Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, September 23, 2017

Ingin Menggali Potensi Diri? Cobalah Lakukan Sesuatu yang Baru!

mencoba-sesuatu-yang-baru

Saya adalah seorang seorang penulis dan pastinya seorang pembaca buku juga. Sama-sama kita tahu bahwa jenis bacaan, dan tentunya tulisan, dibagi menjadi dua: Fiksi dan Non-fiksi. Betul? 

Nah, saya bisa mengatakan bahwa selama ini saya merupakan pembaca NON-FIKSI, seperti tutorial, kumpulan artikel, biografi, dan lain sebagainya. Saya cukup jarang membaca karya-karya fiksi seperti novel, prosa, puisi, dan lain sebagainya. Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel saya tentang 5 Nasihat Tere Liye untuk Setiap Penulis, jika saya memiliki 100 buku bacaan di perpustakaan pribadi saya, paling hanya ada 5 buku fiksi diantaranya. 

Kebiasaan saya membaca bukuatau tulisan non-fiksi tentu membuat saya menjadi seorang penulis non-fiksi pula. 

Kalau kamu melihat blog saya ini, aditriasmara.com, kamu hampir nggak pernah akan menemukan tulisan fiksi di dalamnya. Saat menulis buku, saya juga menuliskan buku non-fiksi: SIMPLE & EASY ENGLISHBuku tutorial belajar bahasa Inggris secara efektif, mudah, dan menyenangkan. 

Yang ada di benak saya selama ini, menulis fiksi itu syusyah! Harus memikirkan setting, karakter, dialog, dan lain sebagainya. Ribet! Hehehe..  

Tapi, kegemaran saya menonton film membuat saya ingin mencoba melakukan sesuatu yang baru. I want to try something new!

Ya, saya ingin mencoba menulis FIKSI. Saat saya memutuskan untuk mencoba menulis fiksi, saya tahu bahwa saya harus benar-benar mencoba memahami karya fiksi yang sudah terbukti kualitasnya, untuk saya jadikan referensi.

Saya menonton film-film yang diangkat dari novel. Film IT yang diangkat dari novel karya Stephen King dengan judul yang sama menjadi film teranyar yang saya tonton. Saya juga membaca salah satu masterpiece karya Tere Liye - HUJAN. 

Akhirnya, Kamis - 21 September 2017 lalu (bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1439H) saya membulatkan tekad bahwa saya akan mulai mencoba menulis karya fiksi: Cerpen! Titik. 

Berdasarkan ilmu yang saya dapat dari buku Kitab Penyihir Aksara karya salah satu mentor menulis saya, Brili Agung, saya mengambil secarik kertas putih, menuliskan karakter, premis, dan outline cerita. Singkatnya, dalam hitungan jam, cerita saya berjudul Rahasia Cinta Penyair Muda pun selesai saya garap. Tentu itu adalah draft pertama. 

Pada hari berikutnya saya menghabiskan beberapa waktu untuk membaca ulang naskah yang saya buat dan mengeditnya di beberapa bagian.

Oiya, naskah cerita pendek saya ini saya ikutkan sayembara yang diselenggarakan Inspirator Academy, loh. Kalau lolos, cerpen saya akan dikompilasi dengan karya fiksi penulis-penulis lain yang terpilih, dibukukan, dan didistribusikan secara nasional. Doain ya! 

Kalau nggak lolos, saya akan membuat akun Wattpad dan upload cerpen pertama saya ini disana. Saya nggak akan kecewa ^^

Anyway, kenapa saya menceritakan semua hal ini padamu? Karena saya ingin menyampaikan sebuah pesan. Izinkan saya menyampaikan pesan saya yang sederhana ini. Pesannya adalah ...

Kadang kita merasa bahwa kita nggak bisa melakukan satu hal yang kita ingin lakukan, hanya karena kita nggak mau mencobanya. Misal, kita merasa kita nggak bisa bermain alat musik, nggak bisa menggambar, nggak bisa acting, nggak bisa berbahasa Inggris, dan lain sebagainya. Padahal, kita sama sekali belum mencobanya. 

Atau, mungkin kita sudah mencobanya tapi dengan asal-asalan sehingga hasilnya buruk. Lalu, kita menjadikan itu sebagai pembenaran bahwa kita nggak bisa. 

Saya tipe orang yang percaya bahwa ada beberapa orang yang memang mahir dalam melakukan sesuatu karena bakatnya. Tapi saya lebih yakin lagi bahwa sebagian besar orang yang lain, mahir melakukan sesuatu karena ia MAU MENCOBA, berusaha dengan disiplin dan sungguh-sungguh, menjadi tahan banting akan kegagalan, dan terus memperbaiki diri. 

Mencoba sesuatu yang baru menjadi gerbang pembuka bagi kita untuk mengetahui potensi-potensi terdalam yang ada di dalam diri kita. 

Ingat kata Coldplay dalam lagunya Fix You:
"But if you never try, you'll never know". 


Jika saya nggak pernah mencoba membuat cerita fiksi, mungkin saya akan menghabiskan masa hidup saya dengan anggapan bahwa sampai kapanpun saya nggak bisa menulis fiksi. Saya mungkin akan terus berasumsi bahwa menulis fiksi itu susahnya setengah mati. Padahal, ketika saya mencobanya, mempersiapkan diri dengan baik, dan melakukannya, toh akhirnya saya bisa membuat karya saya ^^

So, apa yang selama ini kamu inginkan dan bagimu terasa sulit, bahkan saat belum mencobanya?

Saran saya, beranikanlah diri untuk paling nggak MENCOBA-nya terlebih dahulu. Tapi, jangan asal-asalan mencoba ya. Bekali diri dengan pengetahuan. Lihat orang-orang yang sudah berhasil melakukan hal yang sama sebelum kamu. Then, your next job is... TO TRY YOUR VERY BEST. Good luck, fellas! 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com