Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, December 2, 2015

Hadirkan "Hiu-Hiu Kecil" dalam Kehidupanmu


Konon diceritakan ada dua orang pengusaha pemiliki restaurant seafood yang ternama di pusat kota Jakarta, masing-masing bernama Pak Ahmad dan Pak Sabar. Kedua restaurant seafood tersebut bersaing menjadi yang terbaik dengan berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan kualitas makanan yang mereka sajikan serta selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. 

Suatu hari ada seorang tamu dari Jepang yang sekaligus merupakan pengamat makanan, bernama Mr. Yamato, yang dengan sengaja mampir ke kedua restaurant tersebut. Setelah mencoba makanan dari masing-masing restaurant, Mr. Yamato menawarkan sebuah deal yang menarik bagi kedua pengusaha sukses tersebut. Ia menawarkan sebuah program kerjasama masing-masing kepada Pak Ahmad dan Pak Sabar.

"Makanan yang di sajikan di restaurant ini luar biasa. Namun, saya membayangkan apabila Anda mendatangkan ikan langsung dari Jepang dan mengolahnya dengan bumbu khas Indonesia, restaurant Anda saya jamin akan berkembang dengan pesat karena pelanggan akan terus berdatangan," kata Mr. Yamato saat menemui Pak Ahmad. Hal yang sama pun dikatakannya saat ia berbicara dengan Pak Sabar.


Pucuk dicinta ulam pun tiba, Pak Ahmad dan Pak Sabar ternyata sama-sama menyetujui penawaran kerjasama tersebut. Mmm..persaingan mereka akan menjadi semakin menarik nampaknya.

Satu bulan kemudian, terhitung dari proses kesepakatan dengan Mr. Yamato, masing-masing dari Pak Ahmad dan Pak Sabar pun menerima paket ikan hidup langsung dari Jepang! Saat diolah, dengan cara dan bumbu yang serupa, ternyata ikan di restaurant milik Pak Sabar terasa lebih enak daripada miliki Pak Ahmad! Apa yang terjadi? Bumbu yang digunakan tak jauh berbeda, cara pengolahan ikan serupa, ikan-ikan yang dibeli pun dikirim dari tempat yang sama oleh orang yang sama, namun mengapa menjadi berbeda?

Ini rahasianya :)

Saat memesan ikan dari Mr. Yamato, Pak Ahmad hanya sekedar memesan ikan dengan jumlah yang ia inginkan tanpa memberikan pesan-pesan tertentu. Sedangkan, di sisi lain, Pak Sabar memberikan sebuah pesan khusus pada Mr. Yamato: "Mr. Yamato, saat Anda mengirimkan ikan-ikan terbaik Anda dari Jepang, tolong selipkan satu ikan hiu kecil di dalam akuarium yang akan Anda kirim." Ya, satu hiu kecil.

Keberadaan hiu kecil di dalam akuarium yang dikirim Mr. Yamato untuk Pak Sabar ternyata membuat ikan-ikan lain yang ada di dalamnya aktif bergerak, menghindari si hiu kecil tersebut. Ikan-ikan tersebut terus aktif, bergerak, tidak mau "kalah", apalagi menjadi santapan nikmat sang hiu.

Sedangkan ikan-ikan yang dikirim untuk Pak Ahmad merasa sangat nyaman berada di dalam akuarium dan cenderung tidak melakukan banyak "aktifitas" tertentu karena memang tidak ada sesuatu yang membuat mereka bergerak. Alhasil, saat ikan-ikan kiriman tersebut datang ke Indonesia, ikan-ikan milik Pak Sabar masih sangat FRESH jika dibandingkan dengan ikan-ikan kiriman untuk Pak Ahmad. 

,,,

"Begitulah hidup. Jika semua terasa begitu nyaman, kita tidak akan banyak berkembang, tidak akan banyak bertumbuh. Hiu-hiu kecil, tantangan-tantangan hidup yang ada dalam keseharian, jika disikapi dengan bijak keberanian yang tulus justru akan membuat kita semakin kuat, semakin tangguh, dan semakin tahan banting," kata salah satu seorang guru kehidupan yang saya miliki usai menceritakan kisah hiu kecil ini pada saya.

"Bukan kita harus keluar dari zona nyaman, namun perluas lah zona nyaman kita dengan sesuatu yang baru, yang menantang, maka kelak kita akan menjadi pribadi yang terus tumbuh dalam arah yang positif," katanya menambahkan.

Saat saya mengalami masalah, menghadapi tantangan hidup, saya selalu ingat kisah ini. Ingat petuah dari sang guru yang saat saya refleksikan ke dalam diri saya sendiri, saya akui benar adanya. Semoga cerita ini juga bisa menjadi pembelajaran positif untuk kita semuanya yaa! Ingat untuk bagikan artikel ini pada orang-orang yang kamu sayang!

Saya akan tutup dengan sebuah kutipan sederhana:

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com