Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, October 27, 2015

Sudah Coba Cara-Cara Ini Untuk Kembangkan Kemampuan Speaking? (Part 1)

Sederhananya, ada banyak cara yang bisa lakukan untuk kembangkan kemampuan speaking bahasa Inggris. Kamu hanya tinggal pilih cara mana yang memang sesuai dengan gaya belajar dan kemampuan dasar kamu. 

Banyak yang mengatakan bahwa belajar speaking itu stressful abis, bikin takut, frustasi, dan lain sebagainya. Padahal mungkin sebenarnya mereka hanya tidak tahu bagaimana cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan speaking mereka.

Nah, berikut saya tuliskan 10 cara yang bisa kamu coba untuk mengembangkan kemampuan speaking yang kamu punya:

1. Belajar Secara Bertahap

Pelajari frasa kalimat sederhana dan pelajari bagaimana mengucapkannya dengan benar. Mulailah dengan frasa keseharian yang sederhana seperti misalnya, "Hi. How are you?", "Excuse me, can I use this chair?", "I'd like to have a cup of coffee, please." Kalau kamu sudah mulai percaya diri dengan frasa kalimat sederhana tersebut, tingkatkan latihan ke frasa kalimat yang lebih menantang.

2. Jangan Bicara Terlalu Banyak

Dalam beberapa situasi tertentu seperti misalnya berbelanja, bepergian, atau percakapan telepon, kadang kita tidak perlu membicarakan terlalu banyak hal. Tahan dirimu untuk tidak berbicara banyak dalam situasi-situasi yang tidak menuntut kamu untuk bicara banyak. Hal ini akan melatih kamu untuk mengutamakan point-point penting dalam menyampaikan sebuah pesan dalam percakapan.   

3. Ingat: "Practice Makes Perfect"

Bisa jadi ini adalah cara terpenting: Teruslah berlatih! Saya pribadi percaya bahwa ungkapan "Practice makes perfect" bukan hanya sekedar ungkapan kosong tanpa artian apapun. Kenyataannya, ketika sering berlatih, bahasa Inggris aktif (speaking) kamu akan terdengar natural. 

4. Biarkanlah Sederhana

Kamu tidak membutuhkan struktur kalimat rumit dan grammar yang 100% sempurna untuk mulai berbicara bahasa Inggris, kok. Jika kalimat yang kamu gunakan sederhana dan efektif, kamu akan membuat lebih sedikit kesalahan dan juga sekaligus membuat lawan bicara kamu mudah mengerti apa yang kamu bicarakan.  

5. Gunakan Semua Cara 

Ketika kamu ingin mengkomunikasikan pesan dalam berbicara, gunakan segala cara yang kamu bisa untuk mendukung dan memperkuat penyampaian pesanmu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan gesture. Misal, di dalam kereta kamu bisa menggunakan kalimat "It feels hot here, can I open the ..." sembari menunjuk ke arah jendela sebagai alternatif dalam mengingat kata "window".

Sederhananya, itulah ke lima cara awal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan speaking yang kamu miliki. Saya akan memposting ke lima cara lain yang sudah saya janjikan pada kamu semua dalam artikel berikutnya. Stay tuned, guys! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com