Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, January 27, 2016

#TipsForTeachers: Hanya dengan 'Post-It Notes', Kamu Bisa Memainkan 5 Ice Breaking Menyenangkan Ini!


Sudah pernah mencoba 5 ice breaking sederhana menggunakan Post-It Notes?

Pada tanggal 5 Januari 2016 lalu, saat saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi sedikit ilmu yang saya miliki tentang interactive teaching di hadapan para dewan guru Sekolah Tunas Indonesia, saya sempat menyampaikan bahwa ATTENTION-GRABBER adalah salah satu unsur yang esensial dalam proses pembelajaran aktif. Bagaimana kita mengharapkan para siswa untuk aktif terlibat jika kita tidak mampu menarik perhatian dan antusiasme mereka sejak awal pembelajaran?

Nah, dalam ATTENTION-GRABBER sendiri, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti misalnya melakukan ice breaking bersama-sama, membuka kelas dengan pantun, membawakan sebuah cerita, bahkan melontarkan sebuah jokes atau candaan segar yang membuat seisi kelas tertawa merupakan bahan kita untuk mendapatkan atensi siswa, Jadi, attention grabber tidaklah melulu tentang ice breaking.

Meski demikian, kurang mampunya saya menyusun jokes atau membawakan cerita di depan kelas, membuat saya lebih sering menerapkan ice breaking sehingga saya terus belajar macam-macam ice breaking yang bisa diterapkan di kelas, salah satunya yang baru saya pelajari adalah kegiatan ice breaking yang dilakukan dengan media POST-IT NOTES yang saya dapat dari url ini. 


Berikut saya bagikan kepada sahabat pembaca sekalian 5 aktifitas ice breaking yang bisa diterapkan dengan menggunakan post-it notes. Here we go!

1. "Harta Karun Tersembunyi"

Tuliskan beberapa pertanyaan sederhana - bisa tentang  materi pelajaran minggu lalu, penjumlahan sederhana bilangan matematika, kata dalam bahasa Indonesia yang harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris, dan lain sebagainya - dalam post it notes yang kamu punya. Lalu, tempelkan post-it notes tersebut di papan tulis dalam keadaan tertutup. 

Tunjuk seorang siswa untuk maju ke depan dan secara acak memilih post-it notes yang ada di papan, kemudian mintalah ia menjawab pertanyaan yang tertulis. Jika ia mampu menjawabnya langsung, ia berhak mendapat tepuk tangan atau reward bintang dari guru dan kemudian menunjuk siswa lain untuk meneruskan permainan. Jika ia tidak mampu menjawab, minta ia memanggil satu orang siswa lain untuk maju ke depan dan membantunya menjawab pertanyaan. Jika sudah, jangan lupa minta siswa tersebut mengucapkan terima kasih kepada siswa yang membantunya. Guru melanjutkan dengan siswa yang lain hingga post-it notes di papan tulis menjadi bersih. 


2. "Dua Fakta dan Satu Kebohongan" 

Berikan TIGA post-it notes kepada masing-masing siswa di kelas kamu. Pada dua post-it notes, minta siswa menuliskan dua hal yang mengandung unsur kebenaran atau fakta. Misalnya, dalam pelajaran bahasa Inggris, di lembar pertama siswa dapat menuliskan "AMAZING is the synonym of the word AWESOME." dan menuliskan "Past tense is used to tell people what happened in the past." pada lembar stick-it notes yang kedua. Kedua pernyataan tersebut jelas mengandung unsur kebenaran.

Sedangkan pada sisa satu lembar stick-it notes yang dimiliki siswa, minta mereka menuliskan satu hal yang mengandung unsur kebohongan atau kesalahan. Misal, "The Verb II of the word TAKE is TAKEN."(yang benar adalah TOOK). Lalu, jika sudah, minta siswa untuk membentuk kelompok kecil, 4 hingga 5 orang. Dalam group tersebut siswa diminta menunjukkan tiga post-it notes yang ia miliki dan meminta siswa lain menebak mana yang merupakan fakta atau kebenaran dan mana yang merupakan kebohongan. Siswa lain pun diperkenankan mengajukan pertanyaan terkait apa yang ada dalam stick-it notes.

Ingat bahwa contoh yang digunakan tidak bersifat mutlak. Artinya, kamu bisa mengkombinasikan atau menyesuaikan permainan ini dengan subjek yang kamu ajar atau materi yang sedang dibahas di kelas. Let us be creative educators!

