Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, October 19, 2015

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Untuk Hentikan Over-Thinking


Ternyata hanya dengan lakukan 7 hal sederhana ini kita bisa hentikan over-thinking! ^.^

Dilihat dari kenyataan atau realita yang ada, ada sebagian orang yang malas berpikir sedangkan yang lainnya malah cenderung suka berpikir dengan keras dan malah berlebihan, alias over-thinking. Menurut pembagian tersebut, termasuk golongan manakah kamu? Yang malas berpikir, atau yang suka over-thinking? Hehehe.. 

Tentu saya tidak akan bicara mengenai perbandingan keduanya karena masing-masing golongan tersebut memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. 

Namun, dalam artikel ini, saya ingin berbagi, membantu diri saya dan juga mungkin kamu yang suka over-thinking (Baca: orang-orang yang suka cemas dengan hal-hal yang ia pikirkan, khawatir dengan ketakutan-ketakutan semu yang mereka buat sendiri, dan maybe mereka yang biasanya terlalu mencari dan memikirkan kekurangan yang mereka sudah lakukan) untuk keluar dari permasalahan over-thinking yang kerap membebani hidupmu.

So, jika kamu cenderung bersikap over-thinking, coba lakukan 7 hal sederhana ini untuk hentikan over-thinking

1. Jangan Tunggu Kesempurnaan

Perfection alias kesempurnaan adalah salah satu hal yang sangat lekat dengan seorang over-thinker. Udah ah, yuk jangan cari kesempurnaan pada apa yang kita kerjakan. Jika kita menunggu semua hal untuk sempurna terlebih dahulu, ujung-ujung nya malah kita tidak akan melakukan apapun. Membuat kemajuan atau progress jauh lebih baik kok daripada mencari kesempurnaan. 

2. Gak Usah Kebanyakan Teori

Saya yakin kamu pasti pernah sesekali mendengar slogan dari salah satu brand olehraga ternama yang satu ini: JUST DO IT! Ya, lakukanlah saja! Yang terkadang membuat seorang over-thinker begitu mudah stress adlah karena ia cemas dan khawatir apa yang ingin ia lakukan tak seuai dengan teori yang pernah ia ketahui sebelumnya. Just do it! Eits, tapi bukan berarti teori tuh ga penting loh ya. ^.^  

3. Miliki Seorang Mentor

Milikilah seorang mentor, guru, atau sahabat karib yang supportive. Kebanyakan over-thinker gemar memikirkan permasalahannya sendiri mencoba mencari jalan keluar yang bahkan tidak ia ketahui secerca titik harap atau jalan keluar dari permsalahan tersebut. Berbagilah dengan seorang mentor yang memang kamu percaya dan minta pendapat darinya tentang apa yang sedang kamu rasakan. Bahkan hanya dengan membagikan apa yang kamu rasakan, kamu akan merasa sedikit terbantu, loh.

4. Jaga Motivasimu

Penuhi pikiranmu dengan hal-hal yang bersifat positif. Hindari atau paling tidak kurangi porsi menyimak atau mengumpulkan dan membicarakan hal-hal negatif seperti misalnya gosip, kebencian, dan lain sebagainya. Dengan mensuplai otak kita dengan hal-hal positif, kita terus bisa menjaga motivasi yang kita miliki, which is obviously good. 

5. Tenangkan Dirimu

Tarik napas dalam, hembuskan. Tarik napas dalam-dalam, hembuskan. Lakukan sekali lagi, tarik napas dalam-dalam, hembuskan. Bahkan dengan melakukan hal sesederhana itu, kamu secara tidak sadar telah membuat tubuh dan pikiranmu sedikit rileks, betul? Luangkanlah waktu dalam satu hari untuk benar-benar menenangkan diri, dengan mendengarkan musik, bermeditasi, atau apapun yang bisa membuat tubuh dan pikiranmu tenang.

6. Serahkan Pada Tuhan

Mungkin akan terdengar begitu religius, namun percayalah bahwa menyerahkan semuanya pada Tuhan (setelah kita melakukan yang terbaik, benar-benar terbaik) sangat membantu kita untuk menghentikan over-thinking. Percaya bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur adalah salah satu cara termudah untuk menyerahkan pada Tuhan. Berserah bukan berarti pasrah yaa. Do the best and let God do the rest.

7. Maafkan Dirimu Sendiri

Jika apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, keep smiling and just forgive yourself. Memaafkan diri sendiri adalah cara terbaik untuk berdamai dengan jiwa yang kamu miliki. Sebaliknya, kalau kamu terus mengutuk, menyalahkan, dan menyudutkan dirimu atas hasil yang kamu capai, kamu akan terus dihantui perasaan cemas. Kembali ingat point pertama, "Progress is way momre important than perfection."


Itulah dia 7 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk hentikan over-thinking. Jika artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk SHARE ke keluarga, rekan kerja, atau sahabat kamu yaa. So, bagaimana? Berani coba hentikan over-thinking? ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com