Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, December 30, 2016

Ini Dia Bagaimana Kamu Bisa Menggunakan Lagu Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris


Hallo teman-teman! Saya yakin di antara pembaca blog ini (cukup) banyak yang suka mendengarkan musik, mulai dari dangdut, pop, rock, hingga hiphop. Mendengarkan lagu memang jadi salah satu aktifitas yang menyenangkan bagi sebagian orang, termasuk saya. Lagu bisa mewakili apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan, bahkan juga mewakili identitas diri kita sehingga kadang kita bilang, “Hmmm.. Lagu ini GUE BANGET nih!”

Bicara soal selera musik, tentu tiap orang memiliki seleranya masing-masing dan kita nggak boleh bilang kalau tipe lagu yang kita suka yang paling oke dong. Ada yang suka jazz, pop, hingga metal (mellow total?). Ada yang suka lagu berbahasa Indonesia, ada juga yang berbahasa Inggris.

Seperti yang saya bilang tadi, saya nggak akan mendebatkan selera musik yang teman-teman punya, namun karena kita sedang ada di blog belajar bahasa Inggris, we’re gonna focus on English songs! Yay!

Bagi yang belum tahu, atau mungkin yang belum sadar, selain menenangkan dan juga menyenangkan, mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris tuh ternyata efektif loh buat kembangin kemampuan bahasa Inggris kita! It’s an outstanding method!

http://i.huffpost.com/gen/2041462/images/o-MEN-LISTENING-MUSIC-facebook.jpg

Tahu nggak apa yang bikin belajar bahasa Inggris melalui lagu itu menjadi metode efektif? Nah, coba saya jelaskan dalam beberapa poin berikut:
  
Pertama, lagu itu memuat bahasa sehari-hari. Ya, lagu-lagu berbahasa Inggris hampir selalu memuat kosakata, frasa, kalimat, ekspresi sehari-hari yang sangat berguna bagi kita. Karena lagunya berbahasa Inggris, tentu “INTENDED LISTENER” si pembuat lagu atau penyanyi adalah native speaker, orang yang kesehariannya berbahasa Inggris.

Alhasil, kata serta kalimat yang ada di dalamnya ya memang benar-benar kata atau kalimat yang digunakan oleh para native speaker sehari-hari, which become very important for us.
Kedua, lagu menjadikan kita familiar dengan bahasa Inggris. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga akan membuat kita, secara nggak sadar, fokus pada cara pengucapan (pronunciation) dan ritme (rhythm) dalam bahasa Inggris. Kita akan mendengar bagaimana satu dua kata diucapkan dengan benar. Kita akan tahu bagaimana satu dua kalimat diutarakan dalam ritme yang benar.

Kita jadi lebih familiar dengan bahasa Inggris lewat mendengar. Kebiasaan mengetahui cara pengucapan dan ritme bicara inilah yang kelak akan membuat kita nantinya terdengar seperti seorang native speaker saat berbicara. Asyik  nggak tuh?

Tentu masih ada sederet alasan mengapa belajar melalui lagu berbahasa Inggris itu menjadi salah satu metode yang efektif untuk belajar bahasa Inggris. Namun, karena keterbatasan waktu, saya share 2 inti utamanya dulu yaa. We will elaborate the discussion even further next time ^.^

Mungkin beberapa dari kamu saat ini berpikir,
“Okay, Mas Dimas. Saya tahu nih sekarang kenapa dengerin lagu bisa jadi metode yang efektif dalam belajar bahasa Inggris. Tapi gimana caranya ya biar kita bisa dengerin lagu sambil beneran belajar bahasa Inggris?”

Tenang, saya akan jelaskan dalam pembahasan berikut. Ada setidaknya 5 langkah atau cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris melalui lagu. Silahkan simak poin per poinnya berikut:

1. PILIH LAGU YANG TEPAT

http://inspirer.life/home/wp-content/uploads/2016/11/BF-Keepin-it-Local-Record-Store-Day-Set-for-Saturday-Rtheatre-4-11-11.bmp
Poin pertama menjadi krusial alias esensial alias penting bet! Hehehe.. Gini, ada banyak lagu berbahasa Inggris di jagat internet dan toko CD. Namun, bagaimana caranya kita tahu bahwa lagu yang kita pilih itu tepat untuk belajar bahasa Inggris? 

