Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, May 7, 2017

Dari ke-13 Kesalahan Grammar yang Biasa Terjadi Ini, Kamu Sering Salah di Nomor Berapa?


Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan pertanyaan (well, mungkin lebih tepatnya request) dari salah seorang pembaca setia blog saya - aditriasmara.com - untuk cek grammar di teks pidato bahasa Inggris yang ia sudah buat. Ia membuatnya untuk kepentingan pidato kelulusan SMK. Wah, keren sekaliii!

Jaman saya SMA dulu, boro-boro pidato pakai bahasa Inggris. Tiap ada ulangan bahasa Inggris aja, saya langsung ngumpet! Hehehe..

Tapi itu duluuu. Lain dulu, lain sekarang dong! Sekarang sih kamu nggak perlu meragukan kemampuan bahasa Inggris saya yaa *Ehm-ehm... Sombongnya keterlaluan :p

Anyway, kembali ke topik. Teks yang teman saya kirimkan itu, ide besar terkait konten pidatonya sudah keren. Mantap bet pokoknya! Permasalahannya, masih ada beberapa kesalahan grammar yang dibuat, which is sangat NORMAL.

Ya, saya katakan sekali lagi bahwa kesalahan tata bahasa saat kita sedang dalam proses belajar bahasa Inggris itu sangatlah WAJAR. Bagaikan wajar yang menyingsing! "Itu FAJAR!" Oh iya, maaf!

Di blognya, Grammarly telah mengkategorikan lima bentuk kesalahan tata bahasa yang kerap terjadi. Tapi, berdasarkan pengalaman dan observasi saya bergelut di dunia pendidikan bahasa Inggris, saya harus bilang bahwa ada banyak bentuk kesalahan grammar yang umum dibuat oleh orang Indonesia. 

Nah, agar kamu terhindar dari kesalahan-kesalahan itu, di tulisan ini saya telah membuat daftar 13 kesalahan grammar yang sudah umum dibuat oleh orang Indonesia. Berikut diantaranya: 


1. "Boring" vs "Bored"


Dikisahkan ada salah seorang public figure yang sedang diwawancarai oleh salah satu stasiun swasta di Indonesia. Saat ditanya tentang pendapat dia mengenai gosip yang menimpanya, dengan pede ia berkata...

"Duh, saya tuh BORING banget ya kalau dengar gosip itu. Itu tuh nggak bener banget! Ya intinya, gosipnya basi. Saya BORING."

Teman-teman tahu dong ya makna dari kata "BORING" yang dia maksud di dalam pernyataannya itu apa? Ya, yang dia maksud adalah "Saya itu BOSAN ..."

Sayangnya, dalam tata bahasa Inggris yang benar, BORING justru memiliki arti MEMBOSANKAN, bukan 'bosan'. Berarti kalau dia bilang, "Duh, saya tuh BORING banget.", maka artinya "Saya tuh MEMBOSANKAN banget." Dududu..jadi malah nggak enak yah! Hehehe.. Hati-hati. 

Lalu bagaimana kalau kita ingin mengatakan bahwa kita BOSAN? Kita seharusnya menggunakan kata "BORED"

Contoh kalimatnya: 
"The discussion takes long time to finish. I am BORED." (Saya BOSAN)
"This is a really BORING discussion" (Diskusinya MEMBOSANKAN)

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di salah satu postingan saya di group belajar bahasa Inggris Facebook DISINI.  


2. "Safe" vs "Save"


Me: "Hayooo, kira-kira apa yang membedakan keduanya? Ada yang tahu?" 
You: "Saya tahu kak!"
Me: "Wah, kamu tahu? Hebat sekali! Udah cantik, pinter pula! Apa coba bedanya?"
You: "Kalau SAFE itu, pakai "F". Kalau SAVE itu, pakai "V", kak! Keren 'kan aku?!"
Me: "..." 

Ya kalau itu bedanya sih semua orang juga tahu kali ya -.-" Hehehe.. Perbedaan besarnya, selain dari huruf yang dipakai untuk menyusun kata itu, ya tentu dari MAKNA dan PENGGUNAAN kata pun berbeda. 

