Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, October 3, 2015

Inilah Alasan Mengapa Kamu Takut Public Speaking


Banyak orang yang merasa bahwa berbicara di depan umum atau melakukan kegitan public speaking adalah sebuah kegiatan yang menakutkan. “Ah, jangan gue ah bro yang ngomong. Lu aja.” Tapi saya percaya sebagian orang yang lainnya justru malah menunggu-nunggu kesempatan tampil di depan public. Nah, kamu termasuk ke dalam orang yang takut atau malah antusias dengan public speaking?

Kalau kamy coba mencari di Google dengan kata kunci “Takut Public Speaking”, maka akan muncul begitu banyak referensi artikel yang membahas tentang tips ampuh atau cara cepat hilangkan ketakutan public speaking, dan lain sebagainya. Kamu bisa coba sekarang jika kamu tidak percaya dengan apa yang saya katakan. Hehehe..

Nah, keadaan seperti ini membuat saya sedikit resah. Mengapa demikian? Yap. Karena menurut saya pribadi tips hindari ketakutan public speaking adalah OBAT eksternal atas ketakutan public speaking yang kamu miliki. Sedangkan yang harusnya orang ketahui terlebih dahulu adalah PENYEBAB ketakutan itu sendiri. Jika sejak awal kita sudah tau alasan atau penyebab ketakutan tersebut, tentu kita bisa memberantas ketakutan public speaking itu dari akar-akarnya sehingga tidak akan muncul ketakutan-ketakutan berikutnya. Make sense? ^.^

Berdasarkan pengalaman saya mempelajari dan juga melakukan aktifitas public speaking, pada dasarnya ada tiga alasan mengapa seseorang takut public speaking. Ketiga hal tersebut adalah: 1) tidak paham akan apa yang disampaikan, 2) tidak terbiasa di bicara di depan banyak orang, dan juga 3) pikiran negatif yang dimiliki seseorang yang secara tidak langsung menjatuhkan mentalnya sendiri. Berikut sedikit detil pembahasannya:

*) Jika seseorang tidak paham dengan apa yang ia sampaikan, secara otomatis ia akan merasa bingung tentang apa yang harus ia katakan. Kebingungan tersebut bukannya tidak mungkin juga akan berakhir pada perasaan malu karena tidak mampu tampil dengan baik. Dengan demikian, maka kemungkinan timbulnya rasa malu untuk tampil di depan umum lah yang menjadi akar dari rasa takut public speaking yang muncul.

*) Tidak terbiasa berbicara di depan orang. Tentu kamu sedikit banyak paham dengan konsep ekstrovert dan introvert. Klik DISINI jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai konsep ekstrovert dan introvert. Well, banyak orang yang beranggapan bahwa orang-orang bertipe ekstrovert lebih mudah “tampil” dibandingkan dengan introvert yang kerap menjadi orang “di balik layar”. Sangat masuk akal jika dikatakan bahwa ketidakbiasaan seseorang untuk berbicara di depan public membuatnya semakin takut akan public speaking. Takut salah, takut tidak didengar, takut malu, dan perasaan-perasaan tidak nyaman yang membuat takut lainnya.


*) “Aduh, nanti kalau gue maju, terus ngomong di depan pasti bakal belibet deh ini lidah. Pasti nanti penonton bakal menatap dengan tajam dan mempertanyakan apa yang gue omongin di depan. Bla bla bla ...” Pikiran-pikiran negatif ini lah yang jika tidak ditangani dengan bijak, akan menimbulkan rasa takut yang besar untuk tampil dan berbicara di depan public. Padahal sama-sama kita tahu bahwa pikiran-pikiran tersebut hanyalah sebuah imajinasi negatif yang bahkan belum terjadi. Terkadang kita sendiri lah yang membuat sendiri imajinasi tersebut, betul?   

Nah, itulah beberapa alasan mendasar yang kerap membuat orang takut untuk tampil di depan public. Dengan membaca artikel yang singkat ini, besar harapan saya bahwa kamu juga mampu menemukan sumber ketakutanmu terhadap public speaking untuk kemudian mencari solusi atas ketakutan tersebut. Kamu juga bisa mengunjungi website www.TeknikPublicSpeaking.com untuk belajar public speaking dengan lebih lanjut.

So, apa saja alasan yang menjadi sumber ketakutan public speakingmu? ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com