Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, March 14, 2016

Hari Gini Masih Minder? Gak Jaman! 7 Cara Sederhana Ini Akan Bikin Kamu Hilangkan Rasa Minder!


Banyak pendapat yang menyatakan bahwa cara seseorang menghargai dirinya sendiri menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan seseorang dalam kehidupannya di dunia. Kamu setuju?

Masalahnya, tidak sedikit orang yang memandang dirinya sendiri rendah alias MINDER, entah karena alasan fisik, psikis, ataupun hal-hal yang lainnya. Kemudian orang-orang tersebut mulai mencari Cara Atasi Minder melalui konsultasi dengan psikolog, membaca buku, menonton video, dan lain sebagainya. 

Nah, artikel ini akan memberi sedikit tambahan referensi bagi kamu, pembaca setia aditriasmara.com, untuk menerapkan Cara Atasi Minder dengan mudah, yaitu dengan menaikkan penghargaan diri. Namun sebelumnya, ada baiknya kita pahami dulu apa itu 'Harga Diri' (Self-Esteem). 


Sederhananya, harga diri adalah cara pandang seseorang dalam menilai dirinya sendiri secara keseluruhan. Penghargaan terhadap diri kita pribadi biasanya bersifat stabil dan bertahan lama. Penghargaan diri yang rendah bisa membuat seseorang depresi, sedangkan penghargaan diri yang terlalu tinggi juga tidak jarang justru merusak hubungan kita dengan orang lain. 

Lalu, bagaimana denganmu? Apa kamu termasuk orang yang memiliki self-esteem yang tinggi? Atau kamu termasuk orang yang minder atau memandang rendah dirimu?

Jika kamu merasa sering menanggap dirimu rendah, tak layak, minder dan tak berdaya, cobalah cara-cara sederhana yang pernah dimuat di blog pengembangan diri livestrong.com ini untuk tingkatkan penghargaan dirimu:

1. Lakukan Sesuatu yang Bermanfaat


Sebagian besar dari kita mungkin sadar bahwa kita memiliki cukup banyak hal untuk dikerjakan, namun sayangnya terkadang kita lebih memilih untuk menunda pekerjaan tersebut dengan alasan 'Mager' alias Males Gerak. Giatlah dalam melakukan sebuah pekerjaan. Produktiflah! Sebuah penelitian menyatakan bahwa kepuasan yang muncul setelah menyelesaikan sebuah pekerjaan yang bermanfaat secara tidak langsung akan meningkatkan penghargaan diri kita terhadap diri sendiri.   

2. Pelajari Hal-Hal Baru


TeensHealth website pernah menyatakan bahwa jika kita menemukan sebuah aktifitas baru yang menyenangkan dan mampu membuat kita bahagia serta 'bersinar' dengan talenta kita, maka akan muncul sebuah kebanggan positif disana, yang tentu saja baik untuk sebuah penghargaan diri. Cobalah hal-hal baru. Yang jelas, menaklukkan sebuah tantangan-tantangan baru akan membuat kamu semakin menghargai dirimu. Asyik kan? ^.^  

3. Berolahraga-lah!


Meski kadang membuat kita lelah, namun aktifitas olahraga membuat badan kita menjadi lebih bugar dari sebelumnya bahkan mampu memningkatkan mood kita. Tak perlu melakukan olahraga-olahraga berat jika memang waktu dan situasinya tidak memungkinkan. Jalan kaki atau naik turun tangga juga bisa membuatmu merasa segar dadn berenergi untuk beraktifitas dengan pikiran dan hati positif.   

4. Terapkan Positive "Self-Talk"


Baik kita sadari atau tidak, kita sering melakukan self-talk atau pembicaraan dengan diri sendiri, seperti misalnya, "Duh aku kayaknya ga bisa deh", "Mmm..aku sungguh bodoh", "Mungkin aku harus mundur dari persaingan itu..", dan lain sebagainya, Self-talk sangatlah berpengaruh pada cara pandang kita terhadap diri kita. Semakin kita menganggap diri kita rendah, semakin buruk juga penghargaan diri kita sehingga kita akan merasa sedih, atau mungkin depresi. Mulailah menerapkan positive self-talk seperti misalnya, "Ah, aku yakin aku pasti bisa!", "Ini adalah kesempatan emasku! Aku akan berjuang!", dlll. untuk membantu kita tingkatkan self-esteem. 

5. Go Outside!


The Journal of Enviromental Science and Technology pernah mengungkapkan bahwa hanya dengan melakukan 5 menit aktifitas outdoor atau luar ruangan, seseorang akan mampu meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Beberapa aktifitas outdoor seperti yang kita tahu sangat menyenangkan seperti misalnya jalan-jalan di sekitar taman, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

6. Rendahkan Ekspektasimu


"Progression is always better than perfection." Dalam melakukan satu dan lain hal, kadang kita memiliki pengharapan atau ekspekstasi yang tingga. Kita ingin semuanya selesai dengan sempurna. Namun ketika pengharapan itu tidak tercapai, kesempurnaan itu sirna, justru kita kerap kecewa. Contoh, saat kamu mengerjakan tugas tertulis, banggalah kepada dirimu yang mampu menyelesaikannya secara on time. Jika pimpinan kamu meminta koreksi dalam beberapa bagian, jangan anggap diri kamu gagal. Anggaplah itu menjadi sebuah kesempatan agar kamu bisa berkembangan dan mengerjakan tugas serupa dengan lebih baik lagi di lain waktu.  

7. Tentukan Tujuan


Layaknya sebuah pesawat yang lepas landas, seseorang dalam hidup ini diharapkan memiliki tujuan. Bayangkan jika ada pesawat yang lepas landas tanpa memiliki tujuan. Ia akan kehabisan bahan bakar, hingga akhirnya terjatuh dan meledak. Tentukan tujuan dalam hidup kita. Tak perlu tujuan-tujuan besar. Susunlah tujuan-tujuan sedang yang mampu memacu dan memberi kita semangat dalam mencapainya. Saat kita mulai mencapaii tujuan-tujuan tersebut, biasanya kita akan merasa lega dan bahagia. Di saat itulah penghargaan diri kita akan terus meningkat. 


Ya, itulah 7 Cara Atasi Minder dengan menaikkan penghargaan diri yang bisa mulai kamu terapkan sekarang juga. Tidak dibutuhkan modal yang banyak ataupun mahal untuk melakukan hal-hal tersebut Hanya dibutuhkan kegigihan serta kebulatan tekad yang kuat untuk terus berkomitmen melakukan hal-hal positif dalam rangka tingkatkan penghargaan diri. 

So, bagaimana tanggapan kamu? Apa kamu setuju dengan cara-cara di atas, atau kamu memiliki cara-cara tersendiri yang belum disebutkan dalam artikel ini? Tinggalkan KOMENTAR dan SHARE artikel ini jika memang bermanfaat untukmu. Sampai jumpa di artikel berikutnya! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com