Adi Triasmara

Adi Triasmara

Saturday, September 5, 2015

Mana yang Kamu Pilih, American atau British English?


Jujur saja dulu saya kerap kebingungan dalam menggunakan kosakata bahasa Inggris yang pada dasarnya memiliki makna yang sama. Contoh sederhananya, kadang saya bingung apa saya harus menggunakan kata “Cookies” atau “Biscuits” untuk merujuk pada kata “Biskuit” di bahasa Indonesia. Contoh lain, apa saya harus “Candy” atau “Sweet” untuk mengatakan “Permen” dalam bahasa Inggris  >,<

Lebih bingungnya lagi, kadang saya juga dihadapkan dengan dua kata yang maksud dan artinya sama, namun penulisannya berbeda. Misal, haruskah saya menggunakan kata “Colour” atau “Color” (tanpa U) untuk merujuk pada kata “Warna”.

Ya, inilah sekilas perbedaan yang mungkin akan ditemui oleh setiap pembelajar bahasa Inggris, termasuk kamu, betul?

Well, pada dasarnya, bahasa Inggris telah digunakan secara luas di dunia internasional. Alhasil, banyak muncul berbagai “aliran” bahasa Inggris dengan ciri khasnya masing-masing seperti Singlish (Singaporean English) misalnya, bahkan “Indoglish” (Indonesian English). 

Namun ketika kita merujuk pada sejarah perkembangannya, bahasa Inggris memiliki dua versi umum, yaitu: American English (AmE) dan British English (BrE). Nah, apa yang membedakan keduanya? Berikut sedikit penjelasannya. Siaappp? ^.^


Alright. Unsur pembeda pertama adalah SPELLING (Pengejaan). Ya, American English dan British English memiliki perbedaan spelling yang cukup jelas, baik pengejaan yang berasal dari bahasa Latin seperti Color (AmE) vs Colour (BrE), Behavior (AmE) vs Behaviour (BrE); maupun yang berasal dari bahasa Yunani. Contohnya: Organize (AmE) vs Organise (BrE), Dialogue (AmE) vs Dialog (BrE).

Kedua adalah VOCABULARY (Kosa kata). Seperti yang sudah saya contohkan di awal artikel ini bahwa ada perbedaan kata dalam bahasa Inggris yang sebenarnya merujuk pada benda yang sama. Contoh: Soccer (AmE) vs Football (BrE), Highway (AmE) vs Carriageway (BrE), dan lain-lain. 



Ketiga adalah PRONUNCIATION (Pengucapan). Kamu penggemar film barat? Jika iya, coba bandingkan pengucapan actor dalam film yang berlatar di Inggris dan film yang berlatar di Amerika. Orang British cenderung memiliki aksen, logat, gaya bicara, dan pengucapan kata yang sangat kental jika dibandingkan dengan America yang cenderung lebih mudah dimengerti oleh sebagian besar orang Indonesia (menurut survey internal yang saya lakukan).

Setidaknya, itu dia beberapa hal yang melandasi perbedaan American English (AmE) dan British English (BrE). “Mas Dim, terus saya pake yang mana dong?” Jawaban saya, terserah. Kamu bisa memilih apa akan menggunakan AmE atau BrE. Saran saja, coba dulu pelajari keduanya. Kemudian bandingkan dan sesuaikan dengan kemampuan dan juga ketertarikanmu. Jika kamu lebih nyaman menggunakan American English, mengapa harus memaksakan diri untuk British English? ^.^


So, 
Mana yang Kamu Pilih, American atau British English?

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com