Kata SAFE itu artinya adalah AMAN. Satu kata sifat (Adjective) yang menggambarkan situasi dimana nggak ada bahaya sama sekali. Sedangkan kata SAVE mengacu pada arti MENYIMPAN yang berfungsi sebagai kata kerja (Verb).

Contoh kalimatnya:
"I just want to keep my money on that bank. I feel SAFE." (Saya merasa AMAN)
"Thank God I have somebody to SAVE me when I'm critically ill." (MENYELAMATKAN saya)

Paham ya? Kalau saya bilang, "Just wait dan SAVE your heart for me. I can make sure that your heart will be SAFE." betul nggak yah? :D



3. "It Means" vs "Its Mean"  




Nah, ini juga salah satu kesalahan grammar yang sering terjadi. Maksud hati ingin berkata, "Itu berarti" dalam bahasa Inggris, namun kalau nggak berhati-hati, arti kata yang kita gunakan sendiri malah salah. Perhatikan bedanya yah!

Jika yang mau kamu katakan adalah "Itu berarti", maka "It means" adalah bentuk penggunaan yang tepat. Kenapa? Pertama, karena "Its mean" itu memiliki arti "Nilai tengahnya". 

Kata "Mean" dalam "It means" itu berlaku sebagai kata kerja. Sehingga, karena subjeknya adalah bentuk tunggal "It", maka kata kerja tersebut ditambahkan dengan huruf di belakangnya. 

Sedangkan kata "Mean" dalam "Its mean" itu berfungsi sebagai kata benda. Supaya kamu lebih merasa lebih jelas, perhatikan contoh ini:

Example A: "Mr. Josh said that we have to get 75 minimum to pass the exam. IT MEANS that we'll still pass if we only get 75." (Mr. Josh bilang kita harus dapat nilai minimal 75 untuk lulus ujian. Artinya, kita tetap akan lulus jika nilai kita 75.)

Example B: "I'm worried with my score. From for different test, ITS MEAN is only sixty." (Saya khawatir dengan nilai saya. Dari empat tes yang berbeda, nilai tengahnya hanya 60.)


4. "Deadline" vs "Dateline"


Buat kamu pekerja kantoran atau juga pelajar, kamu tentu akrab dengan tenggat waktu yang biasa diberikan oleh atasan atau guru kamu. 

Uniknya, tenggat waktu itu biasanya bikin kita kerja mati-matian untuk menyelesaikan tugas, apalagi kalau sudah masuk H-1 tenggat waktu. 

Wahhh.. Tenaga ekstra, inspirasi tambahan, serta motivasi berlebih tiba-tiba datang menghampiri! :D Hahaha..

Nah, karena bicara masalah 'WAKTU', biasanya kita akan langsung teringat dengan jam atau TANGGAL (DATE). Hal ini lah yang bikin seseorang kadang salah grammar. Dimana salahnya?

Kadang kita menggunakan kata "dateline" untuk merujuk pada tenggat waktu yang tadi kita bicarakan. Seharusnya, kita menggunakan kata "DEADLINE". Lihat deh contohnya pemakaian katanya biar makin paham:

"The DEADLINE is so close. We need to work faster now!" Gimana? Paham dong ya pasti? Kereeeen!


5. "All Ready" vs "Already"


Masbro (MB): "Mana ya mas yang benar? Yang huruf L nya dua atau satu? Yang nulisnya digabung atau dipisah?"

@aditriasmara (AT): "Well, DUA-DUANYA BENAR!"

MB: "Kalau dua-duanya benar, ngapain dimasukkin ke artikel ini? 'Kan lagi bahas tentang kesalahan grammar?"

AT: "Karena, DUA-DUANYA juga bisa SALAH!"

MB: "Maksudnya mas?"

