Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, December 20, 2016

Kalau Kamu Tahu Cara-Cara Mudah Ini, Saya Yakin Kamu Bisa Hilangkan Kebiasaanmu Menunda



'Sebentar lagi', 'besok', 'minggu depan', 'bulan depan', 'tahun depan', sampai 'tunggu lebaran kuda' adalah jawaban yang sering saya lontarkan ketikaaa.. Mmm wait, yang terakhir bukan jawaban saya sih, itu jawaban.. Ah sudahlah. Hihihi...

Anyway, saya selalu ingat masa-masa dimana setiap kali ibu menyuruh saya melakukan sesuatu, termasuk belajar, saya kerap menunda dengan menyebutkan berbagai alasan. Mulai dari alasan-alasan yang masuk akal hingga alasan-alasan yang hanya masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri ibu, saya sebutkan dengan jelas. Waaa..ampuni aku Ibu! Aku tidak mau dikutuk menjadi batu! Hiks...

Tak ayal ketika menghadapi kenyataan bahwa anaknya yang ganteng mempesona ini (tolong jangan protes) sering menunda satu dan lain hal, ibu saya pun kerap naik pitam. Saat nada bicara ibu mulai naik, saya pun tahu bahwa itu adalah saat yang tepat untuk segera berdiri dan melakukan pintanya.  

Entah darimana asal muasal penyakit menunda ini, tapi saya merasa bahwa penyakit ini melekat pada diri saya untuk waktu yang sudah cukup lama. Bahkan, hingga saat ini pun saya terkadang masih suka menunda. Biar saya tidak merasa sendirian, coba deh kamu yang sedang baca tulisan ini angkat tangan kalau kamu juga suka menunda. Nah, sama kan! Kamu juga kadang masih suka menunda. 

Loh, wait. Kok ada yang tidak angkat tangan? Oh..saya tahu, yang angkat tangan ini mungkin juga seorang penunda. Bahkan untuk mengangkat tangan saja mereka masih menunda. Hehehe..

http://images.fanpop.com/images/image_uploads/Procrastination-procrastination-263994_570_344.gif

Saat ingin melakukan sesuatu, belajar bahasa Inggris contohnya, terkadang kita akan dihadapkan dengan sebuah tantangan internal. Sebuah tantangan yang muncul dari dalam diri sendiri yaitu keinginan untuk tidak segera memulai alias keinginan untuk menunda. Ada banyak alasan mengapa kita menunda seperti misalnya kita melihat belajar bahasa Inggris satu hal yang menakutkan, kita khawatir akan kegagalan, atau mungkin kita hanya sekedar terlalu malas saja untuk melakukannya.
 
Meski banyak alasan yang mendasari penundaan seseorang, saya percaya bahwasannya ada cara-cara yang sama yang bisa diterapkan untuk paling tidak mengurangi porsi penundaan yang kita miliki. Nah, dalam tulisan ini, saya akan bagikan untuk kamu semua setidaknya tiga hal utama yang sudah serta masih saya lakukan dan terbukti yahud untuk jauh-jauh dari yang namanya kebiasaan menunda. Here we go!

Pertama, BUATLAH TO-DO LIST HARIAN. Memang terdengar begitu old-fashioned alias klasik, namun hal ini sangatlah efektif. Mulailah harimu dengan menuliskan hal-hal yang harus kamu selesaikan hari itu. Saya biasa menuliskannya dalam stick-it notes berwarna cerah yang saya tempel di tempat yang mudah saya lihat seperti di ujung meja kerja saya. 

 Fokuskan apa yang kamu tulis pada hal-hal yang mungkin akan kamu tunda. Kamu tidak perlu menuliskan hal-hal yang memang selalu bisa kamu selesaikan pada setiap harinya seperti misalnya mandi, makan, membuka email, dan lain-lain.

http://cdn2.hubspot.net/hubfs/53/to-do-list-tools.jpeg

Setelah menuliskan apa-apa saja yang harus kamu selesaikan, coba lihat kembali daftar itu. Setelah memastikan bahwa apa yang harus kamu kerjakan sudah tertulis semua, buatlah peringkat prioritas dimana kamu akan menentukan pekerjaan mana yang harus kamu dahulukan karena keterdesakannya atau tingkat kepentingannya. Jika sudah, mulailah bekerja dengan riang gembira! Yay! Ups, jangan lupa juga untuk memberikan tanda centang pada hal-hal yang kamu baru saja selesaikan ya.

Kedua, JAUHKAN DIRI DARI PENGGANGGU. Maksudnya nyamuk? Bukan! Mmm..kucing? Bukan! Mmmmm.. Mantan? BUKAAAAANNN! Maksudnya, jauhkan diri kamu dari hal-hal yang bisa merusak fokusmu dalam proses pengerjaan tugas. 

Biasanya hal-hal apa saja sih yang mengganggu kamu dalam proses pengerjaan tugas? Coba pikirkan hal ini. Kalau bagi saya, hal yang biasa mengganggu adalah handphone, internet, dan juga gitar. Maka dari itu, saya biasanya menjauhkan handphone dari jangkauan saya, mematikan koneksi internet, dan memasukkan gitar dalam hardcase, menguncinya, dan membuang kuncinya ke negeri antah berantah. Oke, kalau yang ini lebay. Maaf. 

http://core0.staticworld.net/images/article/2016/10/woman_iphone_laptop_usb-100688046-orig.jpg

Menghindarkan hal-hal kecil yang berpotensi mengganggu fokusmu bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kita segera menyelesaikan hal-hal yang harus kita selesaikan. Jika tidak, maka fokus kita bercabang dan bukan tidak mungkin kita malah justru sibuk dengan handphone saat baru sepuluh menit mengerjakan tugas. Mmm.. Gak banget deh!

Ketiga, JANGAN MENJADI PERFEKSIONIS. Menunggu semuanya menjadi sempurna baru mau mulai bergerak jelas akan membuat kita terus menunda. “Kok gitu mas?” Jelas dong, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah *benerin kopiah, gelar sajadah*

Kebanyakan alasan orang menunda adalah karena mereka takut gagal, takut apa mereka inginkan tidak sesuai dengan realita yang ada. Alhasil, mereka ingin semuanya siap, baru deh jalan. Sayangnya, pola pikir ini akan semakin membuat kita menunda karena kita harus kembali kepada hukum alam bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang sempurna. So, daripada menjadi seorang perfeksionis, jadilah progresionis. 

http://smallbizclub.com/wp-content/uploads/2016/04/Are-You-a-Procrastinator-1068x601.jpg

Progresionis adalah orang-orang yang selalu berusaha membuat progres atau kemajuan, tidak peduli seberapa kecil kemajuan ini. Mereka lebih memilih untuk bergerak dan berusaha daripada hanya bengong menunggu kesempurnaan datang menghampiri mereka. Nah, daripada buang waktu menunggu kesempurnaan, mending mulai aksimu dari sekarang dan rasakan perubahan yang ada dalam diri dan pekerjaanmu! 

Itulah tiga hal yang manjur nan ajaib bagi saya untuk mengusir atau setidaknya mengurangi kebiasaan menunda. Bagaimana? Berani mencoba cara-cara ini dan merasakan khasiatnya? SHARE tulisan ini jika bermanfaat atau berikan KOMENTAR tentang hal-hal apa saja sih yang biasanya membuatmu menunda dan bagaimana kamu mengetasinya. Mari bertukar pikiran dan saling terhubung satu sama lain di media sosial dengan FOLLOW twitter dan Instagram saya di @aditriasmara ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com