Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, February 10, 2016

Pentingnya Memiliki Komunitas Belajar Bahasa Inggris yang Tepat


Hallo, sahabat pembaca sekalian! Terimakasih telah kembali berkunjung ke aditriasmara.com. Senang sekali rasanya bisa kembali berbagi dalam artikel singkat yang mudah-mudahan menghadirkan pembelajaran untuk kita semua ini.

Well, pada dasarnya saya hanya ingin menceritakan apa yang saya lalui di sekolah tempat saya mengajar hari ini, tepatnya terkait dengan Learning Community, atau Komunitas Belajar.

Seusai jam pelajaran reguler hari ini selesai, tepatnya pada jam 14.20 WIB, saya masih harus mengajar beberapa anak untuk memberikan jam tambahan belajar bahasa Inggris. Tujuan dari kelas tambahan ini tentunya menambah skill sekaligus kepercayaan diri siswa untuk menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Hari ini ada 6 siswa yang terlibat dalam pembelajaran tersebut. Mereka adalah Khesa, Zaky, Dadi, Haadi, Aldi, dan juga Jennifer.

Senang sekali rasanya saat berbagi pengetahuan dengan mereka, anak-anak yang di atas kertas kemampuannya masih di kisaran "rata-rata", namun semangat dan antusiasme mereka sangatlah besar untuk terus belajar dan mencoba.

Satu hal yang saya amati. Secara tidak langsung, mereka ber-6 membentuk sebuah komunitas belajar bahasa Inggris yang sangat supportive. Kemampuan mereka kurang lebih sama, semangat dan keterlibatan mereka dalam diskusi pun sama. Bahkan tentu saja, tujuan belajar mereka sama: menambah kemampuan bahasa Inggris aktif.


Saya kemudian berpikir, mencoba menganalisa, dan akhirnya mengambil sebuah pembelajaran, bahwa komunitas belajar yang baik akan membantu tercapainya tujuan pembelajaran dengan lebih cepat dan optimal. 

Sama halnya saat misalnya kamu ingin mempercepat dan mempermudah proses pembelajaran bahasa Inggris kamu. Saya sarankan agar kamu membentuk sebuah komunitas belajar dimana di dalamnya setiap individu memiliki kepedulian yang tinggi pada individu-individu yang lainnya, proses mencari tahu yang aktif dan produktif, serta lingkungan belajar yang supportive. 

Temukan dan kumpulkan teman-teman yang memiliki satu visi, satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kemapuan bahasa Inggris. Setelah itu, tentukan jadwal serta target-target belajar yang diraih, bangun suasana belajar yang menyenangkan, dan nikmati prosesnya. Menyenangkan sekali bukan? Saya yakin komunitas belajar yang memiliki tujuan dan target yang jelas akan menghadirkan kenyamanan di dalamnya. ^.^

Menyadari pentingnya komunitas belajar, saya juga membentuk komunitas belajar bahasa Inggris secara online atau virtual disini: "Belajar Bahasa Inggris via aditriasmara.com". Dengan platform atau media belajar berupa Facebook group, saya mencoba mengumpulkan dan mengundang teman-teman yang memiliki ketertarikan dan keinginan yang sama, yaitu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.


Dengan membentuk komunitas belajar virtual ini, harapan saya adalah membantu mempercepat dan mempermudah proses pembelajaran para member yang ada di dalamnya dimana mereka bisa belajar dari info yang ada di group sekaligus menemukan orang-orang yang memiliki satu visi dengan mereka dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa Inggris. 

Nah, jika kamu ingin bergabung ke komunitas belajar virtual yang saya kelola, silahkan langsung saja klik DISINI. Dengan senang hati saya akan mengajak kamu untuk menyerap info dan pengetahuan yang tersedia, berbagi ilmu yang kamu punya, mengajukan pertanyaan seputar bahasa Inggris, serta terhubung langsung dengan teman-teman lain yang memiliki impian sama: Mempercepat dan mempermudah proses belajar bahasa Inggris. 

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1000 orang yang tergabung sebagai member, loh! So, tunggu apa lagi? Gabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris virtual DISINI yuk!

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com