AT: "Maksudnya, konteks penggunaannya harus jelas dan tepat. Kalau ALL READY itu artinya "Semuanya siap". Contoh penggunaannya: "We are ALL READY to leave now." (Kami semua sudah siap untuk pergi sekarang.)

MB: Ohhh gituu... #ManggutManggut Terus, kalau yang ALREADY, mas?

AT: Nah, kalau ALREADY itu artinya "Sudah", mengacu pada sesuatu yang telah kita lakukan. Contohnya: "Jason ALREADY told Mia to bring her umbrella." (Jason sudah bilang ke Mia untuk membawa payungnya.)

MB: Hmmm... I already understand now. :D

AT: Good! ^^


6. "Than" vs "Then"


Yup, bedanya cuma satu huruf kok. Cuma beda "A" sama "E" doang. Tapiii... Kalau nggak hati-hati, kesalahan grammar ini bisa bikin kalimatmu rancu dan sulit dipahami, loh!

Perbedaan keduanya sebenarnya jauh banget, loh. Cuma ya karena seperti yang di awal sudah saya bilang, hanya beda satu huruf saja, kadang orang bingung dengan pemakaiannya. Okay, saya jelaskan yaa. 

THAN itu kita pakai dalam membicarakan PERBANDINGAN. Di sisi lain, THEN itu kita pakai dalam membicarakan WAKTU. Baca ulang sampai paham :D Hayo, baca ulang duluuu. Hehehe..

THAN itu artinya DARIPADA, sedangkan THEN itu artinya LALU (KEMUDIAN). Baca ulang sampai paham :D Hayo, baca ulang duluuu. Hehehe..

Paham, 'kan? Coba kerjakan latihan sederhana ini:
A. First, I listened and THAN / THEN I needed to write.
B. Andy is smarter THAN / THEN Bima.

Kira-kira mana jawaban yang tepat untuk kedua latihan di atas? Yup, bener banget! Jawaban yang tepat untuk A adalah THEN, sedangkan jawaban untuk soal B adalah THAN. You're awesome! ^^


7. "Your" vs "You're"


Kalau kamu bilang "sama-sama" setelah ada orang lain yang berterima kasih dalam bahasa Inggris, kamu bilang apa? YOUR WELCOME atau YOU'RE WELCOME? :D Atau jangan-jangan jawabanmu malah "SAME-SAME" ya? -.-"

Please jangan jawab "same-same" yah! Hehehe.. Jawaban yang tepat adalah YOU'RE WELCOME!

Orang kadang masih salah kaprah dengan penggunaan YOUR vs YOU'RE ini. Sebelum saya jelaskan, coba deh liat perbandingan dua kalimat ini: 

A. "You finish first in that running competition! YOU'RE fast, dude!"
B. "How's YOUR weekend? Was it nice?"

Dari contoh di atas, kita bisa tarik garis kesimpulan. Kata YOU'RE itu merupakan bentuk pendek (contraction) dari YOU ARE. 

Sedangkan, YOUR itu menunjukkan kepemilikan (something belongs to you). Misalnya, YOUR t-shirt, YOUR day, YOUR mom, dan sebagainya.  

Nah, karena sekarang sudah paham bedanya, lain kali kamu harus bisa menghindari kesalahan ini ya! ^^


8. "Affect" vs "Effect"


Perhatikan kalimat ini: 

"What he says really AFFECTS our motivation. I can feel the EFFECT on the pitch! He's obviously a good coach. "

Beberapa orang bingung dalam menggunakan dua kata yang memang pengucapan dan penulisannya mirip ini. Apa kamu juga sering kebingungan dengan dua kata ini? ^^

Well... Sederhananya, ketika kita bicara tentang tindakan untuk MERBUAH (kata kerja), maka kita harus menggunakan kata AFFECT. Tentu arti dari kata ini adalah MENGAKIBATKAN.

Di sisi lain, ketika kita bicara tentang hasil, dampak, atau PERUBAHAN (kata benda) yang terjadi, maka kita harus menggunakan kata EFFECT. Apa artinya? Yup, DAMPAK atau AKIBAT

Selain harus paham artinya, pahami juga cara pengucapannya yaa. Kamu bisa baca tulisan saya tentang Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Pronunciation.

