Adi Triasmara

Adi Triasmara

Thursday, October 1, 2015

Yang Mana Gaya Belajar Bahasa Inggris Kamu?


Ada setidaknya tiga gaya belajar bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. Yang menjadi pertanyaan, manakah yang paling membuat kamu nyaman dalam meningkatkan pengetahuan serta kemampuan bahasa Inggrismu?

Pada dasarnya mungkin kamu akan setuju dengan saya jika seseorang yang telah berhasil menemukan gaya belajar yang asyik, menyenangkan, dan juga efektif, akan mampu memaksimalkan segala potensi dan sumber daya belajar yang ia miliki sehingga ia bisa mempercepat proses penguasaan pengetahuan tertentu, termasuk bahasa Inggris. Banyak pakar yang mengatakan bahwa setidaknya ada tiga gaya belajar yang mungkin dimiliki oleh seseorang: Visual, Auditori, dan Kinestetik.

Sederhananya, orang-orang visual belajar melalui apa yang ia lihat, auditori berdasarkan pada apa yang ia dengar, sedangkan kinestetik belajar melalui apa yang mereka sentuh atau kerjakan. Berikut saya sedikit jelaskan ketiga point tersebut:

1. Visual Learners

Pembelajar visual butuh melihat sesuatu sebagai bukti pembelajaran. Karakteristik yang dimilikinya yaitu peka terhadap warna dan juga gambar menjadi salah satu kekuatannya. Contoh kasusnya sederhana: terkadang, tipe pembelajar visual akan merasa cepat bosan jika membaca buku yang mengandung banyak teks. Ia akan lebih nyaman dan tertarik dengan buku yang penuh dengan gambar ilustrasi disertai penjelasan singkat mengenai gambar tersebut. Jika kamu adalah pembelajar visual, kamu bisa menggunakan media buku bergambar atau menonton video pembelajaran, bahkan kamu juga bisa memaksimalkan Instagram untuk belajar bahasa Inggris. 

2. Auditory Learners

Berbeda dengan pembelajar visual, auditory learners mengandalkan indera pendengarannya untuk menyerap informasi yang ada di sekitarnya. Meski terkadang visual learners mengalami kesulitan dalam mengingat suatu bahan bacaan atau artikel tanpa membacanya dengan mmenggunakan suara, namun biasanya pembelajar auditory cenderung memiliki tata bahasa yang baik memiliki pola irama bicara yang tak kalah baiknya pula. Kalau kamu pembelajar auditori, kamu bisa memanfaatkan English radio, English podcast, hingga lagu untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih maksimal. 

3. Kinestetic Learners  

Kalau kamu mudah merasa bosan dan gelisah ketika harus belajar dengan posisi duduk diam dalam waktu yang lama, mungkin kamu adalah salah satu pembelajar kinestetik. Tipe pembelajar yang satu ini membutuhkan gerak, biasanya tangan, untuk belajar sesuatu. Kerjasama mata dan tangan yang bagus membuat pembelajar kinestetic suka dengan pembelajaran yang dilakukan secara praktik. Kaitannya dengan bahasa Inggris, kamu bisa berlatih mengembangkan skill bahasa Inggrismu dengan sesuatu yang berhubungan dengan gerak seperti misalnya bermain scrabble, atau bermain peran alias role-play untuk menyerap informasi dengan lebih efektif.

Nah, meskipun ada tiga jenis gaya belajar yang pada dasarnya memiliki ciri khas nya masing-masing, setiap orang baik disadari atau tidak memiliki kombinasi ketiga gaya belajar tersebut dalam dirinya. Meski demikian, ada satu gaya belajar yang biasanya lebih dominan dari dua gaya belajar yang lainnya. Saran saya pribadi, coba sesegera mungkin temukan gaya belajar yang memang GUE BANGET alias membuat kita nyaman dan juga mampu menyerap informasi dengan lebih baik pada waktu yang bersamaan. 

Yuk invite kakak, adik, saudara, atau teman-temanmu untuk terus menyimak web ini sehingga akan lebih banyak lagi orang yang mampu meningkatkan pengetahuan dan juga kemampuan bahasa Inggris nya. Sebarkan info ini jika memang bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, sobat! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com