Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, February 16, 2016

Inilah Rahasia Membuat Slide Presentasi dengan Mudah dan Menarik via Canva.com


Mungkin ada perasaan khawatir bagi sebagian orang, bisa jadi termasuk saya dan kamu, yang menganggap bahwasannnya ketika kita ingin membuat desainn slide presentasi yang menarik, kita wajib mengusai skill desain yang bagus, kita harus memiliki sertifikat desain grafis yang valid, dan lain sebagainya. Mungkin pernyataan ini tidak 100% benar, dan juga tidak 100% salah.

Pemahaman umum seputar dunia desain seperti misalnya pengetahuan seputar warna, kontras, typography, dan lain sebagainya tentu akan memperkaya skill desain slide yang ada di dalam dirimu. Meski demikian, tidak berarti bahwa kamu, yang mungkin tidak memahami seluk beluk dunia desain namun ingin membuat tampilan desain yang menarik, tidak bisa memukau audiens dengan slide presentasi yang kamu buat.

Beragam kecanggihan teknologi tentu memudahkan kita dalam berbagai hal termasuk dalam hal dunia slide desain. Salah satu kemudahan itu datang dari Canva.com, sebuah website yang siap memanjakan kamu dengan fitur editing yang baik sehingga kamu mampu membuat desain presentasi yang ciamik! 

Saya akan sedikit berbagi pada kamu bagaimana kamu bisa melakukannya dengan mudah. Anyway, saya membuat desain slide yang saya tampilkan dibawah ini mengenai “Manfaat Madu” hanya dalam waktu kurang dari 3 menit, loh. Hehe..


So, begini langkah mudahnya.

Anda hanya perlu masuk ke Canva.com dan melakukan Sign up. Untuk memudahkanmu, kamu bisa mendaftar dengan akun Facebook-mu sehingga akun kamu bisa langsung terhubung. Jika sudah, di halaman depan website tersebut, kamu akan disajikan tampilan berikut:


Pilih saja kolom “Presentation” karena resolusi dan ukuran gambar yang ada di kategori tersebut sudah disesuakan dengan ukuran canvas slide presentasimu.  Lalu, tak lama berselang, kamu akan disuguhkan tampilan berikut ini:


Kamu bisa melihat bahwa di kolom bagian kiri, ada beberapa tombol yang bisa kamu manfaatkan. Melalui kolom UPLOADS, kamu bisa mengunggah gambar yang kamu miliki. Melalui fitur BACKGROUND, kamu bisa mengganti background dengan warna atau pola yang kamu inginkan, sedangkan fitur TEXT akan memudahkanmu meletakkan sebuah teks dalam gambar yang kamu miliki. Langsung saja masuk ke fitur LAYOUTS untuk memilih layout yang sesuai dengan tema presentasimu, dalam hal ini saya memilih layout bergambar madu.

Perlu diperhatikan bahwa layout yang disediakan ada layout berbayar dan juga layout free. Untuk memudahkanmu, gunakan saja layout yang FREE alias tanpa bayar. 

Setelah kamu memilih LAYOUT yang kamu inginkan, maka klik pada layout yang kamu maksud tersebut, maka secara otomatis canvas besar yang ada di kolom kanan akan menunjukkan layout yang kamu pilih. Bagaimana selanjutnya? Mudah sekali. kamu hanya perlu klik 2 kali pada teks yang tersedia dan mengedit teks tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan. 


Kamu bisa menyesuaikan dengan jenis FONT yang kamu inginkan, ukuran, warna, bahkan hingga ke pengaturan lebih lanjut. Kemudian, jika kamu ingin menambahkan efek pada gambar utama layout, arahkan saja kursor kamu dan klik pada gambar tersebut, maka akan muncul fitur FILTER yang memungkinkan kamu untuk memberikan efek tertentu pada gambar background yang dimaksud.


Nah, jika kamu telah selesai dengan desain yang ingin kamu buat, selanjutnya kamu hanya perlu menyimpan gambar tersebut dengan cara mendownload nya. Di bagian atas kanan, tekan tombol DOWNLOAD. Kamu bebas apakah kamu akan menyimpan file tersebut dalam bentuk .JPEG atau .PNG. 


Setelah gambar tersebut terdownload dengan baik, kamu hanya perlu memasukkannya dalam software PowerPoint yang kamu miliki. Insert Picture, sesuaikan ukurannya menjadi full size dalam slide presentasi kamu, dan tadaaaaa..selesai! Bagaimana? Cukup mudah, ‘kan? Selamat mencoba membuat desain yang menarik dan memanjakan mata audiens! 

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow saja Twitter dan Instagram saya di @aditriasmara atau tinggalkan pesan kamu di kolom KOMENTAR yang ada di bawah ini yaa. Jangan lupa SHARE artikel ini jika bermanfaat untuk kamu. Have a nice day, fellas! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com