Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, December 13, 2015

Sudah Pernah Coba 5 Permainan Ini Untuk Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggrismu? (PART 1)


Masih bingung bagaimana caranya belajar bahasa Inggris dengan cepat, efektif, dan menyenangkan? Atau bingung bagaimana caranya membuat adik atau anak tertarik belajar bahasa Inggris? Tenang! Kamu bisa coba 5 permainan ini untuk kembangkan kemampuan bahasa Inggrismu!

"Belajar yang efektif adalah belajar yang dilakukan sambil bermain," begitulah kata salah seorang guru saya di SMP dulu. Saya sempat bertanya-tanya, "Bagaimana bisa belajar sambil bermain? Belajar kan di kelas, sedangkan bermain kan di luar kelas?" Namun setelah saya tumbuh dewasa, saya baru sadar bahwa apa yang dikatakan guru saya tersebut benar adanya. 

Bermain disini bukan berarti hanya bersenang-senang tanpa arah tujuan yang jelas, melainkan dengan tujuan tertentu, yaitu memudahkan setiap dari kita untuk menyerap pembelajaran dengan kemasan yang asyik dan menyenangkan. Justru biasanya kita akan belajar suatu hal yang baru dengan lebih cepat dan efektif! Nah, dalam belajar bahasa Inggris pun berlaku hal yang sama.  

Belajar bahasa Inggris juga harus menyenangkan, setuju? ^.^ Dari url ini, saya akan bagikan setidaknya 5 permainan yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu. Here we go!

1. Two Truths and A Lie

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Ambillah secarik kertas dan tuliskanlah tiga hal tentang diri kamu. Dua dari hal tersebut adalah fakta atau kejujuran sedangkan satu sisanya adalah kebohongan. Misalnya: 1) "I love animals so that I have a cute pet.", 2) "I can play guitar well.", dan 3) "I have already been in London once in my life." Nah, bacakan ketiga hal tersebut pada pemain lain (atau grup), kemudian mintalah mereka untuk menebak mana yang merupakan kebohongan. Peserta lain diijinkan untuk mengajukan pertanyaan kepada kamu untuk memudahkan mereka mengidentifikasi kebohongan yang sudah kamu tuliskan. Jadi, siapkan dirimu untuk menjawab pertanyaan yaa! ^.^

2. Last Letters

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mempertajam pengetahuan kosakata yang kamu miliki dengan cara membuat daftar kosakata berdasarkan kategori tertentu. Pertama-tama, kamu harus membuat kesepakatan dengan lawan bermainmu tentang kategori yang akan kamu pilih, misalnya 'Food', 'Animal', 'Fruit', 'Country', dan lain sebagainya. Setelah menentukan kategori tersebut, katakan saja kita menggunakan kategori 'Animal', maka kamu bisa mulai meneybutkan satu kata yang ada di dalam kategori 'Animal', seperti 'CAT' contohnya. Nah, selanjutnya, orang kedua harus mengucapkan kata, dalam kategori yang sama, dengan menggunakan huruf terakhir (Last Letter) dari orang pertama yaitu 'T' dari kata 'CAT' sebagai huruf pertamanya. Jadi, ia bisa mengatakan 'TURTLE'. Orang selanjutnya mulai dengan huruf 'E' - huruf terakhir dari 'TURTLE'. Jadi ia bisa mengatakan 'EAGLE', dan seterusnya. Disadari atau tidak, permainan ini akan semakin mempertajam penguasaan vocabulary kamu, loh!

3. Hangman

Serupa dengan permainan sebelumnya, Last Letters, permainan Hangman ini terbukti menjadi salah satu cara efektif untuk belajar kosakata baru. Begini cara bermainnya: Pikirkan satu kata dan gambar garis-garis sejumlah kata yang kamu pikirkan tadi. Misalnya kamu berpikir tentang kata "potato", maka kamu hanya perlu menuliskan "_ _ _ _ _ _" dalam selembar kertas ataupun media tulis lainnya. Rekan bermain kamu harus menebak kata yang kamu pikirkan dengan menyebutkan huruf per huruf. Jika mereka menebaknya dengan benar, maka tuliskanlah huruf yang mereka tebak dalam garis yang tadi sudah kita buat. Sebaliknya, jika mereka salah menebak, mulailah menggambar bagian-bagian dari Hangman (sebuah tiang gantung dengan seorang stickman) seperti gambar di bawah ini. Nah, jika lawan bermain kamu mampu menebak semua huruf sebelum kamu selesai menggambar Hangman, maka ia adalah pemenangnya. Namun jika kamu selesai membuat Hangman dalam keadaan belum semua huruf terbuka, kamulah pemenangnya. Asyik, kan?

Nah, sejauh ini, itulah tiga permainan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk kembangkan kemampuan bahasa Inggrismu! Untuk dua permainan yang lainnya, kamu bisa klik DISINI sekarang juga. Anyway, pantau terus aditriasmara.com untuk mendapatkan update terbaru seputar info, pengetahuan, serta tips-tips bahasa Inggris praktis yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaa!

Jadi, apa kamu sudah siap mencoba permainan-permainan ini untuk kembangkan kemampuan bahasa Inggrismu? ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com