Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, March 3, 2017

Dari 6 Strategi Dalam READING ini, Mana yang Paling Kamu Suka?

Tips Belajar Bahasa Inggris | Hallo, sahabat pembaca sekalian! Terima kasih telah berkunjung ke aditriasmara.com ^.^

Anyway, hari ini - Jumat, 3 Maret 2017, pukul 19.30 hingga 21.30 WIB - saya sedang melaksanakan #FUNELLA - Funtastic English Class dengan tema: "Having a Fun English Learning through Reading". Bagi yang belum tahu, #FUNELLA adalah kelas belajar bahasa Inggris online berbasis WhatsApp yang saya adakan dua minggu sekali. Kelas ini merupakan bagian dari 3 Program Belajar Bahasa Inggris yang saya desain di tahun 2017. 

Dengan membahas materi utama tentang Cara Asyik Membaca Artikel Bahasa Inggris, saya ingin juga menambahkan satu bahasan menarik tentang Reading. Pembahasan apa itu? Ya, dari judul artikel ini tentu kamu tahu bahwa saya akan membagikan 6 STRATEGI DALAM READING. Keenam strategi itu diantaranya: PREDICT, VISUALIZE, CONNECT, QUESTION, CLARIFY, dan EVALUATE.

Bagi saya, ke-6 strategi ini, selain bisa menambah pemahaman saya tentang bahan bacaan yang sedang saya baca, mereka juga bisa menghadirkan perasaan senang a.k.a HAPPY dalam diri saya. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan ke-6 Strategi Dalam Reading tersebut, simak kuy penjelasannya:

Pertama, adalah PREDICT. Sesuai dengan namanya, strategi ini meminta kita untuk berhenti dalam satu titik di bacaan kita untuk kemudian membuat PREDIKSI tentang apa yang akan terjadi dalam cerita, pesan, paragraf, atau bacaan berikutnya. Pada strategi ini, biasanya saya muncul dengan pikiran: "This text is going to tell about ...", "I bet this will be about ...", atau "I believe that the next part will be like ..."

Keberadaan judul, subjudul, dan ilustrasi atau gambar juga bisa membantu kita memprediksi teks yang sedang kita baca. Kalau sedang menggunakan strategi ini, rasanya saya sedang menjadi seorang DETEKTIF! Hehehe...

Strategi kedua adalah VISUALIZE atau membayangkan. Pada dasarnya, di strategi yang satu ini, kita membuat gambaran dalam imajinasi kita tentang kejadian yang sedang terjadi dalam teks. Selain itu, bisa juga kita membayangkan orang, benda, atau tempat yang sedang digambarkan dalam teks, dan lain sebagainya. 

Saat kamu menggunakan strategi ini, coba tanyakan pada dirimu sendiri: "When I close my eyes, what can I see?" atau "What can I imagine now?" Cobalah berhenti membaca sejenak dan visualisasikan bahan bacaan kamu dengan sejelas-jelasnya. Asyik loh bermain dengan imajinasi kita sendiri dengan bahan bacaan yang sedang kita baca!

Ketiga adalah CONNECT. Dengan menghubungkan apa yang kita baca ke dalam kehidupan kita sehari-hari, proses membaca menjadi lebih bermakna. Strategi ini membuat kita mengingat kembali hal-hal yang pernah kita alami, pernah kita lihat, baca, atau dengar sebelumnya. 

Saya biasanya hadir dengan pertanyaan "The text reminds me of ..." atau "What I am reading now is very similar to ..." Koneksi ini membuat saya sadar bahwa apa yang saya baca terhubung langsung dengan kehidupan saya dan pastinya membawa manfaat. 

http://wallpaper.pickywallpapers.com/2560x1440/girl-reading-book-in-hammock-wallpaper.jpg

Strategi keempat adalah QUESTION. Saat membaca, cobalah bikin otak kita menjadi aktif dengan cara mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang bahan bacaan yang kita miliki. Dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, sebenarnya kita mengajak diri kita untuk belajar lebih jauh dan untuk tahu lebih banyak. 

Misalnya, saat membaca, cobalah tanyakan pada diri kita sendiri: "What does this phrase mean?", "Why is this text important for me?", "Why am I reading this?", dan lain sebagainya. Memang sih terasa agak aneh ketika harus tanya jawab sendiri, tapi dengan ini (sekali lagi saya sampaikan) justru kita belajar dengan lebih banyak lagi. Bermanfaat, dude!

Yang kelima adalah CLARIFY. Nah, di strategi pertama (PREDICT), kita 'kan sudah mencoba menjadi seorang detektif dengan cara menebak-nebak tuh. Nah, di strategi ini, kita mencoba untuk mengklarifikasi apa yang sudah kita tebak. Kita menggali informasi di dalam teks untuk mencari kebenaran dari apa yang sudah tadi kita tebak dan mungkin bayangkan. 

Pada strategi ini, di benak saya biasanya muncul pertanyaan: "Is it true that ...", "How can I clarify my prediction?", atau "Why isn't what I guess true?". Terkadang, saat saya menemukan fakta yang berseberangan dengan apa yang sudah saya tebak, saya tertawa kecil dan berkata "Wah, sotoy juga gue nih ..." di dalam hati. Tapi saat prediksi kita bisa diklarifikasi dengan konten yang ada dalam teks yang kita miliki, happy juga kok rasanya! Hehehe... Anyway, di strategi ke-5 ini, kita juga bisa membuat ringkasan tentang apa yang kita baca, loh.

Nah, strategi yang terakhir adalah EVALUATE. Ya tepat sekali. Kita harus melakukan evaluasi terhadap keseluruhan teks yang kita baca. Kita cek apakah kita benar-benar memahami secara keseluruhan teks yang sedang kita baca. Berikan juga OPINI personalmu terhadap apa yang kamu baca. 

"Ah, now I understand. So ...", "I love the writer tells me about ... It makes me know that ...", "The part about ... is really easy to understand. The information is so helpful!" Inilah yang biasanya saya katakan seusai membaca. Saya mengevaluasi, menyimpulkan, dan juga memberi opini. 

http://www.zastavki.com/pictures/originals/2015/People_A_guy_and_a_girl_reading_a_book_097599_.jpg

So, itulah 6 Strategi Dalam Reading yang ingin saya bagikan dalam artikel ini. Bagaimana menurut kamu? Kapan kira-kira kamu akan menerapkan ke-6 strategi ini? ^.^

Saya tantang kamu untuk mengaplikasikan 6 strategi ini saat kamu membaca. Setelah mempraktikkannya, silahkan bagikan pengalaman kamu di kolom KOMENTAR pada artikel ini, tag saya di social media saya di twitter dan Instagram @aditriasmara. Kamu juga bisa membagikan pengalamanmu itu di group Facebook khusus belajar bahasa Inggris DISINI

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan SHARE yaa. Sharing is caring! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com