Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, October 28, 2015

Sudah Coba Cara-Cara Ini Untuk Kembangkan Kemampuan Speaking? (Part 2 - Finished)


Jadi, apa kamu sudah mencoba cara-cara yang saya tulis di bagian pertama artikel berseri ini tentang cara-cara untuk kembangkan kemampuan speaking? Kalau kamu belum sempat membacanya, langsung saja baca DISINI, praktikan cara-cara tersebut, dan bagikan pengalaman kamu pada saya dengan memberi komentar pada artikel ini yaa. Saya tunggu! ^.^

Anyway, dalam artikel ini saya akan membagikan lima cara lainnya sebagai tambahan dari lima cara sebelumnya yang saya harap akan memperkaya pengetahuan sekaligus mempercepat pembelajaran kamu semua. Are you readyyyyy? Here we go!

6. Perkuat Input Listening

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan speaking adalah semakin banyak melihat dan mendengarkan orang lain berbicara bahasa Inggris. Bagaimana bisa kita berbicara jika kita melihat contoh (modelling)? Coba perhatikan frasa kalimat apa yang biasa orang lain gunakan, bagaimana gesture yang ia gunakan, bagaimana satu sama lain saling merespon dengan intonasi yang baik, dan lain sebagainya. Semakin kuat input yang kamu miliki, kamu akan semakin percaya diri untuk berbicara aktif. 

7. Rekam Apa yang Kamu Bicarakan

Ini yang saya biasa lakukan ketika belajar speaking. Coba lakukan monolog dan rekam suara kamu dengan menggunakan alat perekam atau handphone yang kamu punya. Setelah itu, dengarkan suara kamu. Saran saya, jangan sibuk mencari kekurangan yang kamu miliki. Tak usah khawatir jika memang kamu tidak terdengar layaknya seorang native speaker. Point utama yang harus kamu perhatikan adalah apakah kalimat, frasa, atau kalimat yang kamu ucapkan JELAS.  

8. Jangan Bicara Terlalu Cepat

Kamu akan cenderung berbicara dengan lebih cepat ketika kamu merasa gugup atau malu, seolah segera ingin mengakhiri apa yang sedang kamu bicarakan. Wajar saja jika kamu merasa khawatir, tidak nyaman, atau malu, terutama saat berbicara di lingkungan baru dengan orang yang baru pula. Namun cobalah untuk bicara dengan volume dan speed yang normal sehingga lawan bicara kamu akan mengerti dengan jelas apa yang kamu bicarakan.

9. Minta Feedback Orang Lain

Kalau kamu ingin mengetahui perkembangan skill kamu dalam berbicara bahasa Inggris, jangan pernah malu untuk meminta feedback dari mereka yang memang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan speaking yang berada di atas kita. Jika perlu, kamu juga bisa meminta feedback langsung dari native speakers of English, namun mereka akan sangat jarang memberi komentar mengenai grammar yang kamu buat. Mereka biasanya fokus pada vocab yang kamu gunakan serta pronunciation.

10. "Fiiiiiight, bro!"

Cara terakhir untuk kembangkan kemampuan speaking kamu adalah dengan cara: FIIIIIIGHT! Hehehe.. Bukan lebay, tapi inilah kunci dasarnya. Tanamkan jiwa pembelajar dan pantang menyerah saat belajar. Kamu bakal nemu orang-orang yang berusaha menjatuhkan mental kamu dengan mungkin menyoroti kesalahan yang kamu buat. Namun yakinlah bahwa semakin sering kamu salah, kamu akan semakin sering mendapat bahan perbaikan. Semakin kamu memperbaiki diri, akan semakin berkembang juga kemampuan speaking kamu ^.^

So, itulah 10 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan kemampuan speaking kamu. Jika kamu ketinggalan seri pertama dari artikel ini, langsung saja klik DISINI untuk membacanya dengan semangat. Silahkan coba dan benar-benar praktikkan ke-10 cara ini dan bagikan pada saya perkembangan yang sudah kamu buat dengan berkomentar dalam artikel ini! Akan sangat bahagia jika dengan cara-cara ini kamu merasa sangat terbantu.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com