Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, July 16, 2017

Waspadai Mitos Belajar Bahasa Inggris Ini!

Mitos-Belajar-Bahasa-Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris | Mau bisa bahasa Inggris? Belajar langsung aja di INGGRIS! MITOS atau FAKTA?

Banyak yang bilang...

Kalau mau pintar bahasa Jepang, ya pergi lah ke Jepang.
Kalau mau pintar bahasa Itali, ya pergi lah ke Itali.
Dan pastinya...
Kalau mau pintar bahasa Inggris, ya pergi lah ke Inggris.

Menurut saya pribadi, hal ini memang ADA BENARNYA. Mengapa benar? Begini...

Kalau kita pergi ke suatu tempat yang memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa keseharian kita, maka kita harus melakukan penyesuaian diri. Nggak mungkin dong penduduk asli yang harus menyesuaikan bahasa kita. "Lah, siapa kita?" Hehehe..

Kenapa penting melakukan penyesuaian bahasa?

Ya karena bahasa, baik lisan atau tertulis, adalah sebuah alat komunikasi verbal yang sangat penting bagi keberlangsungan manusia.

Bayangkan...

Saat kita mau makan, tentu kita perlu bahasa untuk memesan makanannya.
Saat kita mau pergi ke tempat baru, kita perlu bahasa untuk menanyakan arah.
Saat kita mau belanja, kita perlu bahasa untuk melakukan transaksi.

Kita harus memikirkan apa jadinya kalau kita nggak memiliki kemampuan bahasa yang baik. Gimana kira-kira?

Bakal repot dong, pastinya!

Alhasil, MAU NGGAK MAU, kita akan berusaha mati-matian untuk belajar bahasa yang digunakan masyarakat sekitar. Semakin kita beelajar dan mencoba menggunakannya, semakin bagus bahasa yang kita punya.

Selain itu, faktor LINGKUNGAN juga penting.

Ada di sebuah lingkungan yang menggunakan satu bahasa tertentu, akan membuat telinga dan mata kita familiar dengan bahasa tersebut. Kita akan terbiasa mendengar dan membaca.

Ingat... Dengan terbiasanya kita untuk mendengar dan membaca, maka kita akan merasa dimudahkan pula saat ingin berbicara dan menulis.

Kebayang, 'kan?

Nah, itulah tadi kenapa saya berpikir bahwa ADA BENARNYA juga saat kita bilang: Kalau mau belajar suatu bahasa, ya pergi lah ke negara asal dari bahasa tersebut.

Tapi...

Di sisi lain, saya berpikir ini juga merupakan sebuah MITOS dalam belajar bahasa Inggris. Mitos ini maksudnya sesuatu yang dianggap benar oleh sebagian masyarakat, sedangkan pada kenyataannya, belum tentu benar.

Kenapa saya bilang bahwa hal ini adalah MITOS?

Ada yang tau?

Ada yang bisa nebak?

Okay, gini. Katakanlah kita ingin belajar bahasa Inggris dan akan pergi ke Inggris. Secara logika, seharusnya kita malah harus belajar bahasa Inggris dari sekarang. Disini, di Indonesia. Bukan nanti, setelah sampai di Inggris.

Sekali lagi...

Katakanlah kita ingin belajar bahasa Inggris dan akan pergi ke Inggris. Secara logika, seharusnya kita malah harus belajar bahasa Inggris dari sekarang. Disini, di Indonesia. Bukan nanti, setelah sampai di Inggris.

Kenapa?

Kalau kita sudah belajar bahasa Inggris di Indonesia, kita nggak akan terlalu kesulitan untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru kita di Inggris nantinya. Kok bisa? Ya iya dong, kan at least kita sudah bisa bahasa Inggris.

Di sisi lain, andaikan kita baru mau belajar Inggris ketika kita sampai di negaranya David Beckham ini, maka kita sendiri yang akan kesulitan.

Selain bahasa, masih ada banyak hal yang harus kita sesuaikan saat berada di luar negeri, 'kan? Misalnya, masalah cuaca, budaya, kehidupan sosial, makanan, transportasi, dan lain-lain. Kalau kita bisa menuntaskan masalah penyesuaian bahasa saat kita ada di Indonesia, tentu akan sangat membantu.

Kita nggak perlu repot lagi adaptasi bahasa, hanya tinggal adaptasi aspek kehidupan yang lain. Asyik atau asyik? ^^


Makanya, dari sekarang, tonton deh video tutorial belajar bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris, atau baca buku-buku khusus belajar bahasa Inggris. 

Kebayang ya? Ih, pinter deh!


Itulah salah satu mitos populer yang berkembang di masyarakat seputar bahasa Inggris. Namanya juga mitos, tentu kebenarannya masih perlu kita uji. Maka, jangan mudah percaya ya dengan mitos seputar bahasa Inggris!

Sebenarnya, masih banyak lagi daftar MITOS DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS yang harus kita pahami dan ketahui kebenaran logisnya. Saya nggak bisa bahas semua di postingan ini karena pasti akan jadi sangat panjang pembahasannya.

Tapi tenang, saya sudah bahas semua mitos di buku saya: SIMPLE & EASY ENGLISH kok.


Kamu bisa baca, pahami, resapi, dan ambil inspirasinya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat! ^^


Salam,
Adi Triasmara


P.S. Nggak perlu di-SHARE, kecuali bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com