Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, August 29, 2017

5 Cara Praktis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

motivasi-belajar-bahasa-inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris | Belajar bahasa Inggris, sama dengan belajar hal yang lainnya, memerlukan satu unsur yang penting. Apa itu? Yup, tepat sekali! MOTIVASI!

Permasalahannya, nggak banyak pembelajar bahasa Inggris yang sadar akan pentingnya hal ini. Mereka beranggapan bahwa yang namanya belajar bahasa Inggris ya tinggal baca buku atau tonton video tutorial, latihan soal, praktik, udah deh... Langsung bakalan jago!

Nggak sepenuhnya salah juga sih. Tapi, bayangkan ini...

Kita udah semangat banget nih baca buku atau nontonin video tutorial setiap hari, eh lama kelamaan kita merasa bahwa bahasa Inggris kita nggak berkembang. Alhasil, motivasi kita turun. Kalau motivasi kita udah turun, kita bakal merasa bahwa belajar bahasa Inggris tuh nggak asyik lagi. 

Atau gini...

Kita dah banyak latihan kerjakan soal, latihan ngomong di depan kaca, tapi setiap kali dapat kesempatan langsung praktik, kita malah minder, malu, nggak pede, dan lain sebagainya. Alhasil? Lagi-lagi, motivasi kita akan turun...

Usaha kita untuk menjaga motivasi belajar itu sama pentingnya dengan usaha kita untuk memahami materi belajar bahasa Inggris yang sedang kita simak. Pertanyaannya... Gimana sih caranya menjaga motivasi belajar bahasa Inggris kita?

Tenang! Saya akan membagikan tips jitu untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggrismu dalam artikel ini. Here we go!


1. Miliki Tujuan yang Jelas.



"Apa tujuanku belajar bahasa Inggris?"

Pertanyan ini memang sederhana. Tapi... Kadang susah untuk dijawab. Hehehe.. Hayo, kira-kira apa sih tujuanmu belajar bahasa Inggris?

Apa kamu belajar agar nilai ujianmu bagus? 
Apa kamu belajar agar nilai TOEFL kamu tinggi?
Apa kamu belajar agar bisa lulus ujian masuk universitas?
Apa kamu belajar agar bisa mendapat beasiswa?
Apa kamu belajar agar lancar menjawab pertanyaan di tes masuk kerja?

Atau apa?

Tujuan yang jelas ini selain membuatmu terfokus dengan apa yang kamu pelajari, motivasi belajarmu juga tetap akan terjaga. ALASAN-mu dalam belajar akan memberikan dorongan motivasi yang besar untuk mencapai apa yang kamu ingin capai. 

Coba tentukan tujuan atau alasan kenapa kamu belajar bahasa Inggris dan tuliskan di selembar kertas. Lalu, tempelkan di tempat yang mudah terlihat dan tentukan tenggat waktu kapan kamu akan mencapai tujuanmu itu dan rasakan perbedaan yang akan kamu rasakan! ^^


2. Kelilingi Dirimu dengan Emosi Positif



Banyak alasan kenapa kadang kita memiliki emosi negatif seperti marah, kecewa, putus asa, dan lain sebagainya...

Banyak pula alasan kenapa kadang kita memiliki emosi yang positif seperti senang, bangga, merasa dihargai, dan lain sebagainya...

Nah, tips untuk menjaga motivasi yang kedua adalah dengan mengelilingi dirimu dengan emosi positif. Coba cari tahu hal-hal apa saja sih yang biasanya mendatangkan emosi atau perasaan positif dalam dirimu. 

Perasaan positif itu bisa dari mendengarkan lagu instrumen, minum kopi, bermain dengan binatang peliharaan, melihat lukisan atau foto yang indah, dan masih banyak hal lainnya. 

Nah, sebelum kamu belajar bahasa Inggris, cobalah datangkan sebanyak mungkin perasaan atau emosi positif ke dalam dirimu. Kenapa ini penting? Tentu karena dengan perasaan positif yang ada di dalam diri dan pikiranmu, akan lebih mudah bagimu untuk menyerap ilmu yang akan kamu pelajari. 

Dan saat akhirnya kamu merasa mudah untuk mendapatkan ilmu yang kamu pelajari, kamu akan merasa semakin termotivasi untuk terus belajar dan meraih target atau tujuan yang sebelumnya sudah kamu tulis. 

Sudah tulis tujuanmu?


