Adi Triasmara

Adi Triasmara

Monday, September 28, 2015

Memulai Karir Setelah Kuliah (Part 1)


Moment-moment wisuda pertanda kelulusan sarjana agaknya menjadi salah satu moment yang pada umumnya sangat dinantikan oleh para pemuda di Indonesia, bahkan mungkin di seluruh dunia. Kamu setuju?

Menarik bahwa pelaksanaan wisuda juga menjadi sebuah simbol transisi kehidupan seseorang, dari seseorang yang biasanya mendapatkan full support dari orang tua - dalam masalah dana biasanya, menjadi seseorang yang nantinya akan dituntut untuk benar-benar mandiri. Beruntung bagi mereka yang sejak masa kuliah, atau bahkan sekolah, telah berusaha untuk menjadi mandiri dalam berbagai hal termasuk mulai dari mengambil keputusan besar dalam hidupnya, hingga dalam hal finansial.

Tak jarang memang setelah lulus kuliah, seseorang langsung mendapatkan pekerjaan idaman nya atau memulai bisnis yang benar-benar ingin ia geluti. Namun disisi lain, tidak sedikit juga pemuda yang bahkan berpikir mau jadi apa, mau kerja apa, atau mau usaha apa saja masih susah. Kelompok pemuda ini, termasuk saya dulu, memasuki fase kebimbangan yang menurut saya pribadi wajar. Mengapa demikian? Ya. Karena sebagian, entah besar atau kecil, mahasiswa memilih jurusan kuliah yang seadanya, yang tidak sesuai dengan panggilan jiwa nya. “Yang penting kuliah, dapet ijazah S1 bos. Habis itu tinggal ijab sah.” Hehehe..  

Nah buat kamu yang masih berada dalam masa kebimbangan tersebut, ijinkan saya berbagi bagaimana menyikapinya melalui artikel ini. Saya tentu bukan yang paling ahli, namun saya memperhatikan sebuah pola yang ada dan telah menerapkannya pada diri saya sendiri. Kalau kamu masih bingung mau melangkah kemana, cobalah mulai dengan 3 hal ini ...

1. Mulai dengan yang Kita Suka

Yes, ini sepertinya asyik banget ya. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fenomena saat ini dimana hobi, sesuatu yang kita sukai, bisa menjadi jalan hidup kita. Kenny Santana menjadi salah satu contoh yang real dimana sesuatu yang kita sukai bisa memberikan kehidupan yang baik. Hobinya adalah jalan-jalan alias travelling. Setiap kali ia pergi jalan-jalan, ia selalu mengabadikan gambar objek-objek wisata serta pemandangan yang indah, membagikannya via social media dan menambahkan beberapa caption atau deskripsi yang menarik. Siapa sangka dari hobinya jalan-jalan dan menulis serta berbagi itu, ia kini menjadi salah satu travel blogger ternama di Indonesia dengan akun sosmed bernama @kartupos yang banyak mendapt tawaran untuk membuat review tempat-tempat wisata dan juga biro perjalanan dunia. Asyik, ‘kan? Memulai dengan yang kita suka tentu memberikan sebuah kepuasan tersendiri jika hal itu bisa menghasilkan. Sekarang, coba tanyakan pada diri kamu sendiri, “Hal apa yang saya sukai? Bagaimana saya bisa mengoptimalkan perasaan suka saya tersebut sehingga menjadi hal yang bermanfaat bagi orang lain?”

Itulah bagaimana kita bisa memulai karir dengan hobi, passion, atau hal-hal yang memang kita gemari. Masih ada lagi 2 alternatif yang ingin saya bagikan pada kamu dalam artikel seri berikutnya. Jangan sampai ketinggalan lanjutan artikel ini yaa. So? Bagaimana? Kamu berani mencoba dengan apa yang kamu SUKA? ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com