Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, April 3, 2017

Milikilah Mental Ini Saat Belajar Bahasa Inggris


Tips Belajar Bahasa Inggris | Bagi sebagian orang di Indonesia, bahasa Inggris masih menjadi sosok yang mengerikan. Sosok yang membuat mereka mengurungkan niat untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing. Sosok yang mungkin membuat mereka menggugurkan keinginan untuk studi di luar negeri atau pertukaran pelajar karena penguasaan bahasa yang minim. Duh, nggak banget deh ya.

Di dunia dengan tingkat persaingan super ketat ini memang sangat disayangkan jika ketidakmampuan kita dalam bahasa Inggris menjadi penghambat karir atau studi kita.

Nah, saat berbicara tentang proses belajar bahasa Inggris, banyak orang yang terfokus pada vocabulary, grammar, skor TOEFL, kemampuan speaking, dan lain sebagainya. Nggak salah tentunya. Namun, ada satu hal lain yang juga harus menjadi perhatian setiap pembelajar bahasa Inggris. Apa itu? Ya, SIKAP atau mentalitas belajar.

Dalam artikel ini, saya akan bagikan 5 sikap belajar yang harus kamu miliki saat kamu sedang belajar bahasa Inggris. Here we go!

1. Sadarilah Bahwa Kesalahan adalah Hal yang Wajar

https://sg-dae.kxcdn.com/blog/wp-content/uploads/2015/07/idea-success-failure.jpg

Banyak orang yang terhambat proses belajarnya karena mereka takut membuat kesalahan saat berbahasa Inggris. Baik itu kesalahan yang dibuat secara lisan maupun tertulis. Jika kamu termasuk orang yang takut membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris, sadarilah bahwa kesalahan yang muncul saat proses belajar sangatlah wajar.

Bersahabatlah dengan kesalahan. Mengapa? Karena justru saat kita tahu bahwa kita membuat salah, maka secara otomatis kita juga tahu mana yang benar. Dengan mengetahui mana yang benar, maka kita akan memperbaiki diri sehingga bahasa Inggris kita akan menjadi semakin baik dari hari ke hari.

2. Milikilah Rasa Percaya Diri

 http://i.huffpost.com/gen/1503722/images/o-CONFIDENCE-facebook.jpg

Apapun pekerjaan kamu, di kota manapun kamu tinggal dan dilahirkan, kendaraan apapun yang kamu miliki, jenjang pendidikan apapun yang sudah kamu tuntaskan, percayalah bahwa Tuhan telah menciptakan kamu dalam bentuk dan potensi yang sebaik-baiknya. Percayalah dengan segala potensi yang Tuhan berikan ke dalam dirimu, termasuk potensi untuk mempelajari hal-hal baru seperti bahasa Inggris.

Dengan memiliki perasaan percaya diri yang baik, proses belajar bahasa Inggrismu akan menjadi lebih menyenangkan. Kamu nggak akan mudah menyerah saat menghadapi tantangan belajar yang kamu temui. Kamu juga akan merasa yakin bahwa cepat atau lambat kamu akan bisa menguasai bahasa Inggris.

3. Bersabarlah Menjalani Proses

 https://www.arttoself.com/wp-content/uploads/2015/02/enjoy-the-process-of-transformation.jpg

One thing to keep in mind: Nggak ada sesuatu yang instan. Ya, yakini bahwa semua hal yang ada di dunia ini membutuhkan waktu, apalagi sebuah proses pembelajaran. Kalau kamu berharap untuk bisa bahasa Inggris dalam waktu semalam dengan cara membaca buku-buku pembelajaran bahasa Inggris, maka kamu sedang bermimpi. Menikmati proses belajar menjadi faktor yang penting untuk tetap bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.

Good things take time, right? Ada tahapan proses yang mau nggak mau memang harus kita lalui. Ada proses belajar, proses uji pemahaman, proses latihan, proses evaluasi, dan lain sebagainya. Sekali lagi, suka nggak suka atau mau nggak mau, proses ini harus dilalui. So, daripada harus membenci prosesnya, let's enjoy the ride!

4. Jagalah Pikiran Positif

http://bloximages.newyork1.vip.townnews.com/omaha.com/content/tncms/assets/v3/editorial/7/b7/7b7496b6-d213-5354-9080-c486fedc9919/58648b2417b28.image.jpg?resize=1200%2C779

Kita adalah satu-satunya orang yang bisa mengendalikan pikiran dan emosi yang ada di dalam diri kita. Pikiran akan menentukan sikap dan langkah kita dalam belajar. Namun, permasalahan yang muncul adalah biasanya ada saja pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan negatif yang menggerogoti semangat belajar bahasa Inggris kita.

Misalnya, katakanlah kamu melakukan Tes TOEFL dan nilai yang kamu dapatkan jelek atau nggak sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika kamu berpikiran negatif, maka kamu mungkin akan berpikir "Ah, aku ini memang bodoh. Aku memang nggak pandai bahasa Inggris." Pikiran itu membuat kamu berhenti belajar. 

Sebaliknya, jika kamu berpikiran positif, mungkin kamu akan berpikir, "Aku harus cari dimana kelemahanku dan memperbaikinya. Aku yakin di tes berikutnya nilaiku akan membaik." Pikiran ini akan membuat kamu semakin semangat belajar.

So, tetaplah berpikiran positif dalam keadaan dan situasi apapun saat belajar bahasa Inggris.

5. Janganlah Malu untuk Bertanya

https://cdn.daysoftheyear.com/wp-content/images/international-ask-a-question-day-e1452599846452.jpg

"Malu bertanya sesat di jalan" adalah peribahasa penuh makna yang sangat tepat kita gunakan dalam proses belajar. Mengapa demikian? Ya, karena dalam proses belajar bahasa Inggris, saya yakin bahwa kita akan menemui masalah. Misalnya ada kata yang nggak kita tahu artinya, ada tata bahasa yang masih kita ragu konteks penggunaannya, dan lain sebagainya.

Jika kita malu bertanya pada orang yang lebih tahu, tentu kita akan berkutat pada permasalahan itu dalam waktu yang lama. Kebanyakan orang malu saat harus bertanya karena takut jika mereka dianggap bodoh. Padahal, saya yakin dengan bertanya pada orang yang tepat, kita bisa semakin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita, loh. Milikilah mentor yang tepat. Saya yakin banyak orang-orang di sekitarmu yang siap membantu menjawab pertanyaanmu.

Melalui program #BAHASIN - "Balas di Hari Senin", saya juga selalu meluangkan diri saya untuk menjawab pertanyaan seputar dunia pembelajaran bahasa Inggris. So, buat kamu yang masih menyimpan pertanyaan dalam dirimu, feel free to contact me on twitter or Instagram @aditriasmara ^^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com