Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, May 4, 2017

Hei, Masih Inget Ujian Nasional Bahasa Inggris-mu Nggak?


Tips Belajar Bahasa Inggris | Hari ini, 4 Mei 2016, semua sekolah tingkat SMP melakukan Ujian Nasional Bahasa Inggris. Wuih, ngeri yaa..hehehe.. Nah, karena saya guru, saya juga mendapatkan tugas mengawas ujian nasional. Saya mengawas di salah satu SMP swasta di daerah Pamulang, Tangerang Selatan, yang menggunakan sistem UNBK - Ujian Nasional Berbasis Komputer. 

Seperti namanya, UNBK nggak lagi pakai media kertas dan pensil (kalau yang ini sekarang namanya UNKP - Ujian Nasional Kertas & Pensil), tapi pakai media komputer. Menarik ya? Jadi inget jaman-jaman SMP sama SMA dulu. Ujian nasional tu harus hati-hati banget ngerjainnya. Lingkarannya ga boleh keluar garis, kertas ga boleh kotor, lecek, atau basah, ngerjainnya ga boleh ngerjain di lembar jawab temen (yaiyalah!). Duh, ngerjain soal aja belum, stressnya udah tingkat akut! Hehehe..

http://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2016/03/24/us-un-56f2e04866afbd450c7e9d88.jpg?t=o&v=760

Anyway, ngomongin ujian bahasa Inggris nih. Seinget saya sih, dulu bahasa Inggris tuh jadi momok banget bagi sebagian siswa. Gimana nggak? Bahasa Inggris tu termasuk pelajaran yang "baru", 'kan? Era saya, era 90an, bahasa Inggris baru masuk kurikulum nasional waktu saya kelas 4 SD. Bandingin sama sekarang yang bahasa Inggris udah diajarkan sejak usia dini. Sejak TK, bahkan playgroup! Sadis euy!
Saya nggak bisa memastikan sih ya di tempat lain di Indonesia, tapi di kota-kota besar di Indonesia, terutama di sekolah-sekolah yang cukup 'mentereng' (Read: Yang biaya pendidikannya mahal), bisa bahasa Inggris tuh bukan lagi hal yang special. Hal yang...mmm, ya normal. Biasa aja. Bahkan, UN bahasa Inggris jadi terlihat lebih gampang, compared to 3 pelajaran yang lainnya: Matematika, IPA, bahkan Bahasa Indonesia. Hehehe..

Bayangin aja, dari waktu yang disediakan selama 120 menit untuk 50 soal pilihan ganda, murid-murid di sekolah tempat saya mengajar dan juga tempat saya mengawas UNBK tahun ini, paling bisa selesai dalam waktu kurang dari 1 jam. Canggih ya? 

Tapi apapun itu, saya cukup yakin sih kalo ga semua anak SMP di Indonesia secara keseluruhan merasa bahwa bahasa Inggris tu sesuatu yang mudah. Mungkin ada sebagian anak, atau mungkin lebih tepatnya ORANG-ORANG (bukan hanya 'anak-anak') di Indonesia yang masih bermasalah dengan bahasa Inggrisnya. Padahal gimanapun juga, di era sekarang, kita butuh banget loh bahasa Inggris.

Kita dah masuk era persaingan yang ketat. Kemampuan bahasa Inggris HARUS kita miliki. Ya minimal kemampuan bahasa Inggris pasif, lah. Mau kerja, mau bisnis, mau meniti karir profesional apapun, kalau kemampuan bahasa Inggris kita bagus, at least kita punya daya saing yang kuat. 

Kesadaran inilah yang akhirnya saya mendedikasikan di dunia pembelajaran bahasa Inggris. It's simply karena saya ingin membantu lebih banyak orang lagi untuk bisa berbahasa Inggris. Saya membuat blog ini juga dengan tujuan agar bisa menghadirkan solusi atas permasalahan bahasa Inggris yang orang punya. 

Saya bikin group di Facebook (klik DISINI aja kalau mau gabung), yang memang diperuntukkan buat orang-orang yang mau kembangin kemampuan bahasa Inggrisnya. Saya bikin kelas ONLINE berbasis WhatsApp juga yang bisa kamu ikutin tiap 2 minggu sekali.

Saya juga InshaaAllah nggak lama lagi bakal nerbitin buku tutorial bahasa Inggris yang efektif, menarik, dan menyenangkan. Judul bukunya adalah SIMPLE & EASY ENGLISH. Doain semoga lancar ya! Mudah-mudahan segera available di toko-toko buku terdekat ^^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com