Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, September 16, 2017

Temukan Perbedaan COMPARATIVE dan SUPERLATIVE ADJECTIVE Disini!

perbedaan-comparative-dan-superlative-adjective

Tips Belajar Bahasa Inggris | Masih bingung dengan perbedaan Comparative dan Superlative Adjective? Tenang! Dalam artikel ini, saya akan memberikan ulasannya! 

Dalam proses komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita butuh untuk membandingkan satu hal dengan (beberapa) hal yang lainnya. Misal, membandingkan mobil satu dengan yang lainnya. Bisa juga membandingkan kehidupan seseorang di masa lalu dan masa sekarang. Dan masih banyak yang lainnya.

Inilah fungsi dari Comparative dan Superlative Adjective (Adj.), yaitu membandingkan. Lalu apa perbedaannya? Kita bahas satu per satu ya!

Anyway, sebelum masuk ke pembahasan detilnya, saya sarankan kamu untuk membaca artikel 13 Kategori Daftar Adjective dalam bahasa Inggris.

COMPARATIVE ADJECTIVE kita gunakan untuk membandingkan DUA hal yang memiliki perbedaan: "Sesuatu LEBIH ... DARI sesuatu yang lainnya" (faster, lighter, easier, more comfortable, etc.). Ingat ya, DUA hal. Biasanya, format kalimatnya akan menjadi seperti ini: 

Noun (Subject) + Verb + Comparative Adj + THAN + Noun (Object)

Bagi yang belum tahu, NOUN adalah Kata Benda dan VERB adalah Kata Kerja. Pada pola ini, terlihat ada DUA kata benda yang akan dibandingkan dimana kata benda yang pertama berperan sebagai subjek. Sedangkan kata benda yang kedua berperan sebagai objek. 

Untuk memudahkan pemahaman kamu, perhatikan beberapa contoh berikut:

1. My dog is bigger than Julian's dog.
2. Mauro runs faster than Claudio.
3. This new chair is more comfortable than the old one.  

Gimana? Paham ya? Sip! Kita lanjut!

SUPERLATIVE ADJECTIVE kita gunakan untuk membandingkan satu objek dengan BANYAK (lebih dari dua) objek pembanding. Satu objek yang dibandingkan ini adalah objek yang mempunyai kualitas yang lebih dibandingkan dengan objek pembanding lainnya: "Sesuatu adalah yang PALING ... dibandingkan yang lainnya."

Format kalimat yang paling umum untuk Superlative Adjective adalah sebagai berikut:

Noun (Subject) + Verb + THE + Superlative Adj. + Noun (Object)

Silahkan perhatikan contoh berikut: 

1. My office is the biggest office in Jakarta.
2. Jammy's car is the fastest car in that racing competition. 
3. This is the most comfortable place I've ever visited.  
   
Sekarang kelihatan jelas kan perbedaan Comparative dan Superlative Adjective dalam bahasa Inggris?  

Mungkin sekarang kamu bertanya-tanya...
"Kok di COMPARATIVE ada yang adjective-nya ditambah -ER di belakang kata, tapi ada juga yang menggunakan MORE sebelum kata?" atau "Kok di SUPERLATIVE ada yang pakai -EST di belakang, tapi ada juga yang pakai MOST?"
Good question! Pada dasarnya, bentuk -ER / -EST atau MORE / MOST itu dipengaruhi oleh JUMLAH SUKU KATA dari adjective yang kita gunakan. Simak penjelasan detilnya di bawah ini:

1. SATU SUKU KATA: Tambahkan -ER (untuk comparative) atau -EST (untuk superlative) di belakang adjective dengan satu suku kata. Misalnya: 
BIG - BIGGER - BIGGEST;
TALL - TALLER - TALLEST; 
LOW - LOWER - LOWEST; dan lain sebagainya. 

2. DUA SUKU KATA: Tidak ada aturan yang mengatur penggunaan format comparative dan superative pada adjective yang terdiri dari dua suku kata. Hanya ada kecenderungan penggunaan. Kita bisa menggunakan -ER / MORE atau -EST / MOST. 
Contohnya: 
SIMPLE - SIMPLER - SIMPLEST; 
HAPPY - HAPPIER - HAPPIEST. 
Tapi, ada juga penggunaan: 
TIRING - MORE TIRING - MOST TIRING;
USEFUL - MORE USEFUL - MOST USEFUL.

3. TIGA (ATAU LEBIH) SUKU KATA: Untuk membentuk comparative atau superlative adjective, kita perlu menambahkan MORE / MOST pada jenis kata sifat tiga (atau lebih) suku kata ini. Contohnya:
IMPORTANT - MORE IMPORTANT - MOST IMPORTANT;
COMFORTABLE - MORE COMFORTABE - MOST COMFORTABLE;
EXPENSIVE - MORE EXPENSIVE - MOST EXPENSIVE; dan lain sebagainya. 




Selain itu, ada juga bentuk Irregular Comparative and Superlative Adjective. Seperti namanya, Irregular, format yang satu ini tidaklah beraturan atau tidak mengikuti satu bentuk format tertentu. Misalnya:
GOOD - BETTER - BEST;
BAD - WORSE - WORST;
LITTLE - LESS - LEAST; dan lain sebagainya.

Bagaimana? Mudah 'kan? 

Untuk memperdalam kosakata-mu tentang Adjective, kamu juga bisa baca artikel tentang 13 Kategori Daftar Adjective dalam bahasa InggrisSemoga artikel ini bisa memberikan pencerahan buatmu ya! Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfat!

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com