Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, January 14, 2016

Apa Kamu Masih Salah Mengucapkan 30 Kata dalam Bahasa Inggris Ini? (Part I)


Seperti yang sahabat pembaca semua tahu, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini. Banyak penduduk di berbagai berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Afrika, hingga Asia sudah mahir menggunakan bahasa Inggris, baik secara lisan ataupun tertulis. 

Tapi, tidak jarang juga banyak dari penutur bahasa Inggris tersebut yang masih membuat kesalahan dalam proses pembelajarannya. Tentu hal yang normal, bukan? Nah, salah satu kesalahan yang kerap dibuat adalah masalah pengucapan atau pronunciation. 

Dari URL ini, saya coba bagikan 30 kata dalam bahasa Inggris yang pengucapannya kerap salah, bahkan juga kadang dilakukan oleh penutur bahasa Inggris asli (native speakers). Ini dia 30 kata tersebut:

1. Almond: Buah kering yang satu ini dilafalkan 'Ah-mund' (pengucapan huruf 'U' sama seperti pengucapannya dengan kata 'SUN'). 'L' dalam kata 'Almond' menjadi silent alias tidak dilafalkan. Jadi, kamu bukan mengucapkannya 'Aal-mund'. 

2. Bury: Cara pengucapan kata yang satu ini sama dengan cara pengucapan kata 'Berry', yaitu: Be-ri, bukan beu-ri ataupun burr-ri.

3. Dengue: Salah satu jenis penyakit ini dilafalkan 'Den-gee' (pengucapan 'gee' sama seperti pengucapan 'cheese' yaitu dengan 'i' yang panjang), bukannya 'Den-goo'.

4. Dessert: Dilafalkan 'Dizz-urt', (pelafalan 'U' seperti dalam kata 'Sun'), bukan 'des-ert' yang kadang diucapkan beberapa orang. 

5. Schedule: Berdasarkan standard pengucapan American English, kata yang satu ini dibaca 'sked-jule'. Sedangkan, menurut standard pelafalan British English, 'shed-yool' adalah cara pengucapan yang benar. 

6. Zebra: Dalam American English, kata 'Zebra', dilafalkan 'Zee-bra'. Di sisi lain, dalam British English dilafalkan 'Zeb-ra'.

7. Niche: Kata ini dibaca 'Nee-sh' dalam American English sedangkan dalam British English, kata Niche dibaca Nitch.

8. Bowl: Bukan 'ba-ool' cara pengucapan yang benar, tapi, cara pelafalan yang benar adalah 'bo-hl'.

9. Euler: Kata ini dilafalkan seperti kamu mengucapkan kata 'Oiler', bukan diucapkan 'Yuler' atau 'Yular'.

10. Truth: Sebuah kata yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'Kebenaran' ini diucapkan 'troo-th' (seperti dalam 'boo'), bukannya diucapkan 'tru-th'.

11. Epitome: Meski pengucapan kata yang satu ini kerap terdengar seperti 'Ep-i-tome', padahal cara pengucapan yang benar adalah 'Ep-i-tummy'.

12. Develop: Pelafalan yang benar adalah 'D+vay+lupp', bukan 'Day+vay+lupp'.

13. Pizza: Cara pengucapan yang tepat adalah 'Peet-zuh', bukan 'Pi-za'.

14. Monk: Kata ini seharusnya dilafalkan 'muhngk' (pengucapan bunyi vokal seperti dalam kata 'drunk'). Kadang 'Monk' ini sering salah cara pengucapannya menjadi 'mawnk'.

15. Genre: 'Zhon-ruh' adalah cara yang tepat untuk melafalkan kata yang biasanya berkaitan dengan karya seni, seperti musik atau film, ini. Orang-orang kadang mengucapkannya dengan salah, yaitu 'Jen-ner'.

Temukan 15 kata yang lain yang pengucapannya kerap salah dalam seri kedua artikel ini dengan kliki link INI sekarang juga! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com