Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, February 5, 2017

LENGKAP! 7 Tips Ini Akan Membantumu Meningkatkan Vocabulary


Betul bahwa tulisan ini saya buat berdasarkan sebuah keresahan yang saya miliki. Keresahan saya adalah banyak orang yang mengaku pada saya bahwa ketika mereka menyimak orang lain berbicara bahasa Inggris, mereka paham apa yang disampaikan orang tersebut. Tapi, masalahnya adalah mereka selalu kesulitan untuk merespon, dalam bahasa Inggris tentunya, apa yang diucapkan oleh lawan bicara mereka.

Saya harus katakan bahwa ini merupakan permasalahan yang sangat umum yang dialami oleh para pembelajar bahasa Inggris. Dulu saya pun sempat mengalami problema yang sama dengan mereka. Untungnya sih, saat kuliah dulu, saya menemukan sumber permasalahan dan juga solusi dari masalah itu dengan cepat. Sialnya, saat itu saya belum juga menemukan tambatan hati. Hiks... *) Duh maaf, jadi ngelantur nostalgia Hahaha!

Anyway, selidik punya selidik, salah satu hal yang memunculkan permasalahan dimana kita nggak bisa merespon orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris meski kita tahu apa yang ia maksud adalah VOCABULARY MASTERY. Ya, penguasaan vocabulary. Kita tahu apa yang akan kita ucapkan, kita tahu apa yang sedang kita pikirkan, tapi untuk memproduksi kalimat-kalimat berbahasa Inggris rasanya sulit sekali. Karena apa? Karena kita nggak menguasai English vocabulary dengan baik.

http://i.huffpost.com/gen/1235570/images/o-WOMAN-SPEAKING-facebook.jpg

Sebelum membahas tentang bagaimana caranya mengembangkan vocabulary mastery kita, ada baiknya kita membicarakan dulu apa itu 'vocabulary'. Nah, secara spontan, apa sih terlintas di benak kamu ketika kamu mendengar kata VOCABULARY? 

Beberapa dari kamu mungkin akan menjawab 'Kosakata', 'Kamus', 'Penting', dan masih banyak yang lainnya. Nggak salah, kok. Nggak salah sama sekali. Betul. Vocabulary memang sering kita asosiasikan dengan kosakata, kamus, dan juga perannya yang sangat krusial a.k.a. penting. 

"Vocabulary is all about words - the words in a language or a special set of words you are trying to learn." (Vocabulary.com). Ya, pengertian vocabulary sudah meluas: Ketika bicara vocabulary, kita nggak hanya bicara tentang KATA, namun juga FRASA. Yang saya maksud KATA disini adalah seperti misalnya 'DOLL', 'WORK', 'COMPUTER', dan lain sebagainya. Sedangkan, contoh dari FRASA adalah 'GOOD MORNING', 'NICE TO MEET YOU', 'THANK YOU VERY MUCH', dan masih banyak lainnya. 

So, sampai titik ini saya harap kita semua memiliki kesamaan pemahaman tentang kata VOCABULARY itu sendiri. Nah, setelah mengetahui apa itu vocabulary, sekarang coba kamu jawab juga secara spontan: "Mengapa vocabulary itu penting?" 

Jawabannya mungkin sangat beragam jika saya jabarkan disini. Namun, saya ingin menekankan satu hal atau mungkin satu pernyataan lebih tepatnya, dari seorang ahli bahasa dari Inggris - David Wilkins: "While without grammar little can be conveyed, without vocabulary NOTHING can be conveyed."  Dalam bahasa Indonesia, kalimat ini kurang lebih memiliki arti: "Tanpa grammar, hanya sedikit yang bisa disampaikan. Sedangkan tanpa vocabulary, tak ada apapun yang bisa disampaikan." Tanpa penjelasan yang panjang lebar, tentu kita semua paham tentang apa yang disampaikan oleh Mr. David :)