3. Pelajari Materi yang Sesuai



Yang saya maksud dengan materi yang sesuai adalah materi yang pas atau tepat kamu pelajari sesuai dengan kebutuhan dan juga level bahasa Inggrismu. 

Mempelajari materi yang sesuai dengan keubutuhan akan membuat kita fokus pada pencapaian tujuan yang sudah kita buat. Belajar kita jadi nggak "ngalor-ngidul" kalau kata orang Jawa, alias nggak bercabang kemana-mana. 

Kemudian, penting juga bagi kita untuk mempelajari materi yang sesuai dengan level bahasa Inggris kita. Ada yang tau kenapa?

Hayoo... Kira-kira kenapa?

Yup, betul! 

Kalau kita mempelajari materi yang nggak sesuai, katakanlah terlalu mudah, maka nggak akan ada tantangan belajar yang kita punya. Nggak adanya tantangan dalam belajar akan membuat motivasi kita menurun karena kita merasa bahwa kita sudah menguasai semuanya. 

Hal yang sama juga akan terjadi jika kita belajar materi yang levelnya terlalu susah bagi kita. Bisa jadi... Kita akan merasa bodoh karena nggak kunjung mengerti akan materi yang sedang dibahas. Dengan hal ini, tentunya motivasi belajar kita akan hilang. Kita akan merasa nggak ada gunanya lagi belajar karena kita tetap nggak akan mengerti atas materi yang dipelajari. 

Nggak mau kan hal ini terjadi?

Maka dari itu, pilihlah materi atau bahan belajar yang sesuai dengan level bahasa Inggrismu. Semangat!


4. Pilih Media yang Kamu Sukai



Saat ini, media belajar bahasa Inggris sangat beraneka ragam. Mungkin pada jaman dulu, media belajar hanya terbatas pada buku saja. Bayangkan jika kita bukan tipe orang yang terlalu suka dengan media buku. Tentu hasil yang kita dapat bisa jadi kurang maksimal. 

Sekarang kamu bebas pilih media yang kamu suka...

Kamu bisa belajar melalui media VIDEO dari YouTube misalnya.
Kamu bisa belajar melalui papan permaian seperti SRABBLE, contohnya.
Kamu bisa belajar melalui audiobook.
Kamu bisa belajar lewat social media.
Kamu bisa belajar lewat aplikasi belajar yang ada di HP-mu.
Dan masih banyak lagi...

Bayangkan... Ada begitu banyak media belajar yang bisa kamu pilih. Kamu tinggal sesuaikan dengan mana yang paling kamu sukai. 

Memilih media yang kamu sukai menjadi penting karena dengan media pilihanmu, kamu akan menikmati proses belajar bahasa Inggrismu. Kamu nggak akan merasa terbebani. Sebaliknya, motivasimu akan meningkat drastis untuk terus belajar. 

Nggak percaya? Silahkan coba!


5. Miliki Partner atau Kelompok Belajar



Nah, ini juga penting nih, sob!

Kadang, kita belajar dengan cara yang seadanya alias malas-malasan, karena kita merasa bahwa kita adalah seorang single-fighter. Kita adalah petarung solo. Kita akan mudah merasa lelah dan bosan saat belajar. 

Beda halnya saat kita memiliki partner belajar. Ada banyak keuntungan saat kita memiliki seorang partner belajar. Partner belajar bisa membantu kita saat kita mengalami kesulitan. Partner belajar juga bisa membuat proses belajar bahasa Inggris kita "nyata", terutama ketika kita fokus pada aspek conversation. Partner belajar juga bisa mengingatkan kita akan tujuan yang sudah kita tentukan di awal. 

Masih banyak lagi keuntungannya...

Begitu juga dengan kelompok belajar. Jika kamu memiliki komunitas belajar bahasa Inggris yang aktif, motivasimu akan tetap terjaga bahkan akan terus meningkat karena kamu berada di lingkungan yang memiliki tujuan yang sama denganmu. 


Tujuan apa itu? 

Yup! Tujuannya yaitu menguasai bahasa Inggris dengan baik. 

* * *

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga motivasi belajar bahasa Inggris yang ada di dalam dirimu. Tentu kamu juga memiliki rutinitasmu sendiri untuk tetap termotivasi untuk belajar. Bagikan pengalaman kamu untuk menjaga motivasimu di kolom KOMENTAR ya!

Kamu juga bisa membaca tentang Sikap yang Tepat untuk Belajar Bahasa Inggris

Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com