Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, August 28, 2015

Cara Asyik Membaca Artikel Bahasa Inggris


Membaca Artikel Bahasa Inggris itu Membosankan? Kata Siapa? Gosip kali nih! :p

Ketika mendengar istilah READING atau membaca, terkadang pikiran banyak orang langsung terfokus pada beberapa hal seperti misalnya: vocabulary yang asing, grammar yang rumit dipahami, inti teks yang bertele-tele, artikel yang pauaaaaanjang bet dan lain sebagainya. Alhasil, reading menjadi hal yang membosankan.

Saya pun pernah merasakan hal yang sama. Eits, tapi... itu sih DULU ^.^

Dulu saya enggan sekali rasanya membaca, padahal pada dasarnya, READING adalah salah satu bentuk INPUT dalam bahasa Inggris yang penting. Reading (dan juga Listening) itu layaknya vitamin, protein, karbohidrat yang akan memberikan kita TENAGA untuk meningkatkan skill produktif kita dalam bahasa Inggris: WRITING dan SPEAKING. Reading (dan juga Listening) itu layaknya bahan bakar atau bensin yang membuat mesin motor atau mobil kita berjalan dengan baik.

Menyadari hal itu, saya nggak mau tinggal diam pasrah dengan keadaan. Alhasil, saya mulai mencari cara bagaimana membuat reading itu mudah dan menyenangkan. Nah, sampai sekarang, saya menikmati proses membaca itu! Dalam artikel ini, ijinkan saya sedikit sharing yaa.

1. Sesuaikan Bahan Bacaan dengan Minat

http://www.livehappy.com/sites/default/files/styles/article_featured/public/main/articles/999happy%20books-SIZED.jpg?itok=ET1lNtxI

Ya, pertama kita harus sesuaikan dulu bahan bacaan dengan hal yang kamu suka. Misalkan, hobi atau ketertarikan kamu adalah sepak bola. Ya carilah sumber bacaan yang berkaitan dengan sepak bola, terutama dengan tim yang kamu sukai. Kamu bisa cari bahan bacaan di skysports.com atau di football365.com. Dengan membaca apa yang kamu suka, otomatis kamu nggak cepat merasa bosan apalagi terbebani.

Lakukan ini secara rutin, misalnya 15 menit dalam satu hari. Selain mendapat info terbaru tentang apa yang kamu suka, kamu secara tidak langsung juga akan meningkatkan skill bahasa Inggrismu.

2. Sesuaikan dengan Gaya Membacamu

http://blog.hdwallsource.com/wp-content/uploads/2015/07/white-headphones-widescreen-wallpaper-58697-60471-hd-wallpapers.jpg

Banyak orang yang lebih suka membaca dengan iringan suara musik. Beda lagi dengan beberapa orang yang lainnya, seperti saya misalnya, yang lebih fokus membaca dalam keadaan hening. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi seperti orang lain yang butuh suasana hening untuk membaca.

Jika memang lebih mudah untuk kamu membaca dengan diiringi music, sambil mendengarkan suara TV, berada dikeramaian, just do it. Buat diri kamu senyaman mungkin dalam membaca. ^.^

3. Bekali Diri dengan Catatan Kecil

https://static.businessinsider.com/image/53d02c586bb3f77d7d423f2a/image.jpg

Apa gunanya? Jika dalam membaca kamu menemukan kata-kata yang tidak kamu pahami atau ketahui artinya, tulis di buku catatanmu. Kamu tidak perlu mencari artinya saat itu juga. Kamu bisa lanjutkan dulu bacaannya, kemudian ketika ada kata-kata asing yang kamu temui lagi, lakukan hal yang sama hingga bacaan tersebut selesai. Ketika sudah selesai, sempatkan waktu untuk mencari arti atau makna kata dari daftar vocab yang sudah kamu tuliskan tadi.

Dengan melakukan hal ini, kamu akan banyak menambah perbendaharaan kata yang kamu miliki yang tentunya akan membantu kamu dalam memperkuat skill bahasa Inggrismu.

4. Miliki "Me Time" dengan Bahan Bacaanmu

http://cdn.pcwallart.com/images/cool-alarm-clock-wallpaper-2.jpg

Luangkanlah waktu untuk benar-benar fokus dalam membaca. Saran saya, paling nggak kamu luangkan waktumu sekitar 15 menit dalam satu hari untuk benar-benar membaca. Tentukan waktu yang menurutmu paling ideal. Bisa saat pagi hari, siang, atau bahkan sebelum tidur. Siapkan jam alarm yang kamu miliki, set waktu 15 menit dan nikmatilah waktu bersama bahan bacaanmu saja.

Ya, dengan bahan bacaanmu saja. Coba singkirkan hal-hal yang bisa mengganggu fokusmu dalam membaca. Misalnya, handphone, laptop yang terkoneksi dengan Wi-fi dan membuka media sosial yang kamu miliki, dan lain sebagainya. Fokus dan coba nikmati waktumu.

5. Bagikanlah Informasi yang Kamu Dapatkan

http://i.huffpost.com/gen/1640991/images/o-CONVERSATIONS-WOMEN-SHOULD-STOP-HAVING-facebook.jpg
 
Setelah kamu membaca, tentu kamu mendapatkan sesuatu di dalam dirimu, baik itu informasi, inspirasi, pengetahuan, bahkan hiburan. Nah, milikilah habit untuk membagikan apa yang kamu peroleh dari bahan bacaanmu. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kita benar-benar memahami apa yang kita baca.

Jika kita memiliki kebiasaan untuk berbagi apapun yang kita dapatkan dari membaca, maka kita akan berusaha untuk benar-benar memahami apa yang kita baca dan merangkumnya dengan bahasa kita sendiri. Kita dapat dua kemampuan sekaligus: Kemampuan untuk memahami isi bacaan dan kemampuan untuk merangkum isi bacaan.

Nah, itulah beberapa hal yang ingin saya bagikan kepada kamu semua. Sekali lagi saya nggak bermaksud menggurui, namun ketika saya MEMPRAKTIKKAN hal ini, saya merasakan PERUBAHAN yang cukup signifikan dalam membaca.

So, tunggu apa lagi? Segera praktikkan isi dari artikel ini. Ingat, tahu saja tidak cukup. Kita juga harus seimbangkannya dengan ACTION, ACTION, dan ACTION! ^.^ 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com