http://i.huffpost.com/gen/1710167/images/o-TOURISTS-facebook.jpg

Selain itu, bukan satu pemandangan yang aneh juga pastinya saat kita melihat orang-orang asing yang datang ke Indonesia, Bali misalnya, membawa KAMUS saat sedang jalan-jalan, bukan membawa buku grammar. Begitu juga dengan kita yang mungkin sedang jalan-jalan ke London (Aamiin...), kemungkinan besar, kita akan membawa KAMUS, yang berisi tentang daftar, definisi, serta fungsi kata dan penggunaannya dalam kalimat, bukan membawa buku grammar - apalagi membawa buku gambar! Hehehe..

Itulah seberapa pentingnya vocabulary untuk para pembelajar bahasa. 

Sekarang, setelah mengetahui definisi serta esensi atau pentingnya vocabulary, kita masuk ke bagian inti yaitu BAGAIMANA sih caranya meningkatkan VOCABULARY MASTERY LEVEL kita? Tanpa berlama-lama lagi, ini dia jawabannya!

1. PERBANYAK BACA

http://i.huffpost.com/gen/1868218/images/o-WOMAN-MAGAZINE-facebook.jpg
Aturan pertama: Baca. Aturan kedua: Baca. Aturan ketiga: Baca. Aturan keempa... Eh, eh, sabar, jangan emosi dulu. Hehehe.. Ya, baca, baca, dan baca. Membiasakan diri dengan membaca secara nggak langsung akan memperkaya penguasaan vocabulary kita. Coba luangkan waktu, MINIMAL 15 menit. Baca artikel apapun yang KAMU SUKA. Kenapa harus yang kita suka? Karena dengan membaca yang kita suka, biasanya kita akan menikmati proses membaca itu sendiri sehingga nggak terasa terbebani. Jika kamu terlalu sibuk untuk belajar bahasa Inggris melalui membaca, silahkan baca artikel saya tentang Belajar Bahasa Inggris Saat Sibuk.

Baca sumber-sumber online yang bersebaran di internet atau dari buku, koran, dan majalah fisik yang bisa kamu beli di toko-toko terdekat. Saat kamu membaca dan menemukan kata-kata yang nggak kamu tahu artinya, nggak usah terlalu sibuk memusingkannya terlebih dahulu. Lingkari saja kata itu, teruskan membaca sampai selesai. Setelah selesai, coba kembali ke vocabulary yang kamu beri tanda dan coba tebak artinya. Lihat dari konteks kalimat. Lihat dari vocabulary yang ada di sekitarnya. 

Setelah kamu menebak arti dari kata yang kamu lingkari itu, coba cek kebenarannya di kamus yang kamu miliki, baik kamus fisik berbentuk buku ataupun kamus online. Sebelum kamu protes tentang penggunaan kamus, silahkan baca dulu poin kedua ^^

2. BERSAHABATLAH DENGAN KAMUS

http://primer.com.ph/blog/wp-content/uploads/sites/14/2016/09/Oxford-English-Dictionary.jpg
Kamus?! Are you kidding me? NO, I am not :)))) Bagi kamu yang belum membaca artikel saya tentang Keuntungan Belajar Menggunakan Kamus lebih baik kamu membacanya terlebih dahulu.

Banyak orang yang malas membuka kamusnya karena mereka ingin sesuatu yang instan. Mereka selalu ingin serba cepat dalam hal apapun, termasuk dalam mengerti arti dari vocabulary yang ada di hadapannya. Kamus adalah salah satu media yang paling signifikan dalam membantu kita menambah penguasaan vocabulary.

Yang saya maksud dengan kamus disini tentu saja bukan saja kamus fisik berbentuk buku yang cenderung tebal dan mungkin berat bagi sebagian orang jika harus dibawa kemana-mana. Kamus yang saya maksud dalam tulisan ini juga termasuk kamus onlne dalam bentuk website, juga kamus offline dalam bentuk aplikasi. Dengan kamus, kita bisa mengerti arti dan fungsi dari satu kata, mengerti bagaimana cara membacanya, juga contoh penggunaan suatu kata dalam sebuah kalimat kontekstual.

