Adi Triasmara

Adi Triasmara

Wednesday, August 12, 2015

5 Istilah Bahasa Inggris yang Sering Orang Indonesia Salah Pergunakan

Percaya atau tidak, ini dia nih beberapa istilah bahasa Inggris ini sering salah digunakan oleh orang Indonesia. Apa kamu salah satu diantaranya? ^.^

Setelah selesai mengajar di sekolah hari ini, saya 'iseng' berselancar di dunia maya mengunjungi salah satu website favorit saya, hipwee.com, untuk sekedar melepas penat sekaligus menambah pengetahuan. Tanpa disengaja, saya menemukan sebuah artikel yang menarik yang membahas mengenai beberapa kesalahan yang kerap kita buat saat menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah saya baca, memang benar demikian!

Saya pun sejenak tersadar dan berpikir, "Wah, iya juga yah! Dulu saya juga sering nih bikin kesalahan seperti ini!" Tidak ingin Anda mengulangi kesalahan yang saya buat, izinkan saya memberikan sedikit review mengenai 5 istilah bahasa Inggris yang sering orang Indonesia salah pergunakan. Berikut diantaranya:

1. THANKS BEFORE

Memang dalam bahasa Indonesia kita mengenal istilah "Terimakasih sebelumnya", betul? Namun dalam bahasa Inggris, kita tidak bisa serta merta mengartikannya secara literal menjadi "Thanks before." Yang benar dan lazim digunakan oleh penutur bahasa Inggris asli adalah "THANKS IN ADVANCE.

2. YOUR WELCOME

Kamu pernah mengatakan hal ini untuk mengungkapkan "Terimakasih kembali" dalam bahasa Inggris? Ups, hati-hati! Penggunaan frasa kalimat ini ternyata kurang tepat, loh! Ya, karena kata "Your" itu sebenarnya digunakan sebagai kata ganti kepemilikan. So, seharusnya, penggunaan kata yang benar adalah "YOU'RE WELCOME" atau "YOU ARE WELCOME."

3. I'M BORING!

A: "Eh bro, lu kenapa? Kok diem aja daritadi?" // B: "Iyanih, dari tadi gue lagi BORING banget!" Nah, ini juga jadi istilah yang cukup sering diucapkan oleh orang Indonesia yang pada kenyataannya salah konteks penggunaanya. Mungkin sebenarnya kita ingin mengatakan "Saya sedang bosan." Tapi, tahukah kamu bahwa BORING itu mengandung arti "Membosankan"? Kalau kita ingin mengatakan bahwa kita sedang bosan, seharusnya kita mengatakan "I AM BORED."

4. DATELINE

Siapa yang gak pusing dikejar-kejar waktu hingga biasanya menggunakan kata "DATELINE"? Sebagian dari kamu mungkin sadar bahwa yang dimaksud sebenarnya adalah DEADLINE atau batas waktu. Hmm..agaknya cukup wajar jika kadang kita salah dan menggunakan kata "dateline" karena ketika kita bicara masalah waktu, kadang pikiran kita langsung terkoneksi dengan "tanggal" yang dalam bahasa Inggris berarti "date".

5. THANKS GOD!

"Wah hari ini ujian nih? THANKS GOD tadi malem gue udah belajar!"  Tak jarang mendengar ungkapan ini ya? Beberapa orang (saya harap kamu tidak termasuk di dalamnya) sering menggunakan istilah ini dalam kehidupan sehari-harinya untuk mengekspresikan ketenangan dengan berterima kasih pada Tuhan. Tapi, penggunaan yang benar seharusnya adalah "THANK GOD" (tanpa 'S'), karena ekspresi tersebut sebenarnya singkatan dari kalimat "I thank God!"


Nah, sekarang kamu tahu jika ada setidaknya 5 istilah bahasa Inggris yang sering orang Indonesia salah pergunakan. Dengan artikel ini, saya harap kamu tidak melakukan kesalahan tersebut sehingga skill bahasa Inggris kamu akan terus meningkat! Aamiin ^.^

Buat kamu pengguna aktif Facebook, yuk dapatkan info, tips dan trick belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan. Join DISINI sekarang juga!  

2 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com