Adi Triasmara

Adi Triasmara

Sunday, November 1, 2015

Coba Renungkan Hal-Hal Ini. Yakin Masih Mau Nunda SKRIPSI?


SKRIPSI. Sebuah kata yang sangat akrab dan bahkan mungkin menjadi sosok yang menghantui para mahasiswa tingkat akhir (*maaf agak lebay..hehehe*). Tapi setuju dong kalau kenyataan yang ada di sekitar kita memang begitu adanya? ^.^

Hasil belajar dan kerja keras selama 3 tahun pertama di kampus bisa jadi sia-sia kalau kamu melalaikan skripsi yang notabene menjadi salah satu syarat mutlak kelulusan dalam jenjang perguruan tinggi. Memang ada sebagian mahasiswa yang sangat cepat dan lugas dalam menyelesaikan skripsinya, namun sebagian yang lainnya justru sebaliknya. STUCK.

Bahkan saat stuck, tak jarang mahasiswa-mahasiswa tersebut malah dengan sengaja menunda skripsinya dengan berbagai alasan yang mereka buat. Nah, buat kamu mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam kondisi krisis, dan memang sengaja menunda skripsi kamu dengan alasan yang (mungkin) tidak bisa diperjuangkan, coba deh renungkan 5 hal di bawah ini. Semoga hal-hal ini bisa kembali mengobarkan semangat kamu menyelesaikan skripsi. Ciayoooo bro!

1. Ingat Orang Tua yang Membiayai Kuliahmu

Biaya kuliah gak murah, bro! Seriously. Bayangkan betapa kerasnya orang tua kita bekerja mencari nafkah, mengumpulkan pundi keuangan untuk membayar uang SPP, uang gedung, uang kos dan biaya hidup jika kamu mahasiswa perantauan, dan biaya-biaya mendadak lainnya. Coba ambil secarik kertas dan buat hitungan kasar mengenai pengeluaran-pengeluaran tersebut. Saya yakin kamu akan mendapatkan nominal yang tidak sedikit jumlahnya. 

Semakin kita menunda skripsi, semakin lama kita akan menyelesaikan kuliah. Semakin lama kita menyelesaikan proses kuliah, akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan oleh orang tua kita. Make sense? So, kurangi beban finansial orang tuamu dengan segera selesaikan skripsi dan lulus secepat dan sebaik mungkin.

2. Tunjukkan Bahwa Kamu Pribadi Bertanggung Jawab

Skripsi adalah satu bagian penting dari keseluruhan proses kuliah yang harus dituntaskan. Dengan menyegerakan skripsi kamu selesai, maka kamu akan membutikan bahwa kamu merupakan seorang pribadi yang bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu mulai. Tak hanya itu, menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu bisa menjadi simbol bahwa kamu adalah seorang mahasiswa yang memiliki disiplin, kerja keras, dan jiwa pantang menyerah karena dalam proses pengerjaannya kamu akan menemukan beberapa rintangan yang  harus kamu taklukkan dengan gagah berani.

3. Sadarilah: Waktu Terus Berjalan 

Nah, ini juga salah satu hal penting yang wajib kamu pertimbangkan dengan matang jika kamu memutuskan untuk menunda skripsi: Waktu Terus Berjalan. Secara hitungan normal, 4 hingga 5 tahun adalah sebuah jangka waktu normal bagi seorang mahasiswa untuk menyelesaikan proses kuliahnya. Menurut pengamatan saya pribadi, jika seorang mahasiswa telah melalui batas waktu tersebut, ia akan memiliki penurunan motivasi karena mostly ia merasa jenuh, apalagi ditambah dengan adanya kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sangat terbuka. Maka dari itu, cobalah selesaikan skripsi sesegera mungkin agar waktu kita tidak terbuang banyak. 

4. Siapkan Diri Lebih Awal untuk Petualangan Karir

Gerbang selanjutnya ketika perkuliahan berakhir adalah gerbang karir. Karir yang saya maksud disini bisa karir dalam hal pekerjaan professional ataupun karir dalam entrepreneurship. Semakin cepat kamu menyelesaikan skripsi dan pastinya menyelesaikan keseluruhan proses perkuliahan, maka kamu akan memiliki kesempatan untuk meniti karir lebih awal. Dunia karir akan meyajikan tantangan yang berbeda dari dunia perkuliahan. Dibutuhkan adaptasi yang baik untuk benar-benar optimal dalam menjalani karir. Nah, saat kamu mampu masuk ke dunia professional lebih awal, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih awal dari lebih banyak orang dan pastinya mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang lebih awal pula. Menyenangkan sekali, kan?

5. Segera Bahagiakan Orang-Orang yang Mendukungmu

Saya percaya bahwa ada banyak orang yang mendukungmu dalam menyelesaikan proses akademis di kampus, betul? Baik itu orang tua, saudara, sahabat, pacar, dosen, atau orang-orang lainnya di sekitarmu. Saat kamu menyelesaikan proses perkuliahan, mereka semua pasti akan larut dalam kebahagiaan yang sama denganmu. Mereka akan menepuk pundakmu, memberi jabat tangan hangat, mengucap selamat hingga memelukmu dengan erat memberi selamat atas pencapaian yang baru saja kamu raih. Dengan segera mengerjakan dan menyelesaikan skripsimu, kamu akan menyegerakan kebahagianmu dan juga mereka. Mengapa harus menunda jika kamu bisa menyegerakannya? ^.^

Itulah 5 hal yang saya harap bisa memberikan motivasi dan inspirasi tambahan untuk kamu para mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang dengan SKRIPSI. Bagikan informasi ini kepada teman-teman satu perjuangan kamu agar kamu dan teman-temanmu tersebut bisa saling bahu membahu memberi semangat menyelesaikan skripsimu segera. Selesaikan apa yang sudah kamu mulai, sobat! Tetap semangat and best of luck! 




0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com