3. MILIKI SATU BUAH JURNAL VOCABULARY

http://joberr.hugotheme.com/wp-content/uploads/2014/11/a_4x-horizontal.jpg
Setelah mencari arti dan fungsi suatu kata, mengetahui cara baca, dan juga contoh peggunaannya dalam konteks kalimat, catatlah dalam sebuah buku. Ya, sediakanlah buku jurnal khusus yang memang kamu sediakan untuk pengembangan vocabulary kamu.

Dalam buku tersebut, tentu saja sara sarankan kamu untuk setidaknya menuliskan 4 hal di dalamnya untuk setiap vocabulary baru yang kamu temukan. Keempat kata itu masing-masing adalah: 1) Vocab yang dimaksud, 2) Arti dalam bahasa Indonesia, 3) Sinonim dalam bahasa Inggris, dan yang terakhir, 4) Contohh penggunaan kata tersebut dalam kalimat.

Berikut adalah contohnya:
1.) Vocabulary: Huge / Meaning: Sangat besar / Synonym: Very large, Massive / Sample in a Sentence: "I think John has to make HUGE investmement in that company."

Tuliskan hal yang sama untuk vocabulary nomor 2, 3, 4, dan seterusnya. Dengan menuliskan hal ini dalam satu buku jurnal khusus, maka pemahaman kamu terhadap vocabulary yang baru saja kamu ketahui akan bersifat utuh. Kamu nggak hanya tahu artinya, namun juga mengetahui padanan kata atau sinonimnya serta bagaimana menggunakannya dalam sebuah kalimat. Anyway, untuk mencari sinonim dari vocabulary yang kamu miliki, kamu bisa mencarinya di thesaurus.com.

4. IT'S WOTD TIME!

https://www.britecap.com/img/contactPic.jpg
Apa itu WOTD? Yes, WORD OF THE DAY! Untuk meningkatkan Vocabulary Mastery Level kamu, saya sarankan kamu membuat komitmen untuk setidaknya belajar satu vocabulary baru dalam bahasa Inggris. Saya harus menggarisbawahi kata KOMITMEN.

Komitmen berarti kamu bersungguh-sungguh melakukannya tanpa mencoba mencari-cari alasan pembenaran kenapa kamu nggak melakukan suatu hal, dalam hal ini belajar satu vocabulary baru. Komitmen ini telah dan juga MASIH saya lakukan hingga saat ini. Saya selalu meluangkan waktu untuk belajar minimal satu vocabulary baru.

Darimana saya mendapatkan vocabulary baru? Dari membaca artikel, menonton video dari YouTube, dan juga berlangganan dari website yang menyediakan fitur WOTD seperti misalnya www.dictionary.com atau www.wordcentral.com. Atau, kamu juga bisa membentuk kelompok belajar bahasa Inggris yang sama-sama berkomitmen untuk memperkaya vocabulary anggotanya dengan berbagi kosakata baru yang masing-masing anggota sudah pelajari. Hal ini juga yang saya lakukan dengan para Glivatans, anggota #GLIVATAS - "Private English Class" yang saya miliki di WhatsApp group. Bagaimana? Berani mencoba langkah ini? Ya HARUS BERANI! Hehehe ^.^

5. GUNAKAN VOCAB BARU

http://i.huffpost.com/gen/1677126/images/o-MAN-AND-WOMAN-TALKING-facebook.jpg
Vocabulary. Sesering apapun kita menghapalkannya, serajin apapun kita menambah dan menambah dan menambah juga perbendaharaan kata dan frasa kita, kalau kita nggak menggunakan semuanya, maka semua akan PER.CU.MA alias SIA SIA.

