Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, October 20, 2016

Hari Gini Masih Gak PD? Ih, Bukan Jamannya! Coba 5 Langkah Ini untuk Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu!


"Percuma juga kok jadi ganteng atau cantik. Kalau 'gak PD, 'gak bakal jadi apa-apa deh...", celotehku saat mengomentari salah satu sahabat yang suka minder karena merasa wajahnya pas-pas an... Mungkin ia merasa wajahnya pas-pas an karena membandingkannya dengan wajahku yang ganteng mempesona ini ya? Eaaaaakkk! Haduhhh.. Maaf maaf, emang kadang suka kepedean gini. Huehehe..

Anyway, belajar dari mentor saya, Mas Brili Agung, dan juga Raditya Dika yang menyebutkan bahwa cara paling mudah dalam menggali IDE adalah melalui kegelisahan, hari ini saya bersyukur sekali karena merasa gelisah. Hasilnya, saya menemukan ide menulis yang cihuy banget nih hari ini!

Hari ini saya merasa gelisah saat mengajar bahasa Inggris di kelas. Kami sedang membahas PLAY PERFORMANCE - salah satu topik bahasan yang paling saya sukai. Waaaa...! Selalu rindu masa-masa pementasan drama waktu kuliah deh pokoknya kalau sedang masuk bahasan ini! 

Nah, hari ini saya merasa gelisah karena saat saya mencoba mengajak anak-anak didik saya untuk belajar OWNING YOUR SPACE, memaksimalkan ruang yang ada di panggung dengan gerak tubuh, masih ada beberapa anak yang shy shy cat alias malu malu kucing untuk bergerak di panggung, menjadi pusat perhatian.


Saya bisa memaklumi hal ini tentunya karena bisa jadi ini adalah pengenalan tentang konsep PLAY yang baru bagi mereka dimana mereka dipaksa 'eksis' di panggung. Hal yang menggelisahkan adalah saya tahu bahwa anak-anak ini memiliki potensi yang sangat besar, yang luar biasa, namun sayangnya terkadang mereka masih terbelenggu oleh satu hal yang bernama KEPERCAYAAN DIRI. 

Dulunya, saya juga orang yang sangat amat pendiam, yang suka minder, yang 'gak gaul, yang pemalu abis, tapi sekarang...masih sama! Hehehe 'Gak kok. Alhamdulillah semenjak masa-masa akhir perkuliahan, sedikit banyak saya bisa mengatasi hal itu. Saya merasakan sendiri perubahannya, dari seseorang yang sangat pemalu, sampai Alhamdulillah jadi orang yang sedikit 'banci panggung', suka sekali kalau diberi kesempatan tampil. 

Tentu transformasi ini tidaklah instan, tapi membutuhkan proses dan usaha yang memakan waktu. Nah, buat siapapun yang membaca tulisan ini, dengan segala kerendahan hati, ijinkan saya untuk berbagi tips kepada kamu bagaimana caranya meningkatkan percaya diri dengan langkah-langkah yang sederhana tapi hasilnya CIHUY! Here we go!

1. Berpikiran Positif
http://www.youthareawesome.com/wp-content/uploads/2015/04/o-POSITIVE-THINKING-facebook-1024x512.jpg Pikiran adalah sumber dari segala tindakan. Jika pikiran kita negatif, tentu saja apa yang kita lakukan juga akan negatif. Sebaliknya, jika negatif kita pikiran, maka negatif akan juga lakukan kita yang apa. Eh, loh. Gimana sih?! Maaf! Huehehe.. Maksudnya, jika pikiran positif, maka apa yang akan kita lakukan pun akan positif. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa orang lain pasti akan menilai negatif performa kita, mengatakan suara kita jelek, wajah kita tidak tampan, tulisan kita buruk, padahal belum tentu orang lain berpikiran seperti itu. Kita sendiri yang memiliki "Negative Self-talk" di dalam diri kita.
Mulai saat ini, cobalah hapus pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam diri kita dan tanamkan pikiran-pikiran positif ke dalam pikiran kita. Bagaimana caranya? Mudah sekali! Bacalah hal-hal yang positif, tontonlah tontonan yang positif, bergaullah dengan orang-orang yang positif, dan lain sebagainya.

