Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, January 16, 2017

Tanya Jawab tentang Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu


Hallo, fellas! Seperti yang sudah saya jelaskan dalam tulisan saya mengenai 3 Program Bahasa Inggris Unggulan saya di 2017, saya menjadikan hari Senin menjadi hari yang spesial untuk teman-teman yang ingin kembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Saya membuat program bernama #BAHASIN - "Balas di Hari Senin". Dalam #BAHASIN Eps. 1 ini, saya akan membahas pertanyaan dari peserta kelas online via WhatsApp, Funtastic English, yang saya buka pada tanggal 30 Desember lalu.

"Wah, saya ketinggalan kelasnya nih. Gimana dong?"

Tenang saja. Rangkuman kelas online saya itu sudah saya tuliskan secara lengkap DISINI. Anyway, berikut adalah daftar pertanyaan dan jawaban yang saya berikan:

* * *
QUESTION: 
"Kalau belajar lewat lagu, dibilang kita harus pilih lagu, hapalkan, cari arti...dst... Bagaimana kita membedakan bahwa lagu tersebut menggunakan grammar/kosa kata yang benar, sedangkan lirik lagu biasanya suka menggunakan bahasa slang/pasar yang hanya digunakan bukan untuk keperluan formal bahkan cenderung satu kosa kata bisa berarti yg berbeda dalam bahasa Slang?" #BAHASIN (Drina)

ANSWER:  
"Kalau bicara benar atau salah, hampir 100% lirik lagu berbahasa Inggris adalah benar. Kok gitu? Karena si pembuat lagu itu pasti mentargetkan para native speaker sebagai pendengarnya. Tentu saja bahasa yang mereka gunakan ya bahasa keseharian yang digunakan oleh native speaker. Yang si pembuat lagu juga gunakan."

"Menurut pengamatan saya, agak jarang ada lagu-lagu yang berbahasa formal. Lebih banyak informal. Justru ini menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk belajar. Bahasa yang ada dalam lagu biasanya mengalir, sama seperti yang ada di dalam film. Bahasanya nggak kaku atau istilahnya nggak text book. It's a real phrase. For real daily life communication."

* * *  
QUESTION:
"Saya ingin menanyakan terkait review terhadap lagu yang pernah kakak sampaikan saat belajar bahasa Inggris melalui lagu. Itu bentuk reviewnya gimana ya kak? Bentuk kayak review kita terhadap sebuah karya tulis pada biasanya atau gimana kak?" #BAHASIN (Eva)

ANSWER:
"Hmmm okay. Thank you. Gini gini, review-nya nggak formal-formal gitu kok. Hehehe.. Yang dimaksud review disini ya balik lagi kita nyanyi-nyanyi lagi, masih inget nggak liriknya, masih inget nggak tema lagunya. Terus kita lihat-lihat lagi, kira-kira kaliat mana aja sih lirik yang bisa kita pakai di percakapan sehari-hari. Biasanya sih saya bikin catatan gitu kalau review."

"Saya catat kata-kata dan kalimat-kalimat yang bisa saya pakai dalam keseharian, baik secara lisan maupun tertulis. Simple kok, nggak perlu nge-review yang serius-serius banget. Intinya mengingatkan kembali ke lagu yang udah kita pelajari sebelumnya." 

* * *
QUESTION:
"Mas pernah bilang kalau kita belajar lewat lagu tuh sekalian coba artiin liriknya. Nah, tentang mengartikan lirik lagunya itu mas, aku masih ragu karena kadang jadi rancu. Apakah ada referensi atau cara supaya dalam penerjemahannya suatu lirik bisa kita udah bener atau enggak." #BAHASIN (Windi)

ANSWER:
"Gini, jadi lagunya nggak harus diterjemahkan kata per kata sih. Cukup ambil tema besarnya apa nih, terus cari aja kata-kata yang nggak kamu tahu artinya. "Mmmm.. Ini artinya apa yah?" Cari deh di kamus fisik atau kamus online. Selain cari artinya, cari contoh penggunaannya juga. Intinya, lewat step itu, harapannya perbendaharaan katamu bakal nambah."

"Justru dengan mencoba mengartikan lagu ke dalam bahasa Indonesia, malah akan berujung pada kerancuan seperti yang kamu bilang. Lagu bahasa Inggris ya biarkan bahasa Inggris aja. Yang penting, cari kata yang kita nggak tahu maksudnya apa. Gitu..."

