2. Saya penikmat buku Pandji, hampir semua punya kecuali Degalings dan satunya apa gitu covernya ada kartu reminya.

    Nah Persisten ini belum pjnya. Membaca reviewnya, pastinya jadi incaran saya nih buku...

    Sukses mas..
    Salam dari Rembanh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga penikmat karya Pandji, mas. Yang ada kartunya itu buku "Juru Bicara". Siap, mas. Thanks ya udah baca review bukunya. Beli aja, seru kok! ^^

      Delete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com