2. Kenali Dirimu dengan Baik 
http://www.allonsblog.com/wp-content/uploads/2014/06/positivethinking.jpg Mengenali diri sendiri dengan baik adalah salah satu elemen yang tidak bisa kamu pisahkan dari usahamu meningkatkan rasa percaya diri. Kenali kelebihan yang kamu miliki, baik dari segi pengetahuan ataupun karakter kepribadianmu. Pahami juga hal-hal apa saja yang menjadi kekuranganmu. Jangan mencoba mengelak dengan mengatakan bahwa saya tidak punya kekurangan, atau bahkan mengatakan bahwa saya tidak memiliki kelebihan apapun. Setiap orang terlahir dengan keunikannya masing-masing. 
Fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki. Coba terus pacu dirimu untuk mengembangkan hal-hal apa saja yang telah menjadi kekuatanmu. Misalnya kamu handal dalam bermain gitar, daripada menggunakan waktumu untuk berusaha mati-matian belajar menggambar, lebih baik fokuskan pikiran dan tenagamu untuk menjadi semakin handal dalam bermain gitar.

3. Persiapkan adalah Kunci
http://www.quotesvalley.com/images/64/give-me-six-hours-to-chop-down-a-tree-and-i-will-spend-preparation-quote.jpg
Tentu kamu sudah familiar dengan istilah "If you fail to prepare, you are preparing a failure." Jika kita gagal dalam melakukan persiapan, maka kita sedang menyiapkan sebuah kegagalan. Ini bukanlah sebuah kalimat hiperbola yang melebih-lebihkan. Ini adalah sebuah gambaran dimana persiapan yang baik dalam melakukan hal apapun, mulai dari persiapan pidato, persiapan pertandingan sepak bola, persiapan pementasan drama, dan juga persiapan nembak gebetan (ciyeeeee...) selalu dibutuhkan. 
Dalam menghadapi sebuah tantangan hidup, biasakanlah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Bukan persiapan yang seadanya, tapi persiapan yang sebaik-baiknya karena ketika persiapan kita matang, kita akan menjadi semakin percaya diri dengan apa yang akan kita lakukan.
 
4. Tingkatkan Kemampuan
Seseorang dengan tingkat kemampuan yang baik biasanya akan merasakan sedikit ketenangan dalam dirinya, mengetahui ia mampu dalam berbicara bahasa Inggris dengan baik misalnya. So, dia tidak perlu khawatir jika bertemu bule yang mengajaknya berbincang. Bagaimana caranya meningkatkan kemampuan? Dengan belajar dan terus berlatih, tentu saja. Misalkan kita ingin menjadi seorang penulis, maka kita harus membaca buku-buku yang berkaitan dengan dunia kepenulisan, belajar dari mentor yang berpengalaman, sekaligus memiliki partner dalam belajar. Selain itu, kita harus terus berlatih menulis. 
Misalnya, setiap hari kita berkomitmen untuk meluangkan waktu kurang lebih 30 hingga 60 menit untuk menulis apa saja mulai dari review, opini, puisi, cerpen, dan lain sebagainya. Percaya tidak percaya, seiring dengan meningkatnya kemampuan kamu, maka akan meningkat pula kepercayaan diri yang kamu miliki.

5. Fokus pada Solusi
http://www.lawofattraction4u.org/wp-content/uploads/2015/10/solution-chalkboard-concept.jpg Coba perhatikan saat kemacetan terjadi. Banyak orang yang mempertanyakan, "Ini ada apa sih kenapa macet banget ya?", "Kok bisa macet banget gini sih? Kenapa?", "Biasanya ga pernah macet, kok. Ini ada apa ya? Bikin stress aja!", dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan ini, jika kamu perhatikan, fokus pada masalahnya, fokus pada WHY the problem happens. Sedangkan, di sisi lain, banyak juga orang yang mencari jalan alternatif, mencoba menikmati kemacetan dengan mendengarkan musik, dan hal-hal lainnya. Orang-orang ini fokus pada HOW to solve the problem, fokus pada SOLUSI permasalahan. 
Jika kamu merasa bahwa ada sesuatu yang tidak benar dalam diri kamu, atau satu hal negatif yang menimpa dirimu, cobalah fokuskan dirimu pada SOLUSI. Tanyakan pada dirimu, "Bagaimana saya membuat semuanya menjadi lebih baik, ya?" Kemudian, segera temukan langkah-langkah pasti untuk menemukan jawabannya. Jawaban-jawaban dan langkah-langkah solutif yang kamu ambil akan menjadi sumber kepercayaan diri yang baik untukmu. 


Nah, itulah setidaknya lima hal sederhana yang saya percayai dengan sungguh-sungguh, saya praktikkan dalam keseharian, dan juga rasakan hasilnya dengan sangat memuaskan. Saya menantang kamu untuk melakukan tips-tips tersebut di atas dengan sungguh-sungguh kemudian perhatikan perubahan apa yang terjadi dalam dirimu. Bagikan pengalamanmu dengan mention saya di akun twitter atau instagram saya @aditriasmara agar saya bisa memberikan selamat atas meningkat kepercayaan dirimu ya! Selamat mencoba! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com