Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, September 14, 2015

Teknik Presentasi Bahasa Inggris Yang Efektif


“Mas, saya besok ada presentasi bahasa Inggris di sekolah nih. Ada masukan gak yah biar presentasinya lancar? Bagi dong teknik presentasi bahasa Inggris nya, soalnya bahasa Inggris saya pas-pas an banget. Mohon bantuannya, Mas. Makasih..”

Itulah sebuah pesan singkat yang saya terima beberapa waktu yang lalu via inbox Facebook dari salah satu rekan saya, alumni pelatihan www.YoungTrainerAcademy.com. Sebagai guru bahasa Inggris, saya sebenarnya malah cukup bingung menjawab pertanyaan ini karena keseharian saya juga bisa dikatakan selalu melakukan ‘presentasi’ bahasa Inggris di depan murid-murid saya. Saya tidak tahu bagaimana tekniknya. I just do it. Hehehe..

Namun setelah saya coba telaah kembali, ternyata saya menemukan cara yang cenderung mudah dan juga efektif dalam mempersiapkan dan juga melaksanakan presentasi bahasa Inggris. Saya mohon ijin untuk sedikit berbagi yaa ^.^


Pertama, PAHAMI MATERI yang akan kamu bawakan dengan baik. Semakin kamu paham dengan apa yang kamu bicarakan, semakin mudah kamu berbicara di depan public, dan juga semakin mudah bagi audiens untuk menangkap pesan yang coba kamu sampaikan. “Paham sih, mas. Tapi bahasa Inggris saya masih berantakan nih. Gimana ya?” Okesip, langsung masuk ke teknik kedua: BIKIN TEKS.

Ya, membuat teks utuh akan apa yang ingin dibicarakan di atas panggung terbukti sangat efektif dalam membantu setiap presenter dalam membawakan materi presentasinya. Tuliskan kata demi kata seolah kamu sedang berbicara langsung dengan audiens, mulai dari pembukaan, materi inti, hingga kesimpulan dan penutup. Lalu apa selanjutnya? Hapalkan teks tersebut demi kelancaran presentasimu. 

Ketiga, gunakan KATA-KATA FAMILIAR. Dalam membuat teks, saya sarankan kamu menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang memang sudah familiar (Standard English, bukan Slang atau Idiom). Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak kesulitan dalam menghapal dan audiens juga akan terbantu dengan kata-kata yang mudah dipahami, daripada ketika kita menggunakan kata-kata yang masih asing di telinga.

Terakhir, buat CUE CARD. “Mas, saya kan udah bikin teks tuh. Boleh ga dibawa aja waktu presentasi dan dibaca semuanya pada saat itu?” Saran saya: JANGAN. Mengapa demikian? Jika Anda membawa teks yang kamu buat, ada kecenderungan bahwa kamu akan terfokus pada teks, bukan pada yang seharusnya, yaitu pada audiens. Sebagai gantinya, buatlah CUE CARD. Tuliskan point-point penting dalam setiap bagian yang ingin kamu sampaikan dan tekankan dalam presentasi. Meski terdengar sepele, cue card bisa menjadi “penyelamat” kamu saat tiba-tiba kehilangan fokus dan tidak tahu apa yang harus dikatakan lagi dalam presentasi, alias nge-blank. ^.^


Sederhananya, itulah beberapa teknik presentasi bahasa Inggris. Coba terapkan beberapa teknik tersebut dan rasakan perubahan yang terjadi dalam presentasi bahasa Inggrismu. Saya akan sangat senang jika presentasi kamu lancar dan bermakna bagi audiens.

Sekian dulu yaa. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com