Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, April 16, 2017

Buktikan Sendiri! 3 Langkah Ini Bisa Membantu Meningkatkan Kemampuan Pronunciation!

Belajar-Pronunciation

"Can you say that again, please?"

Tips Belajar Bahasa Inggris | Sebagian dari kita mungkin sudah memiliki kemampuan tata bahasa yang baik atau penguasaan vocabulary yang lebih dari cukup untuk melakukan percakapan sehari-hari. Tentu percakapan yang saya maksud disini adalah percakapan bahasa Inggris ya. Hehehe..

Meski demikian, kadang saat kita berbicara dengan orang lain, terlebih lagi kepada seorang native speaker, mereka masih mengalami kesulitan untuk menangkap apa yang ingin kita sampaikan. 

Hal ini bisa terjadi karena mungkin saja kita berbicara dengan terlalu cepat, dengan volume suara yang terlalu rendah, atau dengan pengucapan (pronunciation) yang kurang jelas. Mudahnya, kalau memang kita berbicara terlalu cepat, ya kurangi saya kecepatan kita berbicara. Kemudian, jika memang kita berbicara dengan volume yang terlalu rendah, ya naikkan saya volume suara kita.
Bagaimana dengan PRONUNCIATION kita?

Saat belajar bahasa Inggris, kita nggak bisa begitu saja mengesampingkan pentingnya belajar pronunciation. Dengan pronunciation yang buruk, miskomunikasi sangat mungkin terjadi. Saya nggak sedang menakuti-nakuti kamu, tapi seperti itulah adanya.

Bahkan, ada kata yang penulisannya sama, namun cara pengucapannya - dan tentu saja artinya berbeda. Misalnya, kata "lead" yang bisa diucapkan LED (yang berarti 'timah') dan bisa juga diucapkan LI:D (yang berarti 'memimpin').

http://i.huffpost.com/gen/1555820/images/o-INSPIRATIONAL-LEADER-facebook.jpg

Nah, belajar pronunciation memang bisa jadi salah satu hal yang sangat menantang bagi sebagian dari kita. Sebagian orang beranggapan bahwa mereka nggak punya "lidah Inggris". Mereka mengatakan, "Lidah saya lidah Indonesia, susah kalau suruh ngomong bahasa Inggris dengan pengucapan yang benar." Bahkan sebagian orang yang lain juga merasa mereka memiliki aksen atau logat daerah yang begitu kental seperti Sunda, Jawa, Bali, dan lain sebagainya. 

Nah, tenang saja. Setiap masalah pasti datang dengan solusinya, betul? Hehehe.. Berikut adalah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk Meningkatkan Skill Pronunciation kamu! 

1. Dengar. Dengar. Dengar.

https://edge.alluremedia.com.au/m/g/2015/08/backbeat_sense_2.jpg

Banyak orang yang tanya, "Mas, gimana sih caranya punya pronunciation yang bagus?", "Mas, gimana ya biar aku bisa punya aksen British?", "Mas, gimana ya caranya biar aku lancara casciscus ngomong bahasa Inggris?" SPEAKING menjadi fokus bagi begitu banyak pembelajar bahasa Inggris yang saya temui.

Nggak salah memang, namun kadang mereka lupa akan satu hal. LISTENING adalah "bahan bakar"-nya speaking. Semakin banyak dengar, dengar, dan dengar, perlahan tapi pasti, semakin baik pula speaking kita.

Kaitannya dengan pronunciation, dengan kita mendengar, maka kita akan tahu bagaimana satu kata diucapkan. Selain itu, kita juga tahu bagaimana intonasi yang tepat untuk mengekspresikan sesuatu dalam kondisi yang berbeda, misalnya marah, sedih, kecewa, malu, dan lain sebagainya. 

Ada banyak sumber yang bisa kamu jadikan sumber belajar. Jika kamu suka dengan Podcast (English radio), kamu bisa klik link berikut: PRONUNCIAN dan REALLIFEGLOBAL

Jika kamu lebih suka dengan Audiobook, kamu bisa gunakan CLASSIC AUDIO BOOK atau BBC LEARNING ENGLISH. Agar lebih lengkap lagi, buat kamu yang hobi nonton Video, silahkan mampir ke ENGLISH LANGUAGE CLUB, RACHEL ENGLISH, atau REAL LIFE ENGLISH. Ketiga channel itu juga mengajarkan pronunciation secara detil, loh. Saya benar-benar menyarankan kamu untuk belajar di channel itu. Klik aja! ^^

Intinya semakin banyak kita mendengar, semakin terbiasa juga kita memiliki "Bahan IMITASI". Apa itu bahan imitasi? Keep reading, fellas! Saya akan jelaskan di poin berikutnya.

2. Baca Dengan Keras dan Perlahan


http://i.huffpost.com/gen/1955660/images/o-WOMAN-READING-facebook.jpg

Setelah belajar di channel Youtube yang tadi saya rekomendasikan, maka saya asumsikan bahwa kamu sudah mulai menguasai dasar pronunciation dalam bahasa Inggris. Memiliki dasar pronunciation yang cukup akan sangat membantu kamu dalam cara kedua ini yaitu membaca keras dan perlahan

Mengapa demikian? Ya karena membaca keras dengan pengucapan yang salah akan melatih dirimu untuk terus menggunakan pengucapan yang salah, lagi dan lagi.

