Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, December 4, 2015

#Trivia: MUST atau HAVE TO?


Ya, sebagian dari kamu mungkin sudah mengerti bahwasannya kata 'MUST' dan 'HAVE TO' mengandung artian yang serupa, bahkan bisa dikatakan sama, dalam bahasa Indonesia yaitu 'HARUS' atau 'PASTI'. Namun ternyata dalam penggunaannya, kedua memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sudahkan kamu mengetahuinya?

Nah, dalam artikel ini saya akan membahasnya untuk kamu semua dengan referensi dari url ini.

----------------------------

Kita menggunakan kata 'MUST' untuk menunjukkan bahwa kita yakin akan sebuah kebenaran yang pasti. Kita meyakini hal tersebiut berdasarkan bukti-bukti atau alasan yang jelas. Perhatikan contoh berikut:

  • "There's no heating on. You MUST be freezing." ("Tidak ada penghangat yang menyala. Kamu PASTI merasa sangat kedinginan.")
  • "It MUST be nice to live in Florida." ("PASTI sangat menyenangkan untuk tinggal di Florida.")
  • "You MUST be worried that she is so late coming home." ("Kamu PASTI khawatir karena dia pulang terlambat.")

----------------------------

Kita juga menggunakan kata 'MUST' untuk menunjukkan keharusan yang sangat kuat. Saat kita menggunakan 'MUST', biasanya keadaan personal (internal) membuat keharusan tersebut penting. Coba simak contohnya dalam kalimat-kalimat di bawah ini:

  • "I MUST go to bed earlier." ("Saya harus tidur lebih awal.")
  • "You MUST come and visit Grandma this December." ("Kamu HARUS datang dan mengunjungi nenek bulan Desember ini.")
  • "I MUST say, I don't think you were nice to him." ("Saya HARUS katakan bahwa saya kira kamu tidak bersikap ramah padanya.")

----------------------------

Sama halnya dengan 'MUST', kata 'HAVE TO' juga mengindikasikan adanya sebuah keharusan yang kuat. Namun yang menjadi pembeda adalah bukannya keadaan personal (internal), melainkan faktor atau kondisi eksternal, yang membuat keharusan itu penting. Silahkan lihat dan pahami contoh penggunaannya berikut:

  • "I HAVE TO arrive at work at 9 sharp. My boss is very strict." ("Saya HARUS sampai di kantor tepat pukul 9. Pimpinan saya sangat tegas.")
  • "You HAVE TO pass the exam or the university will not accept you." ("Kamu HARUS lulus dari ujian tersebut, jika tidak maka perguruan tinggi itu tidak akan menerimamu.")
  • "Andi HAS TO send a written report to his teacher every Friday to boost his final score." ("Andi HARUS mengirimkan laporan tertulis pada gurunya setiap Jumat untuk meningkatkan nilai akhirnya.")


NB: Saat subjek kalimat kamu adalah He, She, atau It, maka kamu menggunakan 'HAS TO', bukan 'HAVE TO'. Sedangkan dalam British English, kita lebih sering menggunakan 'HAVE GOT TO' sebagai pengganti 'HAVE TO'.

Nah, begitu sedikit ulasan singkat tentang peggunaan kata 'MUST' dan 'HAVE TO' dalam bahasa Inggris yang lazim digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Saya berharap artikel ini bisa membantu teman-teman semua yaa. Terima kasih untuk pemiliki akun Facebook bernama 'Albheartfd' yang telah menanyakan masalah penggunaan 'MUST' dan 'HAVE TO' sehingga artikel ini saya buat agar manfaatnya bisa dirasakan lebih banyak orang lagi.  

bagi teman-teman pembaca yang memilik pertanyaan seputar dunia pembelajaran dan pendalaman ilmu bahasa Inggris, jangan ragu untuk menanyakannya langsung dengan meninggalkan komentar di blog ini atau bergabung ke klub belajar bahasa Inggris online DISINI. ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com