Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, May 7, 2016

Inilah Alasan Mengapa Menonton Film Bisa Membantumu Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris!


"Adakah cara menyenangkan untuk belajar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris?"

Mungkin pertanyaan ini sempat hinggap di kepala kamu. Ya, kamu yang sedang berusaha belajar bahasa Inggris namun merasa kesulitan belajar melalui buku-buku tebal yang berisikan banyak rumus tata bahasa grammar yang terlihat rumit. Hehe..

Tapi, tenang saja. Kamu tak perlu khawatir akan hal itu karena dalam artikel ini saya akan sedikit berbagi satu cara yang menyenangkan yang biasa saya pergunakan untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya: MENONTON FILM. Eits, dengan catatan, menonton film berbahasa Inggris seperti Captain America: Civil War yaa, bukan film berbahasa Indonesia, apalagi India. Hehe..


Nah, mungkin saat ini kamu bertanya-tanya, "Menonton film kan sebuah aktivitas bersenang-senang. Lalu bagaimana mungkin kita bisa belajar pada saat yang bersamaan dengan bersenang-senang?" Wajar saja jika kamu bertanya-tanya akan hal itu, namun berikut saya jabarkan alasannya:

1. Belajar REAL ENGLISH, Bukan Textbook English

Jika kita melihat film-film Indonesia, tentu kita sadar bahwa bahasa yang digunakan oleh para pemeran di dalam film tersebut adalah bahasa keseharian yang biasa kita dengar dan gunakan saat berkomunikasi. Sama halnya dengan film-film Inggris atau Amerika. Bahasa yang mereka gunakan adalah REAL ENGLISH, bahasa yang memang digunakan dalam keseharian, bukan bahasa-bahasa textbook yang kadang terkesan kaku dan terlalu formal. Bahasa yang kamu dengar dalam film-film tersebut bersifat natural, sama seperti apa yang diucapkan oleh para native speakers. Hal ini akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisanmu.   

2. Belajar KOSAKATA BARU Berdasarkan Konteks

Mungkin sebagian dari kamu masih mengandalkan daftar kosakata atau vocabulary list untuk memperkaya perbendaharaan kata yang kamu miliki. Bukan hal yang salah, namun dengan menonton film, kamu bisa menambah perbendaharaan kata yang kamu miliki dengan lebih menyenangkan, bahkan sesuai dengan konteksnya. Katakanlah kamu menyukai film bertema kriminal, lalu kamu menemukan kata "DETECTIVE". Dengan melihat ke dalamm kamus, kamu mungkin paham arti kata detective. Namun, dengan menonton film, selain kamu mengetahui arti dari kata detective tersebut, kamu juga akan mengetahui kapan, bagaimana, dan dalam konteks apa kata tersebut kita gunakan.

3. Belajar BAGAIMANA Sesuatu DISAMPAIKAN

Banyak orang yang percaya bahwa 30% dari pesan apa yang ingin kita sampaikan itu keluar melalui kata-kata. Lalu, bagaimana dengan 70% sisanya? 70% sisanya berasal dari BAGAIMANA kita menyampaikannya, seperti ekspresi wajah yang kita gunakan, bahasa tubuh, atau jenis suara dan intonasi yang kita gunakan. Sederhananya, kata "I LOVE YOU" bisa digunakan dalam beragam konteks yang berbeda. Misalnya seseorang mengatakan "I LOVE YOU" setelah mereka (biasanya pasangan) beradu argumen, atau sesorang ibu mengatakan demikian kepada anaknya, atau kata "I LOVE YOU" yang disampaikan dengan kemarahan, dll. Jika kamu hanya membaca kata "I LOVE YOU", mungkin kamu akan bingung maksud dan tujuan penyampaiannya seperti apa, namun dallam sebuah film, kamu akan mengerti BAGAIMANA menyampaikan dan juga menerima sebuah pesan sesuai dengan situasi dan kondisinya. 


Nah, bagaimana menurut kamu? Menonton film berbahasa Inggris bisa jadi salah satu cara yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu, bukan? Jika artikel ini BERMANFAAT untuk kamu, jangan lupa share artikel ini ke sahabat atau keluarga kamu yang sama-sama sedang mencari cara menyenangkan untuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris yaa! Stay tuned di aditriasmara.com untuk dapatkan tips bahasa Inggris menarik lainnya! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com