Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, February 3, 2017

Buat yang Mau Belajar Bahasa Inggris tapi Terlalu Sibuk, Apa Hal Ini Sempat Menjadi Perenunganmu?



"Saya sangat sibuk. Saya hampir nggak punya waktu luang untuk belajar bahasa Inggris, mas. Intinya, saya sih mau banget bisa bahasa Inggris, tapi sayangnya saya terlalu sibuk." 

Ini adalah sebuah masalah yang teman-teman saya kerap sampaikan baik secara langsung ataupun secara virtual seperti misalnya via pesan di Instagram atau mention di twitter saya @aditriasmara. Untungnya, kebingungan teman-teman saya ini bisa saya tanggapi dengan santai tanpa kebingungan apapun. Hehehe..

Saya selalu mengatakan kepada teman-teman saya itu, saya beranggapan bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang kita harapkan harus ada PENGORBANAN. There must be something to sacrifice. Mulai dari pengorbanan tenaga, biaya, dan juga WAKTU. Ya, tentu saja hal ini berlaku juga ketika kita ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik. Harus ada yang dikorbankan. Dalam tulisan ini, saya nggak akan membahas tentang pengorbanan tenaga dan biaya. Saya ingin membahas tentang pengorbanan WAKTU saat belajar bahasa Inggris. 

Sederhananya, karena saya percaya bahwa jam tangan yang melingkar di tangan saya bukan untuk mengetahui waktu tapi untuk MENGATUR WAKTU, maka TIME MANAGEMENT adalah kuncinya. 

Pahami bahwa setiap insan manusia memiliki jatah waktu yang sama dalam satu hari. Baik dia itu seorang pelajar, pebisnis, karyawan, dokter, tentara, hingga presiden, memiliki jatah waktu 24 jam dalam satu hari. Nggak ada tuh orang yang dapat jatah waktu lebih karena misalnya dia ganteng, cantik, atau punya jabatan yang tinggi. Kalau ada, tolong kasih tahu saya ya. Hehehe.. 

https://aos.iacpublishinglabs.com/question/aq/1400px-788px/wrist-should-man-wear-his-watch_bf2b7910d6e55c14.jpg?domain=cx.aos.ask.com

Menurut saya pribadi sih (well tentu kamu boleh nggak setuju dengan pandangan saya karena ini bersifat personal) jika memang kita memiliki niat yang besar untuk menguasai bahwa Inggris, kita seharusnya MELUANGKAN WAKTU untuk belajar, bukannya belajar di waktu luang. Sekali lagi saya ulang, MELUANGKAN WAKTU untuk belajar, bukan belajar di waktu luang. 

Terima kasih untuk guru saya, Kak @ArryRahmawan, yang mengajarkan saya tentang hal ini.

Tentu kita tahu bahwa "meluangkan waktu untuk belajar" dan "belajar di waktu luang" adalah dua hal yang sangat berbeda. Meluangkan waktu untuk belajar tentu menunjukkan sebuah usaha yang khusus dimana kita benar-benar menyediakan satu slot waktu untuk belajar. Sedangkan belajar di waktu luang memiliki arti bahwa ketika diri kita (MENGANGGAP) diri kita sudah terlalu sibuk, ya kita nggak akan belajar. 

Mengapa saya tekankan bahwa meluangkan waktu untuk belajar akan membantu kamu dalam menggapai impianmu menguasai bahasa Inggris? Karena saya percaya bahwa ketika kita menunggu waktu luang, maka yang terjadi adalah kita nggak akan memiliki waktu luang. Atau mungkin kita menganggap bahwa kita nggak punya waktu luang. Padahal kalau kita lihat-lihat lagi, dengan lebih teliti, justru mungkin banyak waktu yang terbuang sia-sia dengan hal-hal yang belum tentu membawa manfaat seperti misalnya bergosip, berlama-lama di sosial media, berselfie ria, ataupun hal-hal yang lainnya. 

http://i.huffpost.com/gen/1913895/images/o-SEXY-SOCIAL-MEDIA-facebook.jpg

"Mas, serius, saya nggak ada waktu lagi untuk belajar. Sibuk bet pokoknya. Gimana?" 

Kalau dengan jatah waktu yang sama dengan kita, 24 jam, Pak Jokowi saja bisa mengurus negara, kenapa kita nggak bisa meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris? Sebuah tanda tanya yang besar. Bagaimana? Apakah kamu lebih sibuk dari seorang presiden alias kepala negara? ^.^ 

"Mas. Kalau sibuk ya pokoknya sibuk aja, titik! Gimana?" 

Okay, okay. Sabar. Jangan emosi. Hehehe.. Bagi kamu yang merasa bahwa kamu masih terlalu sibuk, sekarang coba lagi tuliskan daftar kegiatan harianmu misalnya sebagai seorang karyawan super sibuk atau seorang pelajar penuh dengan tugas dan pekerjaan rumah. Dari daftar kegiatan beserta waktunya itu, lihat lagi, teliti lagi, saya yakin pasti ada slot waktu yang bisa kamu luangkan untuk belajar bahasa Inggris. Misal, saat berada di dalam kereta atau bis saat berangkat kerja atau sekolah. Atau mungkin saat istirahat makan siang. 

"Nggak ada, mas. Kalau nggak ada ya pokoknya nggak ada, titik. Gimana?" 

Okay, okay. Sabar. Jangan emosi. Hehehe.. Kalau memang kamu menganggap nggak ada waktu yang bisa pakai, maka saran saya adalah bangun lebih awal di pagi hari atau tidur lebih malam pada malam hari. Sebelum kamu protes, ijinkan saya kembali menekankan bahwa no pain no gain. Harus ada pengorbanan untuk sesuatu yang benar-benar ingin kita dapatkan. 

Jika masih merasa bahwa waktu menjadi penghalangmu belajar bahasa Inggris, maka ijinkan saya bertanya satu hal: "Apakah kamu benar-benar yakin bahwa kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik?" Silahkan renungkan pertanyaan ini :) 

Sudah direnungkan? Sudah dijawab? Mudah-mudahan jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan tadi adalah: IYA, saya benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Jika memang itu adalah jawaban kamu, maka ijinkan saya mengajak kamu MELUANGKAN WAKTU untuk bergabung dalam salah satu Program Belajar Bahasa Inggris yang sudah saya desain di tahun 2017 ini. Program itu adalah #FUNELLA - "Funtastic English Class". Dalam kelas online berbasis WhatsApp edisi kali ini, tema kelas yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Februari 2017 adalah "Effective Ways to Improve Your Vocabulary."


Seperti yang kamu lihat di gambar, dalam kelas itu kamu akan mengetahui tentang: 
*) Mengapa penguasaan kosakata itu penting dalam belajar bahasa.
*) Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk tingkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris.
*) Daftar permainan yang berkaitan dengan kosakata.
*) Dan masih banyak lagi.

Yuk langsung aja daftar kelasnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik DISINI. Sampai jumpa di #FUNELLA Eps. 3: "Improving Your English Vocabulary" ya! Mari MELUANGKAN WAKTU untuk belajar bersma-sama! ^.^

INFO: 
Kuota #FUNELLA Eps. 3: "Improving Your English Vocabulary" SUDAH PENUH dan PENDAFTARAN DITUTUP hari Minggu, 5 Februari 2017 pukul 06.00 WIB. Bagi kamu yang belum mendaftar, gabung saya di GROUP FACEBOOK INI untuk mendapatkan info ter-update tentang kelas berikutnya. Terima kasih! ^^

2 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com