Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, September 23, 2015

Kata Bahasa Inggris yang Membingungkan (Part 1)


Sobat, pernahkah Anda menemukan beberapa kata bahasa Inggris yang membingungkan seperti misalnya Accept vs Except, atau Affect vs Effect? ^.^

Ya, pada dasarnya memang ada beberapa kata dalam bahasa Inggris  yang membingungkan, baik karena cara pengucapan atau penulisannya yang serupa. Bahkan lebih parahnya lagi, ada beberapa kata yang penulisan DAN pengucapannya sangat mirip. Wah, repot juga ya. Hehehe..

Dalam artikel kali ini, ijinkan saya berbagi penjelasan pada Anda tentang beberapa pasang kata dalam bahasa Inggris yang membingungkan. Tujuannya tentu agar Anda mampu membedakannya dan menggunakannya dengan efektif setiap kali Anda menulis atau berbicara. Sudah siap? 

1. Accept vs Except 
“I ACCEPTED all my birthday gifts with gratitude.” Kalimat ini berarti “Saya MENERIMA semua hadiah ulang tahun dengan rasa terima kasih.” Maka dari itu, kata “Accept” berarti “Menerima”. Di sisi lain, kata “Except” memiliki arti “Kecuali”. Contoh: “When Susan travels, she packs everything EXCEPT her doll.” (“Saat Susan bepergian, ia mengepak segalanya KECUALI bonekanya.”)

2. Affect vs Effect
Kata “Affect” berarti “Mempengaruhi”. Misalnya: “The cat’s death AFFECTED his owner’s emotion.” (“Kematian kucingnya MEMPENGARUHI perasaan pemiliknya.”). Sedangkan kata “Effect” memiliki arti “Efek” atau “Pengaruh”. Contoh penggunaanya bisa Anda lihat dalam kalimat “The new class rule gives positive EFFECTS on the students.” (“Peraturan kelas yang baru memberikan PENGARUH positif pada siswa.”)

3. Borrow vs Lend
“Pinjam” dan “Meminjamkan”.  Menurut Anda, mana yang berarti “Pinjam”? Jika Anda memilih kata “BORROW”, maka Anda benar. Misalnya, “Can I BORROW your pen, please?” (“Bisakah saya PINJAM pena Anda?”). Sebaliknya, kata “Lend” memiliki arti “Meminjamkan”. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan: “Would you LEND me that novel after you finish reading?” (“Maukah kamu MEMINJAMKAN novel itu setelah kamu selesai membacanya?”) 

4. Breath vs Breathe
Nah, bagaimana dengan yang satu ini? Sederhananya, kata “Breath” berfungsi sebagai kata benda yang berarti “nafas” sedangkan kata “Breathe” memiliki arti “bernafas”. Kita bisa menggunakannya dalam satu kalimat langsung seperti berikut ini: “When you BREATHE, you inhale and exhale BREATH.” Mudah kan? ^.^

5. Complement vs Compliment
Dalam bahasa Indonesia, kata “Complement” dapat diartikan menjadi “Melengkapi” atau “Menyempurnakan”. Misal, “I need to COMPLEMENT the ingredients first.” (“Saya harus MELENGKAPI bumbu-bumu nya terlebih dahulu.”). Sedangkan “Compliment” berarti “Memuji (Memberikan Pujian)”. Sederhananya, kita bisa lihat dalam contoh: “I am happy because he COMPLIMENTED my work.”

Bagaimana? Mudah, kan? Hehehe..

Daftar diatas hanyalah beberapa bagian kecil dari daftar panjang kata-kata yang dapat menimbulkan kebingungan bagi pembelajar bahasa Inggris. Saya berharap artikel ini dan juga seri-seri berikutnya akan menambah pengetahuan Anda dan membuat Anda lebih jago dalam bahasa Inggris. Aamiin? ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com