Pertama, pilihlah lagu yang kamu suka. Kalau kamu nggak suka lagunya, ya kamu bakal bosan dan pasti belajar jadi nggak menyenangkan. Kedua, temukan lagu yang memiliki pengucapan yang jelas dan tempo yang manusiawi. Untuk sementara ini, di awal, coba nggak langsung dengar lagu-lagu heavy metal atau rap ya. Pasti pusing nanti karena bingung, kecuali memang kamu sudah terbiasa ^.^  

2. DENGAR DAN TEBAK TEMA LAGUNYA

http://4.bp.blogspot.com/-1_2lBpwGZGI/T9Zep6i5UPI/AAAAAAAAEu8/sOS37WG_VAY/s1600/girl-with-headphones-in-Park-wallpaper.jpg
Setelah memilih lagu yang kamu kira tepat untuk belajar, coba dengar lagu itu dan iseng-iseng berhadiah, tebak tema lagu itu. Apa kira-kira lagu ini bercerita tentang kisah persahabatan, tetang perjuangan meraih mimpi, atau mungkin tentang seseorang yang belum bisa move on dari mantannya. (Ada yang langsung baper? Hehehe..)

Bagian yang membuat kita mudah menebak tema lagu biasanya datang dari bagian reff lagu. Kenapa? Ya, karena bagian reff adalah bagian inti dari lagu tersebut dan biasanya dinyanyikan secara berulang-ulang. Nah, coba deh kamu cari tema lagu pilihanmu nanti ketika kamu belajar.

3. CARI LIRIK LAGUNYA

http://laptopcomputerrepair.ca/wp-content/uploads/2015/12/man-with-laptop.jpg
Nah, kalau kamu sudah mencoba menebak lagunya, sekarang saatnya untuk mencari lirik dari lagu tersebut. Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa tanya Google! Tinggal ketik atau bahkan tanyakan langsung ke Om Google untuk mengarahkan kita dalam menemukan lirik lagu yang kita maksud. 

Setelah kamu menemukan liriknya, coba lihat sekilas dan cek hasil tebakan kamu di tahapan sebelumnya. Cari jawaban apa kira-kira tema lagu yang kamu tebak sudah benar? Well, kadang kalau sedang iseng, saya main ke lyricstraining.com. Ngapain? Disini kita bisa latihan listening. Kita akan diminta mengisi ruang kosong dan melengkapi lirik lagu yang kita pilih. Coba deh. Seru! Hehehe..

4. PELAJARI KATA DAN KALIMAT DI DALAMNYA

http://i.huffpost.com/gen/1231505/images/o-WRITING-A-BOOK-facebook.jpg
Sekarang, kamu bisa perhatikan lirik lagu itu dengan sedikit lebih detil. Lihat kata-kata atau juga kalimat-kalimat yang masih asing untukmu. Kemudian jangan berhenti disitu, cari tahu arti dari kata-kata itu. Setelah kamu tahu artinya, tentu perbendaharaan kata yang kamu miliki akan bertambah. 

Keuntungan belajar kosakata baru melalui lagu adalah selain kamu bisa mencari tahu artinya, kamu juga akan tahu konteks penggunaan kata tersebut. Kamu juga bisa pakai kalimat yang ada di lagu itu untuk komunikasi harianmu lewat bahasa Inggris, loh.

5. BERNYANYILAH!

http://www.billboard.com/files/media/Chris-Martin-sings-Superbowl-50-2016-billboard-650.jpg
Di tahapan inilah biasanya ada orang-orang yang berkata, "Aduh, mas. Suara saya nggak bagus-bagus amat. Jelek lebih tepatnya!" Hmm.. Nggak harus konser di panggung kok. Nggak harus nyanyi di depan orang banyak kok. Nyanyi untuk diri sendiri aja. Panggung saya adalah kamar mandi untuk urusan yang satu ini. Hehehe..

