Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, January 15, 2016

Cara Mudah untuk Kurangi Penggunaan Kata "Ehmm..." Saat Melakukan Presentasi


Apa kamu seorang pelajar? Mahasiswa? Karyawan, direktur, atau mungkin pengusaha? Apapun pekerjaan kamu, saya yakin kamu sudah cukup akrab dengan dunia presentasi dimana kamu harus menyampaikan sebuah pesan kepada sekelompok orang yang berada di depan atau sekelilingmu. 

Nggak jarang kondisi tersebut membuat kita nervous, ya? Atau takut, panik, bingung, lutut gemetar, keringat dingin membasahi dahi, dan lain sebagainya. Alhasil, terkadang dengan atau tanpa kita sadari, saat kita berbicara, kita sering menggunakan kata-kata pengisi yang nggak bermakna dan cenderung sedikit mengganggu, seperti kata "Ehmm..." contohnya.
 
Coba bayangkan diri kamu berada dalam sebuah acara seminar atau yang lebih sederhana, saat kamu mendengarkan guru atau dosen yang sedang menyampaikan sebuah materi. Nah, saat orang tersebut menyampaikan pesannya, ia kerap sekali kehilangan kata-kata dan akhirnya hanya mengucapkan kata "Ehmm..", terus saja diulang-ulang seperti itu.

http://listentoyourmothershow.com/dc/wp-content/uploads/sites/11/2014/01/audience-rapt.jpg

Apa yang kamu rasakan?

Tentu hal tersebut selain membuat kamu nggak nyaman, juga bisa saja membuatmu kesulitan mendapatkan inti dari apa yang ia sampaikan. Bahkan hal ini bisa membuat sang pembicara terlihat nggak memiliki kapasitas dan kredibilitas, benar apa benar?

Maka dari itu, saat melakukan presentasi atau saat berbicara di depan publik, cobalah kurangi penggunaan kata "Ehmm.." saat menyampaikan pesan kamu. Namun yang menjadi pertanyaan adalah: "Bagaimana caranya?" Tenang, dalam artikel ini, saya akan coba bagikan bagaimana cara mudah untuk kurangi penggunaan kata "Ehmm..." saat melakukan presentasi. Here we go!

Pertama, dengarkan dirimu berbicara. Saat mendapat kesempatan berbicara di depan publik baik itu melakukan presentasi, memimpin rapat, atau apapun itu, cobalah rekam dirimu sendiri menggunakan perekam suara atau bahkan video. Memang terkadang sedikit kurang nyaman saat kita mendengarkan atau melihat rekaman kita sendiri, namun hal ini sangatlah penting.


Dengar baik-baik kata-kata yang kamu utarakan, analisa seberapa sering kamu menggunakan kata "Ehmm.." saat berbicara, dan mungkin kamu akan menemukan fakta mengerikan bahwa kamu cukup sering menggunakan kata "Ehmm.." saat berbicara. Saat kamu menyadari hal itu dan merasakan ketidaknyamanan, maka kamu secara natural akan mencoba mengurangi penggunaan kata-kata itu lain waktu saat kamu mendapatkan kesempatan melakukan presentasi. 

Kedua, gunakan ritme saat berbicara. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, kita akan berbicara dengan sedikit tidak teratur dan tidak terarah saat kita menyampaikan sebuah presentasi yang tidak kita persiapkan terlebih dahulu. Cobalah untuk memikirkan apa yang ingin kamu bicarakan dan buat catatan kecil tentang point-point penting yang ada dalam presentasimu. 


Jika sudah, potong-potong informasinya, buat ritme bicara yang baik. Bicara kemudian jeda, bicara kemudian jeda, dan seterusnya. Ritchelle Blanco Dejolde, salah satu trainer di bidang presentasi publik, menyampaikan bahwa jika memotong informasi menjadi bagian-bagian kecil akan membuat kita menemukan ritme bicara. Ia juga menambahkan jika kita menjaga ritme tersebut, maka secara perlahan kita akan mengurangi penggunaan kata "Ehmm..", "Aah..", dan kata-kata pengisi lainnya yang tidak memiliki makna apapun.

Ketiga, buatlah kontak mata dengan audiens. Terdengar sederhana, namun ternyata cara ini cukup efektif digunakan untuk mengurangi penggunaan kata-kata pengisi yang mengganggu dalam presentasi kamu. Coba saya jelaskan sedikit bagaimana kontak mata bisa membantu kamu dalam hal ini. 


Ada pepatah yang mengatakan, "The eyes are the windows to a man's soul." Akan sangat aneh rasanya jika kita menggunakan kata-kata "Ehmm.." saat mata kita 'terkunci' dengan tatapan mata para audiens. Coba saja buktikan sendiri. Berdirilah dengan posisi yang tegak serta nyaman dan cobalah berbicara dengan menatap mata audiens dengan penuh perhatian yang tulus. Akan sangat sulit bagi kita untuk kehilangan kata-kata saat berbicara. 

Itulah setidaknya tiga cara mudah untuk kurangi penggunaan kata "Ehmm..." saat melakukan presentasi. Saya sudah mencoba ketiga acara ini saat mengisi beberapa sesi seminar yang saya jalani dan hal ini terbukti efektif. Bagaimana dengan kamu? Cara apa yang biasa kamu lakukan untuk kurangi penggunaan kata "Ehmm.." saat berbicara di depan publik? Bagikan pengalaman kamu saat presentasi dengan meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini yaa! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com