Bahasa dan segala unsurnya itu harus digunakan, bukan hanya dikumpulkan atau dihapalkan. Semakin sering kita menggunakan vocabulary yang kita miliki, maka semakin mudah bagi kita untuk menggunakannya saat kita membutuhkan.

Jika mendapatkan vocabulary baru, cobalah untuk menggunakannya paling nggak tiga kali dalam kurun waktu satu minggu. Coba gunakan dalam bentuk lisan dan tulisan. Misalnya dalam melakukan self-talk atau monolog, atau juga yang lebih sederhana lagi yaitu menggunakan vocabulary tersebut dalam sebuah kalimat yang kamu gunakan untuk memperbaharui status Facebook atau LINE kamu, atau untuk nge-tweet dan menjadikannya caption di Instagram. Jika kamu melakukannya di twitter atau Instagram, kamu bisa tag saya di @aditriasmara. Sekali lagi, inti dari semua proses pengayaan vocabulary adalah PRAKTIK.

6. SIMAK PROGRAM RADIO / TV

 http://az616578.vo.msecnd.net/files/2016/07/20/636046422296662486-2028600070_TV1.jpg
Ya, mendengarkan radio berbahasa Inggris seperti misalnya BBC atau VOA juga membuka kesempatan yang luas pada diri kita untuk menambah dan memperluas vocabulary kita. Selain itu, TV Program atau video yang ada di YouTube juga memungkinkan kita dalam mendapatkan efek yang sama: Menambah perbendaharaan vocabulary. Saya masih ingat dulu saya cukup senang menonton sitkom F.R.I.E.N.D.S Hehehe.. Apa kamu juga pernah menontonnya?

Saat ini mungkin kamu bertanya-tanya atau mungkin protes kepada saya, "Aduh, mas. Listening saya tuh nggak karu-karuan alias jelek banget. Gimana bisa?" 

Justru, dengan semakin berlatih, semakin sering menggunakan telinga kita untuk menyimak radio, tv program atau bahkan film, maka kemampuan listening kita perlahan tapi pasti juga akan meningkat. Dengan meningatknya kemampuan listening, maka terbuka juga kesempatan untuk menambah kosakata baru yang kita dapatkan dari program-program yang sudah saya sebutkan tadi. Coba sekali-kali mampir ke learnenglish.britishcouncil.org. Disitu ada kolom LISTEN AND WATCH yang saya biasa gunakan untuk mendapatkan kosakata baru sekaligus meningkatkan kemampuan listening saya. Have a try, mates!

7. BERMAINLAH!

http://i.huffpost.com/gen/1947396/images/o-SCRABBLE-facebook.jpg
Betul. Kamu nggak sedang salah baca. Subjudul ini memang bertuliskan "BERMAINLAH". Bermainlah permainan-permainan kosakata yang selain mempertajam dan mengembangkan perbendaharaan vocabulary yang kamu miliki, juga mendatangkan perasaan bahagia a.k.a FUN dalam prosesmu belajar.

Ada banyak sekali permainan yang berkaitan dengan usaha kita meningkatkan Vocabulary Mastery Level yang kita miliki. Saya membagikan beberapa permainan kosakata yang menarik dan aplikatif dalam #FUNELLA - Funtastic English Class Eps. 3: "Effective Ways to Improve Your Vocabulary". Bagi kamu yang belum tahu apa itu program #FUNELLA, kamu bisa mencaritahunya DISINI.

Saya juga akan membagikan daftar permainan bahasa Inggris untuk mengembangkan vocabulary kamu via blog di artikel-artikel yang akan datang. So, agar kamu nggak ketinggalan info, tips, serta pengetahuan bahasa Inggris lainnya, bookmark aditriasmara.com atau bergabung dalam Facebook Group Belajar Bahasa Inggris yang saya kelola.