Tahapan ini nggak meminta kamu untuk menghasilkan suara yang bagus, kok. Tahapan ini mengajak kita membiasakan diri untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Percaya deh, semakin kita membiasakan diri, maka semakin baik pula pengucapan kita. 

***

Nah, itu dia alasan sekaligus lima tahapan yang bisa kamu coba untuk belajar bahasa Inggris melalui lagu. AMemang sih pada awalnya, bagi yang belum terbiasa, hal ini akan terasa janggal dan sedikit aneh. Tapi, lama kelamaan bakalan asyik kok. Kalau masih pusing-pusing di awal, itu normal, tandanya kita sudah mengeluarkan usaha. Pembiasaan adalah kuncinya. Nggak susah kok, ini gampang bet! ^.^

Buat kamu yang tertarik belajar bahasa Inggris dengan cara-cara menarik lainnya, ikutan aja 3 Program Belajar Bahasa Inggris Unggulan yang saya desain, dengan membaca penjelasannya DISINI.

Sebelum menutup artikel ini, saya ingin memberi sedikit tambahan nih. Biasanya, yang saya lakukan bersama murid-murid di kelas saya adalah kami bermain "FIND THE LYRIC". Seru deh! Jadi, saya putarkan lagu berformat .mp3 dan saya berikan lembaran lirik kepada mereka. Namun, bukannya lirik utuh yang saya berikan, melainkan lirik rumpang. Artinya, ada space kosong yang harus diisi oleh murid-murid saya itu. Mereka harus mengandalkan kemampuan listening mereka dalam hal ini.

https://i.ytimg.com/vi/m4JAJZso4n8/maxresdefault.jpg

Di artikel ini, saya juga ajak kamu untuk mencobanya. Saya akan mengambil lirik lagu dari The Beatles dengan judul Hey Jude. Berikut saya berikan lirik lagunya dan ada beberapa ruang kosong di dalamnya. Tugas kamu adalah mendengarkan lagu Hey Jude yang bisa kamu temukan di link ini: https://www.youtube.com/watch?v=GXhJxLWemxE sambil mencoba mengisi ruang yang kosong.

Gimana? Berani coba?

*** 

HEY JUDE - THE BEATLES

Hey, Jude, don't make it bad
Take a sad song and make it better
(1)____________ to let her into your heart
Then you can start to make it better
 
Hey, Jude, don't be (2) _________
You were made to go out and get her
The minute you let her (3) ______ your skin
Then you begin to make it better

And anytime you feel the pain,
Hey, Jude, refrain
Don't (4) _______ the world upon your shoulders
For well you know that it's a fool
Who plays it cool
By making his world a (5) ________ colder

Nah, nah nah, nah nah, nah nah, nah nah

Hey, Jude, don't let me down
You (6) _______ found her, now go and get her
Remember to let her into your heart
Then you can start to make it better

So let it out and let it in,
Hey, Jude, begin
You're waiting for (7) __________ to perform with
And don't you know that it's just you,
Hey, Jude, you'll do
The movement you (8) _______ is on your shoulder

Nah, nah nah, nah nah, nah nah, nah nah yeah

Hey, Jude, don't make it bad
Take a sad song and make it better
Remember to let her under your skin
Then you'll begin to make it better, better, better, better, better... oh!

Nah, nah nah, nah nah, nah, nah, nah nah,
Hey, Jude

***

SHARE jawaban kamu sekaligus pengalaman kamu belajar bahasa Inggris lewat lagu dengan meninggalkan KOMENTAR di kolom di bawah ini. Atau, kamu juga bisa ceritakan pengalamanmu itu dengan tag saya di akun twitter dan Instagram saya @aditriasmara.

Saya tunggu kamu untuk bergabung ke 3 Program Belajar Bahasa Inggris Unggulan juga ya!

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com