Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, October 9, 2016

Keuntungan-Keuntungan Inilah yang Kamu Dapatkan Saat Memakai Kamus dalam Bahasa Inggris!



"What is the meaning of the word 'procastinate', Sir?" Itulah pertanyaan yang saya lontarkan ketika mengikuti kelas Extensive Reading di kampus tempat saya belajar bahasa Inggris dulu. Dengan santai, dosen saya pun menjawab, "Please take a look at your dictionary."

Dictionary? Kamus? Jika saja kamu tahu kamus Oxford yang biasa digunakan oleh saya dan teman-teman kuliah saya, mungkin kamu mengira bahwa itu hanya akan kami gunakan untuk bantal, mengganjal pintu, ataupun melempar pencuri yang berusaha lari membawa barang curiannya. Tebalnya bukan main!

Karena tebal dan beratnya kamus tersebut, tak heran bahwa biasanya kamus tersebut hanya menjadi 'pajangan' di meja belajar kami, atau bahkan 'pemberat' bagi tas kami yang sebenarnya memang sudah berat. Fyuuu..

Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata saya menemukan alasan mengapa kamus itu penting dalam proses pembelajaran bahasa. Saya sadar bahwa kamus Oxford, kamus Inggris-Inggris, yang saya gunakan itu membantu saya dalam menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik. 

Mungkin sebagian dari kamu juga akan bepikir, "Aduh, mas. Males banget sih harus buka-buka kamus? Bawa kamus kemana-mana kan juga repot." Eits, saya tidak hanya bicara mengenai kamus fisik berbentuk buku ya, kamus elektronik pun bisa kamu gunakan, asal memang benar-benar dapat diandalkan. Tapi saya sarankan, kamu juga memiliki kamus Inggris-Inggris ya, bukan hanya kamus Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris.


Nah, bagi kamu yang masih bertanya-tanya seberapa pentingnya memiliki kamus bahasa Inggris, saya akan jelaskan beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh jika kamu menggunakan kamus. Here we go!

Pertama, jelas sekali bahwa sesuai dengan fungsi utamanya, kamus akan membantu kamu mencari arti atau definisi dari sebuah kata yang tidak kamu pahami. Seperti yang saya sebutkan di awal tulisan tadi misalnya, saya tidak tahu arti kata 'procrastinate', sehingga saya mencari arti kata tersebut di dalam kamus. Alhasil, saya tahu bahwa kata tersebut merujuk pada artian 'menunda sebuah pekerjaan'.

Kedua, kamus juga akan mengetahui bagaimana cara pengucapan suatu kata dengan benar. Bagaimana caranya? Dalam kamus yang baik, seperti Oxford misalnya, kamu akan menemukan phonetic transcription dari sebuah kata. Phonetic transcription adalah sebuah simbol tertulis yang menunjukkan cara baca yang tepat dalam sebuah kata. Kamu bisa membedakan bagaimana cara mengucapkan kata 'TREE' dan 'THREE' hanya dengan melihat phonetic transcription yang ada di dalam kamusmu. Asyik kan?


Ketiga, kamu akan tahu kelas kata dari kata yang kamu cari. Seperti kita tahu bahwa, seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris kita memiliki kelas kata yang berbeda seperti halnya kata benda (NOUN), kata kerja (VERB), kata sifat (ADJECTIVE), dan lain sebagainya. Dengan kamus yang baik, kamu akan menemukan kelas kata dari sebuah kta yang kamu cari. Misalnya, kata 'table' yang berfungsi sebagai N (Kata Benda), atau 'handsome' yang berfungsi sebagai Adj. (Kata Sifat). Apa keuntungan mengetahui kelas kata? Tentu saja kamu akan tahu bagaimana menggunakan kata tersebut dalam kalimat yang benar. 

Keempat, kamu juga bisa melihat contoh penggunaan kata yang kamu cari tersebut dalam sebuah kalimat. Misalnya ketika kamu mencari arti kata 'get', maka kamus yang baik pun akan melengkapi dirinya dengan contoh kalimat seperti contohnya, "I get the highest score in the Math test!" Keberadaan contoh kalimat ini tentu akan membantu kamu dalam memahami arti kata 'get' secara lebih dalam lagi. Dengan contoh yang diberikan, harapannya tentu saja kamu akan mampu membuat kalimatmu sendiri berdasarkan dengan definisi atau arti dari kata yang kamu cari. 

Setidaknya, itulah empat keuntungan yang bisa kamu peroleh saat menggunakan kamus dalam belajar bahasa Inggris. Tidak hanya kamu dapat mencari arti atau definisi dari sebuah kata yang tidak kamu pahami maknanya, tapi ada keuntungan-keuntungan lain yang bisa kamu peroleh. So, mulai sekarang, lebih rajin lagi membuka kamus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu ya! Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah bahasa Inggris kamu ke akun twitter atau Instagram saya @aditriasmara ya! I'll try my best to help you! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com