* * * 

QUESTION:
"Bisa kasih link lagu yang bisa dipake buat belajar bahasa Inggris untuk pemula?" #BAHASIN (El Rakhmah)


ANSWER:
"Gini, mbak. Banyak sih web atau blog yang mereferensikan lagu-lagu berbahasa Inggris yang bagus untuk pemula. Pergi ke Google, ketik "Songs to learn English for beginner", maka akan keluar blog yang kasih referensi itu. Kalau mau gunakan referensi itu, silahkan. Tapi kalau saya pribadi, nggak gitu. Hehehe.."

"Lagu atau musik itu masalah SELERA. Bisa jadi menurut orang lain lagu A cocok untuk Mbak El, tapi menurut Mbak El nggak gitu. Alhasil, justru malah bisa jadi mbak terasa terbebani. Kalau saya, saya sering-sering dengerin lagu-lagu berbahasa Inggris aja, random aja gitu."

"Cari aja penyanyinya, mau Bruno Mars, mau Mr. Big, mau Adelle, trus pas kira-kira nemu lagu yang menurut mbak sesuai dengan level bahasa Inggris yang mbak punya, pilih deh. Seperti itu.. Kalau saya sih dulu awal pasti pilih lagu-lagu pop yang temponya nggak terlalu cepat ^.^ Dulu saya belajarnya pakai lagu Hey Jude (The Beatles), Every Breath You Take (The Police), The Only Exception (Paramore), sama Count on Me (Bruno Mars) sih. Hehehe...

* * * 

QUESTION:
"Saya tiap denger lagu lebih terfokus pada nada dan instrument dan kesulitan utk menyimak lirik nya dan ini terjadi secara natural, meski saya usahakan untuk fokus pada lirik, tapi tetap kesulitan utk menyimak cara pengucapannya. Bahkan ketika saya mendengar lagu sambil membaca teks lirik nya tetep kesulitan menyimak pronounce-nya, kak dimas ada saran utk masalah ini?" #BAHASIN (Bacan)

ANSWER:
"Gini, Menikmati sebuah lagu itu natural sih, saya juga nggak tahu kenapa kok kamu bisa fokus sama musiknya daripada liriknya. Hehehe.. Saran saya, cobalah cari lagu yang liriknya "agak dalem", cari lagu yang mewakili perasaanmu. The one that is very personal. Nggak harus sedih, kok. Emang sih lagu sedih biasanya cepet masuk, tapi lagu-lagu happy juga kan bisa mewakili perasaan kita. Hehehe.." 

"Dengan mencari lagu yang mewakili perasaan kamu, sambil tetap terus mencoba fokus sama liriknya, lama kelamaan pasti bisa kok. Gimana cari lagu yang mewakili perasaan? Lihat aja dari judulnya, atau tipe musik yang dipakai. Secara natural juga, kamu akan jadi penasaran sama liriknya, sama artinya apa, sama temanya apa, dll. Tapi ya dibuat secara natural aja, jangan dipaksain. Karena kalau dipaksa, kamu malah jadi nggak enjoy menjalaninya. Semangat yaa!"

* * *

QUESTION:
"Gini kak, Aku sering dengerin lagu All I Ask (Sekali putar 5-6 kali), but kalau mau niru itu belibet dikata-katanya dan prounouncenya padahal sering diulang tiap hari dan lupa."

ANSWER:"Coba bikin daftar kata yang sekiranya bikin kamu belibet. Kalau udah, latih pengucapan kata-kata itu. Kata per kata sampai benar-benar oke deh pokoknya. Kalau udah, coba nyanyikan lagunya tanpa musik. Salah satu hal yang bikin belibet, selain kata-katanya sendiri ya tempo lagu itu. Tanpa iringan lagu atau musik, kamu bisa atur tempomu sendri supaya nggak belibet. Kalau udah biasa nggak belibet, mulai deh sesuaikan lagi sampa tempo asli lagunya. Lanjut deh. Bikin dulu daftar kata yang bikin kamu belibet itu tadi masbro. Selamat mencoba!"

* * * 

Itu dia daftar pertanyaan dan jawaban terkait dengan bagaimana sih belajar bahasa Inggris melalui lagu. Untuk kamu yang memiliki pertanyaan seputar bahasa Inggris, berikan pertanyaanmu melalui group Facebook khusus belajar bahasa Inggris DISINI. Kamu juga bisa menanyakannya dengan kontak saya via social media Facebook Adi Triasmara, atau twitter dan Instagram @aditriasmara. Saya tunggu ya! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com