3. "Mengenal Lebih Dekat"

Bagikan satu post-it notes kepada masing-masing siswa dan minta mereka untuk menuliskan 5 hal mengenai dirinya. Bebas, apapun itu. Misalnya: 1) Saya memiliki dua saudara laki-laki, 2) Saya menyukai pelajaran PE, Bahasa Inggris, dan Mandarin. 3) Saya tinggal di daerah Bintaro, Tangsel. 4) Anjing peliharaan saya bernama Chiko. 5) Olahraga favorit saya adalah lari, tapi bukan lari dari kenyataan. Hehe.. Oh iya, tidak usah meminta mereka intuk menuliskan nama mereka. Biarkan saja tanpa nama. 


Jika sudah, kumpulkan stick-it notes para siswa dan tempelkan pada papan tulis di kelas. Tunjuk satu anak untuk maju ke depan, minta ia secara acak mengambil post-it notes yang ada di papan dan membacakan 5 hal yang tertulis dengan keras. Tugas ia selanjutnya ialah menebak kepunyaan siapa post-it tersebut dengan mengaitkan fakta yang ada di dalam post-it notes dengan kepribadian temannya tersebut. Setelah ia menebak, minta ia menunjuk siswa lain, atau guru bisa melakukannya, untuk melanjutkan permainan dengan siswa yang berbeda.. Begitu seterusnya hingga post-it notes di papan habis terbuka. 

4. "Apakah Aku"

Saya akan ilustrasikan ice breaking ini sesuai dengan subject yang saya ajar, yaitu bahasa Inggris. Untuk penerapan di kelas yang berbeda, bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas. 

Katakanlah saat itu saaya sedang belajar tentang deskripsi binatang. Saya sudah menyiapkan beberapa post-it notes dengan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris yang tertulis di atasnya, seperti BIRD, FISH, SNAKE, dll. Saya meminta siswa saya untuk menemukan seorang rekan bermain sehingga mereka membentuk partner dan saling berhadapan, katakanlah si A dan si B. Lalu saya menempelkan post-it notes di dahi para siswa A, dimana yang bisa melihat tulisan yang ada di notes tersebut hanyalah siswa B. Tugas si A kemudian adalah mengajukan pertanyaan YA / TIDAK (Yes-No Question) pada si B sehingga akhirnya ia mendapatkan clue dan mampu menebak binatang apa yang tertulis di dahinya. 

Misal, "Do I have four legs?", "Am I as big as a horse?", "Am I a pet?", "Do I eat vegetables?", dan lain sebagainya. Berikan batas waktu, kurang lebih 3 menit, agar si A segera menebak dan menyelesaikan permainan. Saat waktu habis, mulai lagi permainan, kali ini dengan menempelkan post-it ke siswa B. 

5. "All-Star Class"

Ini salah satu kegiatan favorit saya, yang biasa saya lakukan di akhir semester. Akan ada moment dimana di akhir semester, para siswa sudah saling mengenal satu dengan yang lainnya, baik itu sifat positfnya maupun sifat negatif yang dimilikinya. 

Berikanlah masing-masing siswa selembar kertas HVS, dan minta mereka menggambarkan diri mereka sendiri. Tidak harus bagus karena memang pada dasarnya tidak semua siswa diberkahi kemampuan menggambar yang baik. Gambar bisa dalam bentuk apapun, stick man pun tidak menjadi masalah, bahkan simbol seperti bunga pun biasanya saya ijinkan. Kemudian jika sudah, minta mereka menuliskan nama mereka dengan jelas. Guru mengumpulkan gambar tersebut dan menempelkannya di papan secara berurutan.

Bagikan beberapa post-it notes berbentuk BINTANG, kepada setiap siswa. Minta mereka untuk menuliskan kata sifat positif untuk mendeskripsikan setiap teman yang ada di kelasnya, misalkan KIND, GENEROUS, HELPFUL, FRIENDLY, atau apapun itu. Kemudian minta mereka menempelkan post-it notes bintang tersebut ke gambar teman yang ia maksud yang sudah ada di depan. Ketika semua selesai, siswa bisa membawa pulang gambar yang sudah lengkap dengan deskripsi positif tentang dirinya yang dituliskan oleh teman-teman satu kelasnya.


Nah, itulah setidaknya 5 ice breaking sederhana dengan menggunakan post-it notes yang bisa kamu adaptasi sesuai dengan kebutuhan dan relefansi pembelajaran yang ada di kelas. Menyenangkan sekali bisa terus berbagi! Bagikan pengalaman kamu dalam menggunakan post-it notes dalam ice breaking dengan meninggalkan sebuah cerita pengalaman di kolom KOMENTAR di bawah ini. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. Simak terus aditriasmara.com untuk mendapatkan tips n' trick serta ilmu pengetahuan yang fresh dan inspiratif tentang dunia pendidikan bahasa Inggris, publik speaking, dan pengembangan diri. Jangan lupa SHARE artikel ini yaa! Cheers! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com