Bisakah kamu menggunakan kedua kata ini dalam dua kalimat yang saling berkaitan seperti yang saya contohkan di atas? Have a try, dude! ^^


9. "i.e." vs "e.g."


Saya nggak mau bohong! Ya, saya harus jujur kalau kadang saya masih bingung - atau lebih tepatnya LUPA - dalam penggunaan kedua kata ini. Mudah-mudahan dengan menuliskannya dan membagikan ilmunya ke kamu, saya nggak lupa lagi! Hehehe..

Dalam artikel-artikel bahasa Inggris, terutama di non-fiksi seperti tips, hasil riset, berita, dan lain sebagainya, kita kerap dipertemukan dengan kata "i.e." dan "e.g.". Saya akan coba jelaskan. 

"i.e." itu bentuk pendek dari kata "id est" yang artinya "in other words" (dengan kata lain) atau "to clarify" (untuk mengklarifikasi). Contohnya, "On my last birthday, I ate my favorite meal, i.e. pizza." 

Sedangkan "e.g" itu bentuk pendek dari kata "exempli gratia" yang artinya "for example" (sebagai contoh). Kamu bisa lihat penggunaannya di dalam contoh kalimat ini: "Last year, I visited some countries in Europe, e.g. England, Italy, Netherland, and Spain." 

Clear ya? Paham ya? Asiiiik! ^^


10. "Separated From" vs "Separated With"


Dalam bahasa Indonesia, kita familiar dengan frasa "terpisah DENGAN", betul? Hati-hati ya! Jangan terjebak. 

Dalam bahasa Inggris, untuk mengacu pada ungkapan yang sama, kita nggak mengucapkan "Separated WITH" - dimana 'with' merupakan terjemahan dari kata 'dengan'. Kita menggunakan ucapan "Separated FROM".

'Separated' dan 'from' ini adalah dua sejoli, sob. Jangan dipisahkan ya. Apalagi diganti pasangannya pakai 'with'. Nanti bisa terjadi prahara rumah tangga! Hehehe..

Eh, tapi serius! Kata 'separated' ini memang pasangannya dalam bahasa Inggris ya 'from', bukan with. Perhatikan contohnya: "Mom, please hold my hand tight. I don't want to be SEPARATED FROM you in this crowd!" (Ma, tolong pegang tanganku dengan erat. Aku nggak mau terpisah darimu di keramaian ini!)

Remember this once again: "Do not ever try to separate the word 'separated' from the word 'from' :p


11. "Different From" vs "Different With"


Hayooo, kalau 'separated' itu pasangannya sama 'from', kalau 'different' pasangannya sama 'from' apa sama 'with' nih? Hayooo, yang benar yang mana? Coba tebak! Hehehe ^^

Buat kamu yang jawab 'Different From', saya ucapkan SELAMAT! Yayyy, selamat karena tebakanmu benar! Buat kamu yang jawab 'Different With', saya juga ucapkan SELAMAT! 

Bukan selamat karena tebakanmu benar, tapi selamat karena kamu BERANI untuk mencoba menjawab! Keberanian itu penting, sob!

Anyway, sama halnya seperti 'separated', 'from' ini juga selalu menempel dengan kata 'different'. Meski, sekali lagi, dalam bahasa Indonesia kita akrab dengan ungkapan 'berbeda dengan', namun ketika kita bicara bahasa Inggris, ungkapan yang tepat adalah "Different from".

Contoh kalimatnya: "The way the American greets people is DIFFERENT FROM the way the Japanese does."

Gimana? Paham ya? Mantappp! Lanjut yukkk! ^^


12. "Married To" vs "Married With"


Buat kamu yang udah ngebet pengen nikah, poin ini penting banget buatmu! Eh, penting buat semuanya sih yang lagi belajar bahasa Inggris! Hehehe..