* * *

Nah, itulah yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Ada banyak bahasan yang mudah-mudahan membawa manfaat bagi kamu yang membaca tulisan ini. Semoga bahasan mengenai apa itu vocabulary, mengapa ia begitu penting dalam proses belajar bahasa, hingga 7 langkah yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan perbendaharaan vocabulary kita membawa perubahan yang positif dalam diri kamu.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang apa yang dibahas dalam artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyan kamu di kolom COMMENT di bawah ini. Saya akan membalas pertanyaan kamu secepatnya. SHARE jika informasi yang ada di dalam artikel ini bermanfaat untukmu ^.^

11 comments:

  1. Ka, gimana caranya agar percaya diri ketika berbicara bahasa inggris? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Omarwati!

      Bagi saya, intinya adalah PEMBIASAAN. Kalau kita sudah biasa merespon orang dengan bahasa Inggris, menanggapi orang dengan bahasa Inggris, kita akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dengan sendirinya.

      Everything is hard, BUT ONLY AT THE BEGINNING.

      Semua memang susah, tapi kalau nggak mulai, kalau nggak mencoba, kita nggak akan tahu. Setelah itu, yakinkan diri juga bahwa kita manusia normal yang sedang belajar, yang pasti memiliki kemungkinan untuk membuat kesalahan. Normal sekali jika kita membuat kesalahan, nggak usah takut.

      Asalkan kita mau belajar dari kesalahan, maka yakinlah, percaya dirilah bahwa cepat atau lambat kemampuan bahasa Inggris kita akan membaik.

      Saran saya, biasakan diri, biasakan diri, biasakan diri. Kalau sudah biasa, terus belajar dari kesalahan, lama kelamaan akan percaya diri kok. Semoga membantu! ^.^

      Delete
  2. Mau bertanya, bagaimana supaya kita terus komitmen Dan menjalankan setiap tips tips yang telah kaka berikan?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, YAKINKAN diri dulu bahwa tips-tips belajar bahasa Inggris apapun yang sudah kamu ketahui, termasuk tips dari saya, hanyalah sebuah MEDIA yang menjembatani USAHAMU sendiri dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.

      Namanya juga MEDIA, kalau dimanfaatkan dengan optimal ya baik, kalau nggak dimanfaatkan ya akan sia-sia.

      Setelah sudah yakin bahwa kamu benar-benar mau mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dan MENCOBA tips-tips yang sudah amu ketahui, coba terapin REWARD and PUNISHMENT system.

      Buat komitmen diri untuk benar-benar melakukan apa yang sudah direncanakan, dalam hal ini mengasah kemampuan listening dan speaking. Tentuin aja sendiri jenis punishment apa yang bakal kamu pakai kalau kamu melanggar komitmenmu itu. Sama halnya dengan reward apa yang akan kamu kasih ke dirimu kalau kamu memang komitmen.

      Kalau terkait percaya diri, tadi sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya yaa ^.^ Semoga membantu!

      Delete
  3. Thank you kak sudah membagikan tips dan triknya untuk mengeksplore dan menghafal vocab dengan cara yang sangat menyenangkan, dan banyak tips tips yang lainnya juga di blog yang membuat saya terinspirasi untuk terus belajar .. dan saya sangat menunggu episode episode #funnela berikutnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Bambang,

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya dan pastinya menjadi salah satu member #FUNELLA. Tetap semangat belajar dan sampai jumpa di artikel dan kelas berikutnya! ^.^

      Delete
  4. Dalam episode ke 3 #FLUNELLA menyediakan pembahasan tentang bagaimana meningkatkan penguasaan kosakata (vocabulary mastery). Tips-tips yang disampaikan sangat membantu learner bahasa inggris.

    Saya sebelumnya sudah menerapkan tips-tips penguasaan vocabulary seperti perbanyak membaca artikel berbahasa inggris, bersahabat dengan kamus, memiliki Buku khusus untuk vocabulary baru, WOTD (saya memiliki 2-4 apps vocabulary), menggunakan vocabulary baru tersebut, nonton dari TV (saya memenyimak TV NHK World, dan lainnya), dan bermain game vocabulary.