Dalam melakukan cara kedua ini, saya sarankan, sediakan waktu yang nggak terlalu lama. Bisa sekitar 5 hingga 15 menit. Jika lebih lama dari itu, kemungkinan kita akan kehilangan fokus dan kembali ke aksen bahasa Indonesia kita. Ingatlah bahwa untuk belajar pronunciation, kita nggak bisa terburu-buru. Lebih baik luangkan waktu yang sedikit tapi optimal dan konsisten dalam melatihnya.

Kenapa harus membaca keras dan perlahan? Membaca keras tentu membuat kita menghasilkan suara yang sesungguhnya, dimana ini menjadi tujuan inti dari melatih pronunciation. Sedangkan, membaca dengan perlahan akan membuat kita lebih rileks dan konsentrasi untuk mengeluarkan sound (suara) yang benar. 

Selain itu, membaca perlahan juga akan memberi kita sedikit waktu untuk mengatur nafas saat membaca dan berpikir tentang kata selanjutnya yang akan kita ucapkan.


3. Gunakan Teknik "Imitation & Shadowing"



Dalam cara pertama untuk Mengembangkan Kemampuan Pronunciation ini, kita fokus pada "sumber daya" yang tersedia secara online untuk bahan listening. Sedangkan, di cara kedua, kita fokus pada membaca. Nah, di cara yang ketiga ini kita fokus pada teknik pengembangan.

Seperti yang bisa kamu lihat, ada dua teknik yang ingin saya bagikan dalam artikel ini. Saya nggak asal mengambil teori dari buku atau sumber lainnya, tapi ini adalah teknik yang sudah dan masih saya praktikkan hingga saat ini. Kedua teknik itu adalah Imitation dan Shadowing. Kita bahas satu per satu.

Seperti namanya, kata IMITATION berarti tiruan. Kata ini berasal dari kata IMITATE yang artinya meniru. Apa yang ditiru dan meniru siapa? Sederhananya, ini yang saya lakukan, carilah video yang ada di Youtube dimana ada seorang native speaker yang sedang  berbicara, baik dalam format vlog ataupun tutorial. Coba munculkan subtitle bahasa Inggrisnya. Sampai sini paham ya? Ok, lanjut.

Coba PAUSE video tersebut saat orang yang ada dalam video itu selesai mengucapkan satu kalimat. Jika sudah, IMITATE! Ya, tirukanlah apa yang orang itu katakan dengan mengusahakan pengucapan yang semirip mungkin. Jika sudah, klik PLAY lagi, kemudian PAUSE lagi setelah satu kalimat, IMITATE lagi. Play - Pause - Imitate - Play - Pause - Imitate - Play - Pause - Imitate - dan seterusnya. Mudah, 'kan?

Selanjutnya adalah SHADOWING, yang berasal dari kata SHADOW yang berarti bayangan. Berbeda dengan teknik Imitation dimana kamu memiliki waktu yang sedikit lebih longgar untuk menirukan apa yang diucapkan oleh seorang native speaker, dalam teknik Shadowing, waktu yang kamu miliki lebih sedikit.

Dalam teknik ini, kamu benar-benar menjadi "bayangan" orang tersebut. Saat orang yang ada di dalam video itu berbicara, silahkan tirukan apa yang ia katakan tanpa menekan tombol pause. Biar nggak kesulitan, cari native speakers yang bicara dengan pronunciation yang jelas dan speed yang nggak terlalu cepat. Jangan lupa juga munculkan English subtitle yang ada di dalam video itu. 

Cobalah dua teknik ini dan rasakan perkembangan pronunciationmu! ^^


* * * 

Nah, itulah 3 Cara Mengembangkan Kemampuan Pronunciation yang bisa kamu coba sekarang juga. Selain mengaplikasikan ketiga cara di atas, saya juga menyarankan kamu untuk merekam sendiri suara kamu saat berbicara bahasa Inggris, terutama saat kamu melakukan teknik Imitation. Bandingkan suara kamu dengan suara native speaker yang kamu jadikan role model.

https://res.cloudinary.com/verbling/image/upload/v1442610130/bigstock-Women-and-man-speaking-English-83597204_wz1rfp.jpg

PRONUNCIATION kamu tentu tidak akan berkembang hanya dengan membaca artikel ini sampai habis. Semua yang kamu baca dan ketahui lewat tulisan ini akan sia-sia dan takkan membawa perubahan apapun hingga kamu melakukan ACTION atau praktik. Gabungkan apa yang kamu tahu dengan kemauan untuk melakukan action: PRONUNCI-ACTION!

Dengan mempraktikkan apa yang saya tuliskan di atas, saya yakin perlahan tapi pasti kemampuan pronunciationmu akan berkembang.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu juga boleh SHARE artikel ini kepada keluarga, teman, atau kerabat yang membutuhkan. Kamu juga bisa membaca artikel-artikel favorit pembaca yang ada di blog saya, aditriasmara.com, seperti artikel tentang Bagaimana Caranya Berpikir dalam Bahasa Inggris, Tips Meningkatkan Penguasaan Vocabulary, Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu, dan masih banyak yang lainnya!

So, are you ready to have PRONUNCI-ACTION? ^^


0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com