Yup, ngomongin masalah nikah, hati-hati yah kalau mau mengatakan "Si A menikah dengan si B". Lagi-lagi, kita nggak bisa serta merta menerjemahkan kalimat itu dengan bebas sehingga membentuk kata baru dalam bahasa Inggris, yaitu "Married WITH." 

Kenapa? Karena ungkapan yang benar dalam bahasa Inggris adalah "Married TO", BUKAN "Married With". 

Biar lebih gampang paham, kita lihat contohnya yaa! "Now that Claudia is MARRIED TO Jamie, then they become the most romantic couple of the year!"


13. "Thanks Before"


Betuuuuuuul sekali bahwasannya kita memiliki konsep "Terima kasih sebelumnya" dalam bahasa Indonesia. 

Tapi, bagi orang luar negeri, mereka nggak mengenal konsep itu. Mungkin mereka beranggapan, "Loh, ngapain terima kasih? Saya aja belum nglakuin apa yang kamu mau, kok."

Tapi, unsur dan budaya kesopanan yang ada di negeri kita tercinta ini, tetap membuat kita merasa bahwa wajar untuk terlebih dahulu berterima kasih pada seseorang yang kita mintai bantuannya, terlebih jika kita tahu bahwa orang tersebut akan melakukan apa yang kita mau.


Wajar, yah. Wajar menyingsing. "Woi mas! FAJAR itu!" Oh iya, maaf. Lupa lagi. Hehehe..

Kalaupun memang teman-teman ingin tetap mengucapkan "terima kasih sebelumnya", ya nggak apa-apa. Yang jelas, bahasa Inggris yang tepat BUKAN "Thanks before", TAPI "Thanks in advance." Atau, kamu juga bisa sekedar mengatakan "Thanks." That will be enough, fellas :)

* * * 

Nah, itulah ke-13 kesalahan grammar yang umum dilakukan oleh orang Indonesia. Dari ke-13 kesalahan itu, nomor berapa yang sering menjadi kesalahanmu? ^^

Anyway, untuk melatih pengetahuan grammarmu, tanpa melihat ulang penjelasan, coba kerjakan latihan ini dan tinggalkan jawabanmu di kolom KOMENTAR ya!


1) He's just talking about himself. He's BORED / BORING!
2) I don't want to repeat the same mistake. I need to start SAVING / SAFING money for my future.
3) The test result is disappointing. IT MEANS / ITS MEAN I have to study harder next time. 
4) Well, it's my fault. I just cannot meet the DATELINE / DEADLINE
5) I have ALL READY / ALREADY finished my job. It's time to have a break!  
6) I woke up at six, THAN / THEN drank a glass of milk yesterday.
7) Jamie, can I borrow YOU'RE / YOUR jacket for a moment, please?
8) Does your new study habit AFFECT / EFFECT the result of tests?
9) I truly love ball sports i.e. / e.g. soccer, basketball, and baseball.
10) I'm so sad. I'm just separated FROM / WITH my mom!
11) The climate in Indonesia is different FROM / WITH the one in England. 
12) It's good to know that Yuanita is married WITH / TO Roger.
13) Hi, Jude. Can I borrow one of your novels tomorrow? Thanks BEFORE / IN ADVANCE.  

Gimana? Mudah ya? ^^

So, itu aja yang bisa saya bagikan di artikel ini. Buat kamu yang mau tips-tips serta pengetahuan seputar dunia bahasa Inggris, pantau terus blog aditriasmara.com ya. Kamu juga bisa gabung di group Facebook Belajar Bahasa Inggris untuk mendapatkan info terbaru seputar dunia perkembangan bahasa Inggris. 

Silahkan SHARE artikel ini jika bermanfaat agar keluarga, saudara, dan sahabatmu pun bisa mengambil manfaatnya. Bye for a while, fellas!

6 comments:

  1. Wheheh, itu kan saya yang request. 😅😅 Makasih banyak loh kak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, kak. Semoga menjawab requestnya dengan baik yaa ^^

      Delete
  2. artikelnya sangat membantu, makasih mas adi :D

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com