    Tapi, dalam menjalankan tips-tips itu ada satu hal dimana saya merasa tidak ada perubahan apapun setelah menerapkannya. Hal itu adalah KONSISTENSI dan PEMBIASAAN, hal inilah yang menjadi penyebab kemampuan vocab tidak berkembang. Karena tanpa 2 hal tersebut menggunakan metode apapun tidak akan berhasil.

    Wordchain; game yang saya suka untuk melatih sejauhmana penguasaan vocab. That's it pengalaman saya.

    Semoga terpilih menjadi member GLIVATAS nya kak Adi. Thanks in advance.

    Nama : Joni Baron
    Fb : https://www.facebook.com/djowny

    ReplyDelete
  5. bisa ikut funela 3 kemarin jadi nambah lagi kesadaranku. akhirnya skrg ada semangat buat nambah kosakata baru setiap hari.
    pertama aku mulai lagi dengerin lagu2 barat, bukan sekedar denger aja sih, tapi mulai coba cari tau arti dan makna lagunya.hehe
    kedua, aku download aplikasi kamus. jdi ketika pa diluar rumah tiba2 nemu atau denger kata asing, bisa langsung cek di kamus, lumayan bermanfaat bgt.hehe
    yg ketiga nih, walau agak aneh sebenernya. dulu kalo ada temen update status di Medsos pake bhsa inggris, males bgt mau baca, buang2 waktu pikirku. tapi skrg, tiap ada temen yg update pake bahasa inggris, aku baca betul2, aku cermati kata2nya, dan cari tau artinya.
    pokoknya setelah ikut funela 2 kali, bikin aku semangat lagi belajarnya. gara2 blm ada waktu buallt les, aku lebih milih ikutin saran2 dari Mas Dimas.
    terimakasih Mas Dimas, karena sudah diijinkan ikut kelas funelanya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik sekali pengalamannya. Terima kasih juga telah berbagi dengan saya dan juga pembaca blog lainnya. Tetap semangat belajar, Mba Lidia. Sampai jumpa di kelas-kelas #FUNELLA mendatang! ^.^

      Delete
  6. Selamat malam Ka
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah berbagi ilmunya saat Funella episode 5 hari Senin lusa.
    Semenjak dari materi hari senin, esoknya saya langsung mengaplikasikan salah satu cara yg sudah ka Adi share.
    Salah satunya adalah saya menonton film hollywood dengan tidak memakai translate, subtitle nya saya rubah menjadi bahasa inggris lagi, jadi saya tau aktor/aktris nya bilang apa, saya berkorban jalan cerita film nya demi bisa cepet nangkep bahasa Inggris dan speed videonya saya buat slow. Dari situ saya bisa menambah kosakata/ frasa2 lain yg belum saya tau dan langsung sy catat dan aplikasikan.

    Dan saya juga langsung mengikuti akun ig artis hollywood, dan i prefer to Jennifer Bachdim. She has a unique aksen dan jelas untuk dipahami.
    Setelah itu sy mencoba mengulang2 untuk conversation bersama teman dgn menggunakan phrasa2 yg sudah saya dapat.
    Semoga cara ini bisa komitmen dan bisa improve vocabularies dan speaking saya.

    Karena dari materi yg saya dapat dari Ka Adi adalah satu "PRACTICE!"
    Walaupun banyak kosakata yg sudah kita terima kalau tidak diamalkan/latih tidak akan bisa berkembang, its NOTHING!
    And the important one is commitment!
    Ditunggu untuk episode2 selanjutnya Ka Adi! Keep touch
    Be Spirit!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, kak Ikechan!

      Terima kasih sudah membaca artikel ini dan berbagi pengalaman serta refleksinya dalam blog ini. Tetap semangat belajar dan sampai jumpa di kelas #FUNELLA berikutnya yaa! ^.^

      Delete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com