Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, February 27, 2017

Bagaimana Menggunakan WILL dan BE GOING TO

Hallo, teman-teman pembaca sekalian! Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan baik selalu yaa!

Anyway, sekarang sudah hari Senin dan saya kembali dengan salah satu Program Bahasa Inggris yang saya desain di tahun 2017, yaitu #BAHASIN - "Balas di Hari Senin". Minggu lalu saya mendapatkan pertanyaan dari adik saya via WhatsApp. 

Pertanyaannya sangat menarik: "Bagaimana sih penggunaan WILL dan BE GOING TO yang tepat?" 

Saya bilang bahwa pertanyaan ini menarik karena, bisa jadi, pertanyan ini juga menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Nah, dalam artikel ini, saya akan memalas pertanyaan tersebut dan membahas Penggunaan Will dan Be Going to dalam percakapan bahasa Inggris keseharian. Here we go!
Saat bicara tentang WILL dan BE GOING TO, memang benar bahwa saat menggunakannya, kita berbicara mengenai hal yang akan terjadi atau akan kita lakukan di masa yang akan datang (Future). Ingat, di masa yang akan datang, bukan di masa sekarang (Present), bukan pula di masa lalu (Past). Apalagi di masa lalu bersama sang mantan. Hyaaa! Hahaha.. 

Anyway, meski keduanya memiliki fungsi umum yang sama, namun ada hal-hal yang membedakan Penggunaan Will dan Be Going to. Perbedaan-perbedaan ini yang kadang membuat pembelajar bahasa Inggris kebingungan. "Apakah saya harus memakai "will" dalam kalimat ini? Atau "be going to"?" Untuk memahaminya konsep perbedaannya lebih dalam, saya akan membahasnya satu per satu mulai dari BE GOING TO.

Pada dasarnya, Penggunaan BE GOING TO bisa dikategorikan ke dalam 2 kriteria berikut: 

1. Untuk menyatakan sebuah rencana: Jika kita sudah membuat rencana untuk melakukan sesuatu di masa yang akan datang, maka kita menggunakan BE GOING TO. Perhatikan contoh berikut: 
a) "I am going to visit my uncle next month."
b) "My brother, Jeff, is going to leave tomorrow. He has got his plane ticket."

Dalam contoh pertama dan kedua, kita bisa melihat bahwa subjek kalimat (I dan juga MY BROTHER) sudah membuat rencana untuk melakukan sesuatu di masa yang akan datang, yaitu 'next month' dan 'tomorrow'. Maka dari itu, ia menggunakan bentuk be going to.

2.  Untuk menyatakan bahwa sesuatu akan terjadi: Jika kamu percaya bahwa sesuatu akan terjadi karena kamu memiliki bukti atau analisis yang kuat, maka kamu juga menggunakan BE GOING TO. Coba perhatikan contoh di bawah ini: 
a) "The sky is so dark. I believe that it is going to rain."
b) "I think Andrew is going to faint. He looks so pale."

 Jika kamu perhatikan dengan detil, kamu pasti menyadari bahwa saya menyatakan bahwa akan segera turun hujan (contoh A) karena langit sudah mendung. Saya memiliki bukti atau analisis yang kuat. Begitu juga dengan contoh kedua. Saya yakin bahwa Andrew akan pingsan dengan melihat situasinya sekarang yang terlihat pucat. 

Bagaimana? Mudah 'kan dipahami? Sekarang saya akan membahas Penggunaan WILL yang bisa kita klasifikasikan setidaknya dalam 3 kriteria. Karena penggunaan WILL saya anggap lebih mudah dipahami daripada penggunaan BE GOING TO, saya akan langsung berikan contoh kasusnya dalam setiap kriteria ya. Here we go!

1. Untuk membuat keputusan yang cepat (At the time of speaking).
a) "I'm so hungry. I think I will just buy a burger now."
b) "This t-shirts look nice. I will try one of them."

2. Untuk memberikan penawaran.
a) "The bag looks heavy. I will help you with that."
b)  "I will give you discount if you buy these two novels."

3. Untuk menjanjikan sesuatu. 
a) "I promise I will behave well in the class."
b) "Don't worry, I will call you tonight."

Nah, itulah sekilas Penggunaan Will dan Be Going to, teman-teman pembaca semuanya. Sekali lagi, keduanya menandakan bahwa kita mengatakan sesuatu yang AKAN terjadi, bukan yang sudah ataupun yang sedang terjadi. 

Anyway, keduanya juga bisa kita pakai untuk memakai PREDIKSI. Misalnya, kita bisa saja mengatakan "I think Manchester United WILL win the match tomorrow." atau "I think Manchester United IS GOING TO win the match tomorrow." Dalam hal ini kedua kalimat tersebut sama benarnya. Nah, mudah-mudahan tulisan ini mendatangkan pencerahan untukmu. 

Jika kamu masih ada pertanyaan, langsung saja tuliskan pertanyaanmu di kolom KOMENTAR ya. 

Jika artikel ini bermanfaat untukmu, silahkan SHARE artikel ini ke orang-orang terdekatmu agar mereka juga mendapatkan manfaatnya. Sharing is caring! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com